Saat Dian Sastro dan Jennifer Bachdim Meditasi Bareng, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Jennifer Bachdim dan Dian Sastro meditasi bersama/Foto: Instagram/Jennifer Bachdim

Jennifer Bachdim dan Dian Sastro meditasi bersama/Foto: Instagram/Jennifer Bachdim

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah kolaborasi yoga bersama Nikita Willy beberapa waktu lalu, kini Healthy Influencer Jennifer Bachdim kembali jalin pertemanan sehat bersama Dian Sastro dengan meditasi bersama di Bali. 

Jennifer Bachdim mengunggah momen meditasi di pinggir pantai tersebut. Mereka tampil serasi mengenakan outfit bergaya sporty beupa atasan putih dan celana hitam. "Kita semua perlu melambat dan meluangkan waktu untuk yoga, meditasi, dan latihan cinta diri, mari kita mulai hari kita dengan kata-kata yang baik dan hati yang bahagia," tulisnya. 

Seperti yang dilakukan Jennifer Bachdim dan Dian Sastro, meditasi adalah aktivitas di mana praktisi duduk dan membiarkan pikiran menjadi tenang. Menurut Shri Shri Ravi Shanker meditasi bukanlah konsentrasi melainkan dekonsentrasi. 

"Selain membuat tubuh rileks, meditasi juga meningkatkan konsentrasi dan kejernihan, membantu mengurangi stres, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan ketegangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh," tulisnya. 

Seseorang pasti bisa bermeditasi sendirian di rumah. Namun meditasi kelompok memiliki beberapa manfaat uniknya sendiri, berikut beberapa di antaranya:

1. Membangun kebiasaan

Sangat mudah untuk mencari alasan untuk tidak bermeditasi di rumah. Kelompok meditasi dapat memberikan dorongan yang diperlukan untuk mengembangkan latihan yang konsisten.

2). Tersedia umpan balik

Kelompok meditasi sering kali melibatkan praktisi di berbagai tingkatan. Seseorang yang baru mengenal meditasi mungkin mengalami kesulitan dan kebingungan tertentu; anggota lain dapat membantu orang tersebut mengatasi masalah tersebut. Umpan balik yang berguna akan diberikan mengenai berbagai pengalaman selama proses meditasi.

4. Dukungan spiritual dan kekuatan dalam jumlah

Ada sinergi yang tercipta ketika orang bermeditasi bersama. Kekuatan penyembuhan yang dikembangkan dalam meditasi kelompok jauh lebih efektif dibandingkan bermeditasi sendirian. Selain itu, terdapat penelitian yang membuktikan adanya efek riak kedamaian di lingkungan sekitar ketika suatu kelompok melakukan meditasi bersama.

5. Belajar satu sama lain

Kelompok meditasi sering kali mencakup praktisi dari berbagai tingkatan. Jika seseorang masih baru dalam meditasi, anggota kelompok yang lain dapat membantu menjernihkan kebingungan yang mungkin dia alami mengenai berbagai jenis meditasi, membantu menemukan jawaban mengatasi kesulitan dalam latihan, dan memberikan umpan balik mengenai pengalaman yang muncul selama proses meditasi.

6. Saling berbagi

Meditasi dapat membantu mengembangkan hubungan nyata dengan orang-orang sambil memanfaatkan keheningan dan sumber kedamaian yang sama pada saat yang bersamaan.

Pilihan Editor:  Saat Jennifer Bachdim dan Nikita Willy Kolaborasi Yoga, Warganet: Gawat, Mereka Bertemu

SAMVEDNA CARE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."