7 Manfaat Cokelat Hitam yang Terbukti Bagi Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Cokelat Hitam. Unsplash.com/Charisse Kenion

Cokelat Hitam. Unsplash.com/Charisse Kenion

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cokelat hitam kaya akan nutrisi yang dapat berdampak positif bagi kesehatan Anda. Terbuat dari biji pohon kakao, ini adalah salah satu sumber antioksidan terbaik yang bisa Anda temukan.

Penelitian menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung. Berikut 7 manfaat cokelat hitam bagi kesehatan yang didukung oleh ilmu pengetahuan, dikutip dari Healthline.

1. Bergizi

Jika Anda membeli dark chocolate berkualitas dengan kandungan kakao yang tinggi, maka cukup bergizi. Ini mengandung serat larut dalam jumlah yang cukup dan kaya akan mineral.

Selain itu, ia memiliki banyak potasium, fosfor, seng, dan selenium. Tentu saja, 100 gram (3,5 ons) merupakan jumlah yang cukup besar dan bukan sesuatu yang boleh Anda konsumsi setiap hari.

Nutrisi ini juga hadir dengan 600 kalori dan gula dalam jumlah sedang. Oleh karena itu, cokelat hitam paling baik dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Profil asam lemak kakao dan cokelat hitam juga bagus. Lemak sebagian besar terdiri dari asam oleat (lemak penyehat jantung yang juga ditemukan dalam minyak zaitun), asam stearat, dan asam palmitat.

Asam stearat memiliki efek netral terhadap kolesterol tubuh. Asam palmitat dapat meningkatkan kadar kolesterol, namun hanya menyumbang sepertiga dari total kalori lemak. 

Cokelat hitam juga mengandung stimulan seperti kafein dan teobromin, namun kemungkinan besar tidak akan membuat Anda tetap terjaga di malam hari, karena jumlah kafeinnya sangat sedikit dibandingkan dengan kopi. 

2. Sumber antioksidan yang kuat 

Cokelat hitam kaya akan senyawa organik yang aktif secara biologis dan berfungsi sebagai antioksidan. Ini termasuk polifenol, flavanol dan katekin, antara lain.

Menurut penelitian, polifenol dalam coklat hitam dapat membantu menurunkan beberapa bentuk kolesterol LDL (jahat) bila dikombinasikan dengan makanan lain seperti almond dan coklat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kakao dan coklat hitam memiliki lebih banyak aktivitas antioksidan, polifenol, dan flavanol dibandingkan buah lain yang diuji, termasuk blueberry dan acai berry.

3. Dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah

Banyak penelitian terkontrol menunjukkan bahwa cokelat dan cokelat hitam dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, meskipun efeknya biasanya ringan. Namun, sebuah penelitian pada penderita diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi tidak menunjukkan efek apa pun.

Ada kemungkinan bahwa orang yang sudah menerima pengobatan untuk tekanan darah tinggi tidak mendapatkan manfaat tambahan apa pun dengan menambahkan flavanol kakao ke dalam makanan mereka.

Mengingat besarnya variasi antar penelitian mengenai subjek ini, jelas bahwa diperlukan lebih banyak penelitian 

4. Melindungi dari kolesterol tinggi 

Mengonsumsi cokelat hitam dapat memperbaiki beberapa faktor risiko penting penyakit jantung. Ini dapat melindungi terhadap kolesterol tinggi.

Dalam sebuah penelitian kecil, mengonsumsi cokelat hitam yang dilengkapi dengan flavanol likopen ditemukan secara signifikan menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat, dan trigliserida.

Flavanol dalam cokelat hitam juga dapat mengurangi resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko umum penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Namun, cokelat hitam juga mengandung gula yang dapat memberikan efek sebaliknya.

5. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Seiring berjalannya waktu, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kakao atau cokelat yang kaya flavanol dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Sebuah tinjauan penelitian mengungkapkan bahwa makan cokelat 3 kali seminggu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 9 persen. Makan cokelat lebih sering menunjukkan sedikit manfaat tambahan.

Ulasan lain menunjukkan bahwa makan 45 gram cokelat per minggu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 11 persen. Mengonsumsi lebih dari 100 gram per minggu tampaknya tidak memberikan manfaat bagi kesehatan.

6. Dapat melindungi kulit Anda dari sinar matahari

Senyawa bioaktif dalam coklat hitam juga bagus untuk kulit Anda. Flavanol dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, serta meningkatkan kepadatan dan hidrasi kulit.

Dosis eritemal minimal (MED) adalah jumlah minimum sinar UVB yang diperlukan untuk menimbulkan kemerahan pada kulit dalam waktu 24 jam setelah paparan.

Penelitian menunjukkan bahwa MED dapat meningkat bahkan dua kali lipat setelah mengonsumsi dark chocolate atau kakao tinggi flavanol selama 12 minggu. Hasilnya adalah kulit Anda memiliki perlindungan yang lebih baik dari sinar matahari.

Jika Anda merencanakan liburan ke pantai, pertimbangkan untuk menikmati tambahan cokelat hitam pada minggu dan bulan sebelumnya. Namun tanyakan kepada dokter atau dokter kulit Anda sebelum meninggalkan rutinitas perawatan kulit normal Anda dan memilih lebih banyak cokelat hitam. Dan ingat bahwa cokelat tidak bisa menggantikan tabir surya dan bentuk perlindungan matahari lainnya.

7. Bisa meningkatkan fungsi otak

Kabar baiknya belum berakhir. Cokelat hitam juga dapat meningkatkan fungsi otak Anda.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi coklat yang mengandung flavanol tinggi dapat meningkatkan aliran darah ke otak pada orang dewasa muda. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa makan cokelat setiap hari tampaknya meningkatkan perhatian, pembelajaran verbal, dan memori.

Flavanoid kakao juga dapat membantu menjaga fungsi kognitif pada orang dewasa lanjut usia dengan gangguan kognitif ringan dan mengurangi kemungkinan berkembang menjadi demensia. Namun diperlukan lebih banyak penelitian.

Selain itu, kakao mengandung zat stimulan seperti kafein dan teobromin, yang mungkin menjadi alasan utama mengapa kakao dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.

Kesimpulan 

Terdapat banyak bukti bahwa cokelat hitam dapat memberikan manfaat kesehatan yang kuat, terutama memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Namun, bukan berarti Anda harus mengonsumsi banyak cokelat setiap hari.

Mungkin makan satu atau dua gelas setelah makan malam dan mencoba menikmatinya. Jika Anda menginginkan manfaat cokelat tanpa kalori pada cokelat, pertimbangkan untuk membuat cokelat panas tanpa krim atau gula.

Perlu diketahui juga bahwa banyak cokelat yang beredar di pasaran tidak bergizi. Pilih yang berkualitas: cokelat hitam dengan kandungan kakao 70 persen atau lebih tinggi. Anda mungkin ingin membaca panduan tentang cara menemukan cokelat hitam terbaik.

Cokelat hitam biasanya mengandung sedikit gula, tetapi jumlahnya biasanya sedikit dan semakin gelap cokelatnya, semakin sedikit gula yang dikandungnya.

Cokelat hitam adalah makanan luar biasa yang rasanya luar biasa sekaligus memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Semoga bermanfaat!

Pilihan Editor: Menakar Jumlah Kafein dalam Cokelat, dari Cokelat Hitam hingga Cokelat Susu

HEALTHLINE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."