Mengulik Kandungan Gizi dan Manfaat Keju Cottage

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi keju cottage. Foto: Pixabay.com/Enotovyj

Ilustrasi keju cottage. Foto: Pixabay.com/Enotovyj

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama keju cottage atau cottage cheese mungkin terdengar agak aneh. Tapi faktanya menyimpan sederet gizi baik untuk kesehatan tubuh. Keju cottage adalah keju segar dan lembut yang terbuat dari dadih susu yang dibuat melalui fermentasi. Keju cottage dibuat dengan menambahkan asam ke dalam susu, yang memisahkan padatan susu dari whey (cairan yang tersisa setelah proses penggumpalan), menurut Jenn Baswick, ahli gizi makan intuitif dan pendiri The Intuitive Nutritionist.

"Kemudian dadih dibilas dan ditambahkan garam untuk membuat produk akhir," kata Baswick dikutip dari laman Pop Sugar, 8 Juni 2024.

Meskipun keju cottage adalah sepupu dari produk susu serupa seperti ricotta dan yogurt, pengolahannya sangat berbeda untuk masing-masing produk.

“Keju ricotta memiliki tekstur yang lebih halus dan tidak menggumpal dibandingkan keju cottage, yogurt memiliki tekstur yang benar-benar halus dan dibuat sama dengan keju lunak ini,” kata Baswick. Keju cottage mungkin memiliki kandungan protein yang sedikit lebih tinggi dibandingkan ricotta dan yogurt, tapi ini juga bergantung pada jenis produk yang Anda beli.

Untuk lebih lengkapnya, yuk kita simak sederet fakta gizi keju cottage beserta manfaatnya.

Fakta Gizi Keju Cottage

Fakta yang paling menonjol adalah setengah cangkir keju cottage (atau sekitar 100 gram) mengandung 12 hingga 15 gram protein. Keju cottage bisa menjadi cara yang baik untuk berkontribusi pada asupan protein seseorang karena protein, secara umum, bermanfaat untuk rasa kenyang, membangun dan memperbaiki jaringan dalam tubuh, serta menyeimbangkan kadar gula darah ketika dimakan dengan makanan atau camilan seimbang.

Selain itu, hanya ada empat gram karbohidrat per porsi setengah cangkir. Adapun jumlah lemaknya bisa bervariasi tergantung mereknya, tapi keju cottage dengan kandungan satu persen lemak biasanya mengandung sekitar satu gram lemak per porsi.

Berikut contoh fakta gizi keju cottage untuk 100 gram variasi lemak penuh dari USDA.

Kalori: 105
Protein: 11,6 gram
Lemak: 4,2 gram
Karbohidrat: 4,6 gram

Perlu kita ingat bersama, fakta nutrisi yang tepat dari keju cottage akan bervariasi tergantung pada merek dan jenis yang Anda beli.

Manfaat Keju Cottage

1. Menyeimbangkan gula darah

Keju cottage dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah, kata Baswick. Karena mengandung protein dalam jumlah yang baik, jika dipadukan dengan makanan atau camilan seimbang, bisa membantu memperlambat metabolisme makanan yang dimakan untuk mencegah lonjakan gula darah.

2. Bikin kenyang lebih lama

Karena tingginya jumlah protein dalam keju cottage, hal ini membantu membuat makanan atau camilan menjadi lebih mengenyangkan. Konsumsi keju cottage dengan buah atau stik sayuran agar kenyang lebih lama sepanjang hari.

3. Mendukung kesehatan tulang

Keju cottage mengandung kalsium, yang penting untuk membangun tulang yang kuat, namun juga mengandung protein dan fosfor, yang diperlukan untuk mendukung struktur tulang, kata Amanda Sauceda, pendiri The Mindful Gut dan berspesialisasi dalam nutrisi integratif serta fungsional.

4. Meningkatkan kesehatan usus

Usus yang sehat adalah kunci kesehatan secara keseluruhan, jadi Sauceda menyarankan untuk memilih keju cottage yang mencantumkan "kultur hidup dan aktif" pada labelnya. Artinya mengandung probiotik (alias bakteri baik), yang membantu mendukung pencernaan dan mencegah sembelit serta kembung.

5. Meningkatkan sistem saraf dan kesehatan tiroid

Keju cottage mengandung vitamin B seperti riboflavin dan vitamin B12, yang bermanfaat untuk kesehatan sistem saraf, sintesis DNA, dan metabolisme untuk menghasilkan energi bagi tubuh, kata Baswick.

Keju cottage juga tinggi yodium yang berperan penting untuk mendukung tiroid Anda.

6. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Penelitian menemukan bahwa produk susu rendah lemak dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, jadi Sauceda mengatakan Anda mungkin ingin memilih pilihan satu persen atau dua persen lemak saat memilih keju cottage.

Cara mengonsumsi keju cottage

Jika berbicara tentang resep keju cottage, kemungkinannya tidak terbatas. Apakah Anda suka menyantap keju cottage sendiri atau diolah menjadi makanan panggang, temukan apa yang paling nyaman dan lezat untuk selera Anda.

Jika Anda tidak menyukai rasa keju cottage, Baswick menyarankan untuk menambahkannya ke smoothie, saus celup, oat, salad buah, saus pasta, atau makanan yang dipanggang. 

Mencari pilihan yang lebih gurih? Sauceda suka menambahkan irisan tomat dan mentimun di atas keju cottage dan menaburkan sedikit bumbu. Anda juga bisa mengoleskan campuran ini di atas roti panggang untuk membuat roti panggang keju cottage.

Bolehkah makan keju cottage setiap hari?

Anda mungkin bertanya-tanya, bolehkah makan keju cottage setiap hari. Jawabannya boleh. Keju cottage bisa menjadi pilihan yang sangat bergizi untuk ditambahkan ke makanan atau camilan Anda.

Tetapi sama seperti segala sesuatu yang berhubungan dengan gizi, penting untuk diingat bahwa Anda ingin mengonsumsi makanan yang bervariasi.

“Tidak ada yang salah dengan mengonsumsi keju cottage setiap hari, tetapi jika Anda mengonsumsinya lebih dari sekali setiap hari, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan sumber protein berbeda dan variasi makanan yang lebih luas ke dalam pola makan Anda,” ucapnya.

Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan beragam gizi dibandingkan hanya yang ditemukan dalam keju cottage.

Mengenai berapa banyak keju cottage yang harus Anda makan, Baswick mengatakan ukuran porsi standarnya adalah setengah cangkir, yaitu kira-kira 100 gram. “Memulai dengan ukuran tersebut bisa menjadi awal yang baik, dan kemudian bereksperimen dengan mengurangi atau menambah porsi dari sana,” ucapnya.

Kesimpulannya, keju cottage adalah salah satu bahan makanan berprotein tinggi yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tak cuma itu, manfaat lain dari keju cottage adalah pengendalian gula darah, kesehatan pencernaan, dan menyehatkan tulang.

Pilihan Editor: Benarkah Konsumsi Keju Bisa Menurunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya Berikut Ini

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."