World Meditation Day 2024, Ini Cara Melakukan Meditasi hingga Waktu Terbaiknya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita sedang bermeditasi. shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedang bermeditasi. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Sahabat Cantika sedang banyak pikiran dan ingin mencoba meditasi di rumah? Untuk diketahui, Hari Meditasi Sedunia atau World Meditation Day 2024 ternyata jatuh pada hari ini, Selasa 21 Mei, lho.

Merangkum dari Verywellmind, meditasi merupakan praktik yang dapat membantu seseorang merasa lebih rileks dan mampu mengelola stres dengan baik.

Sementara melansir mindful.org, dalam meditasi Anda akan belajar memperhatikan pengaturan pernafasan, sehingga dapat membuat pikiran menjadi lebih jernih. 

Ada berbagai alasan mengapa kita diminta melakukan meditasi, misalnya ingin memahami rasa sakit yang kamu rasakan, menurunkan stres, meningkatkan fokus hingga mengurangi overthinking.

Lantas, bagaimana cara melakukan meditasi? Berikut Cantika telah merangkumnya, yuk simak! 

1. Pilih posisi duduk yang nyaman

Pertama, pastikan kamu menemukan posisi duduk yang nyaman, serta suasana tenang agar meditasi Anda tidak terganggu.

2. Atur lama waktu meditasi

Kita juga diminta mengatur batas waktu saat melakukan meditasi. Jika baru pertama kali melakukannya, Cantika menyarankan pilih waktu yang cukup singkat misalnya 5-10 menit saja ya.

3. Temukan posisi ideal tubuh

Posisi ideal tubuh sangat mempengaruhi fokus ketika melakukan meditasi, Anda bisa mencoba duduk bersila dengan santai, berlutut atau duduk di kursi dengan kaki di lantai. Pastikan juga Anda stabil dalam sikap tersebut ya.

4. Rasakan hembusan napas

Selanjutnya, Anda diminta mengatur pernapasan dengan baik, seperti ikuti sensasi napas saat menghirup udara dan menghembuskannya keluar dari mulut.

5. Fokus saat melakukan meditasi

Saat meditasi, ada kalanya perhatian kita terganggu karena isi pikiran mengembara ke mana-mana dalam sepersekian detik hingga satu menit.

Selanjutnya, jangan menghakimi diri sendiri dengan isi pikiran yang membuatmu gagal ketika meditasi. Untuk itu, Anda diminta tetap memfokuskan perhatian dan fokus meditasi ke ritme pernapasan.

6. Tutup dengan kebaikan

Angkat pandangan secara perlahan dan buka mata Anda. Luangkan waktu sejenak dan dengan suara apa pun yang ada di lingkunganmu. Kemudian, perhatikan bagaimana respons tubuh, pikiran dan emosi. 

Cantika juga menyarankan melakukan meditasi ini secara konsisten, baik dari segi waktu maupun usaha agar bisa mendapat manfaat kesehatan secara maksimal.

Lalu, kapan waktu terbaik melakukan meditasi? 

1. Kapanpun Anda bisa

Tempo terbaik untuk bermeditasi adalah kapanpun ketika kamu memiliki waktu luang untuk melakukannya. Jika dilakukan secara rutin, hal ini bisa jadi kebiasaan positif, lho.

Kita juga bisa memilih waktu fleksibel, misalnya saat kita perlu merasa rileks. Anda bisa memulai meditasi saat sedang stres atau cemas, luangkan beberapa waktu untuk menjauh dari apa pun yang mengganggu kenyamanan dan mulailah fokus perhatian untuk meditasi,

2. Pagi dan Malam hari

Pagi hari bisa jadi pilihan terbaik, karena pikiran masih jernih sehingga bisa fokus melakukan meditasi.

Sementara, bagi Anda yang sibuk bisa mencoba melakukan aktivitas ini pada malam hari tepatnya 10-20 menit sebelum tidur. Meditasi malam hari dapat membantu mengatasi masalah sulit tidur. 

3. Setelah berolahraga

Ketika merasa lelah usai olahraga seperti lari atau bulu tangkis, maka meditasi bisa jadi pilihan terbaik. Anda bosa melungkan beberapa menit untuk meditasi dengan duduk dan fokus pada ritme pernapasan. Jika dilakukan rutin, hal ini dapat membantu memusatkan pikiran, serta meredakan ketegangan otot pasca-olahraga.

Nah, itu dia cara hingga waktu terbaik yang bisa kamu pilih saat melakukan meditasi dalam rangka memperingati World Meditation Day 2024. Semoga bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 5 Tips Meditasi bagi Pemula, Pilih Alunan Musik Instrumental yang Menenangkan

MINDFUL | VERY WELL MIND 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."