11 Ciri Playing Victim yang Perlu Diwaspadai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita sedih dan kecewa. Freepik.com

Ilustrasi wanita sedih dan kecewa. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mereka yang berperan sebagai korban atau playing victim seringkali mencari simpati atau perhatian dari orang-orang yang menjadi sasaran mentalitas korbannya. Mereka sebenarnya bukanlah korban dalam semua keadaan yang mereka keluhkan. Sebaliknya, mereka meremehkan peran mereka sendiri dalam berkontribusi terhadap hasil-hasil buruk tersebut. Lantas seperti apa ciri-ciri playing victim dan mengapa mereka bersikap demikian? Yuk, kita telusuri paparan dari psikolog dan terapis.

Apa itu perilaku playing victim?

“Orang-orang yang disebut sebagai playing victim merasa bahwa orang-orang dan keadaan menentang mereka, berusaha mendapatkan keuntungan, atau bahwa mereka tidak beruntung,” kata psikolog klinis Monica Vermani, yang berspesialisasi dalam trauma, pelecehan, dan hubungan dikutip dari Well+Good, Jumat, 12 April 2024.

“Disadari atau tidak, mereka mengulangi pola di mana mereka melepaskan kekuasaan dan hak pilihan mereka; membiarkan diri mereka didominasi, diarahkan, dan dibimbing oleh orang lain; dan menyalahkan orang lain ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan mereka,” ucapnya.

Playing victim juga orang yang terus-menerus terlibat dalam drama pertemanan, tetapi menyatakan bahwa mereka tidak pernah memiliki peran apa pun dalam memulai atau melanggengkannya; atau orang yang suka mengeluh tentang pekerjaan, hubungan, atau keadaan hidup lainnya tetapi tidak mau melakukan apa pun untuk mengubah situasi.

Mengapa berperilaku playing victim?

Menurut neuropsikolog Sanam Hafeez, playing victim sering dilakukan untuk mendapatkan simpati, perhatian, atau untuk menghindari tanggung jawab. Orang ini mungkin menginginkan dukungan atau penghindaran akuntabilitas, sehingga mereka menjadi korban baik secara sadar maupun tidak.

Ironisnya, playing victim juga dapat membantu seseorang merasa diberdayakan. “Ini dapat memberikan ilusi bahwa Anda memegang kendali,” kata psikolog Vermani.

Bagaimanapun, mereka memutar narasi khusus untuk meyakinkan orang lain (dan mungkin diri mereka sendiri) bahwa hidup ini tidak adil bagi mereka, sehingga untuk sementara waktu membebaskan mereka dari perasaan bersalah atau malu atas keadaan yang tidak menguntungkan tersebut.

"Namun pada kenyataannya, keengganan atau penolakan untuk berperan aktif dalam pilihan dan tindakan hidup mereka adalah sumber utama kebencian mereka, kurangnya hak pilihan, dan kurangnya penentuan nasib sendiri,” katanya.

Yang pasti, seseorang yang playing victim bukanlah benar-benar korban dari situasi negatif. Faktanya, orang-orang yang benar-benar merespons trauma biasanya memutarbalikkan pengalaman tersebut dan menyalahkan diri mereka sendiri agar tidak terlihat sebagai korban.

Playing victim adalah metode manipulasi untuk memenuhi kebutuhan seseorang,” kata Amelia Kelly, terapis hubungan khusus trauma yang juga peneliti dan salah satu penulis What I Wish I Knew. Dia menambahkan bahwa individu playing victim seringkali kesulitan untuk memberdayakan diri dengan cara lain.

Ciri playing victim

Anda akan melihat perilaku yang berbeda pada seseorang playing victim versus seseorang yang sebenarnya adalah korban. Ketika orang berperan sebagai korban, kata neuropsikolog Hafeez, mereka menyalahkan diri sendiri, menolak bertanggung jawab, terlibat dalam perilaku manipulatif, dan melakukan sabotase diri. Sedangkan dengan menjadi korban sebenarnya, katanya, ada lebih banyak trauma nyata dan hilangnya kendali. Berikut ciri-ciri playing victim yang perlu diwaspadai.

1. Konsep diri yang negatif

Playing victim sering kali menjelek-jelekkan dirinya sendiri atau terus-terusan mengatakan betapa mereka memandang rendah diri mereka sendiri. Pembicaraan diri sendiri yang negatif dapat menyebabkan sabotase diri dan rendahnya harga diri, kata terapis Kelley, sehingga menciptakan lebih banyak alasan untuk pembicaraan diri sendiri yang negatif.

2. Menyalahkan orang lain atas semua hasil yang buruk

Alih-alih melihat kegagalan atau konflik sebagai peluang untuk mengembangkan diri, seseorang dengan mentalitas korban akan menghindari mengakui kegagalan atau konflik sepenuhnya, kata terapis Kelley, dengan melimpahkan kesalahan atau tanggung jawab kepada orang lain, bahkan ketika mereka memiliki peran yang jelas dan signifikan dalam situasi tersebut.

Menurut neuropsikolog Hafeez, daripada mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka sendiri, mereka yang berperilaku playing victim akan membuat alasan, menangkis kritik, menyangkal melakukan kesalahan, atau menggambarkan diri mereka sebagai korban keadaan yang tidak berdaya. Kadang-kadang, hal ini bahkan bisa berubah menjadi gaslighting, yang membuat orang lain mempertanyakan realitas mereka sendiri atau ingatan mereka akan suatu peristiwa dengan cara yang sesuai dengan narasi korban mereka.

3. Sulit mempertahankan hubungan yang stabil

Karena keinginan mereka untuk dipandang sebagai martir dalam segala keadaan, seseorang yang playing victim sering kali bergantung pada pasangan atau teman. Menurut terapis Kelley, mereka mengandalkan persetujuan terus-menerus dari teman atau pasangan untuk merasa baik-baik saja dalam hubungan tersebut. Hal ini dapat menjadi pola yang berulang di hampir setiap hubungan yang mereka jalani, karena mereka kurang memahami peran mereka dalam masalah tersebut.

4. Membesar-besarkan kesulitan

Jika seseorang sering mendramatisasi pengalaman negatifnya, itu bisa menjadi tanda lain bahwa dia playing victim, kata neuropsikolog Hafeez. Mereka memutarbalikkan cerita besar ini untuk mendapatkan simpati, perhatian, dan validasi tambahan. Bahkan (dan mungkin khususnya) ketika situasi tidak memerlukan reaksi simpatik, mereka akan meningkatkan perjuangan mereka untuk membangkitkan semangat orang lain.

5. Memanipulasi emosi orang lain

Seseorang playing victim akan dengan sengaja memanfaatkan rasa empati atau simpati orang lain atau bahkan membuat mereka merasa bersalah karena berpikir bahwa merekalah yang menyebabkan kemalangan bagi korban palsu tersebut, menurut neuropsikolog Hafeez.

"Itu semua adalah cara untuk mengendalikan atau mempengaruhi perilaku orang-orang di sekitar mereka, seringkali demi keuntungan mereka sendiri,” katanya.

Selain berperan sebagai korban, tanda-tanda manipulasi termasuk mengucilkan seseorang, menekan mereka untuk segera mengambil keputusan, menyerang mereka, dan menggunakan perilaku pasif-agresif.

6. Menggambarkan diri tidak berdaya

Si playing victim sering kali bertindak pasif atau menggambarkan diri mereka berada di bawah belas kasihan orang lain, kata psikolog Vermani. Lebih jauh lagi, katanya, mereka tidak berupaya mengubah atau memperbaiki situasi negatif mereka, karena jika tidak maka akan menjadi jelas bahwa mereka sebenarnya bukan hanya korban dari keadaan mereka dan dapat mempengaruhi nasib mereka sendiri dalam kehidupan.

7. Berjuang dengan kesehatan mentalnya

Masalah kesehatan mental dapat menjadi sebab dan akibat dari terus-menerus mempermainkan korban. Menurut psikolog Vermani, orang dengan mentalitas korban cenderung menunjukkan harga diri yang rendah, berjuang dengan ketegasan dan komunikasi, dan mengalami gejala mood rendah, stres tinggi, serta kecemasan.

8. Defensif terhadap kritik

Jika Anda mencoba memberikan saran kepada orang ini tentang bagaimana dia dapat memperbaiki keadaannya atau mencatat bagaimana dia mungkin berperan dalam kemalangannya, kemungkinan besar dia akan langsung membela diri. “Mereka akan membela kurangnya tindakan mereka dan salah menafsirkan upaya orang-orang yang mencoba membantu mereka sebagai sebuah serangan, karena rendahnya harga diri mereka,” kata psikolog Vermani.

9. Lebih memilih validasi daripada solusi

Didorong oleh rendahnya harga diri mereka, orang-orang playing victim sering kali mengasihani diri sendiri. Walhasil, mereka biasanya lebih suka mendengar validasi dari orang lain mengenai betapa buruknya situasi mereka, dibandingkan solusi atau ide yang berpotensi membantu untuk mencegah hasil negatif di masa depan. 

10. Terus-menerus membandingkan dirinya dengan orang lain

Jika Anda memperhatikan bahwa seseorang terus-menerus mengungkit bahwa orang lain jauh lebih beruntung atau lebih bahagia atau lebih sukses daripada dirinya, itu tandanya dia playing victim. “Tetapi orang lain lebih baik daripada saya, yang merupakan cara mereka terus-menerus memvalidasi perasaan mereka sebagai korban," kata psikolog Vermani. 

11. Pemikiran dikotomis

Seseorang yang playing victim cenderung melihat situasi sebagai sesuatu yang baik atau buruk, tanpa ada area abu-abu atau di antara keduanya. Sering kali dipicu oleh rasa cemas, pemikiran hitam-putih seperti ini cenderung memperkuat pola pikir korban. Karena mereka memandang ketidaknyamanan atau kemalangan kecil apa pun sebagai situasi yang sangat buruk, hal ini mendukung anggapan mereka bahwa mereka terus-menerus menjadi korban secara tidak adil.

Pilihan Editor: 4 Zodiak yang Paling Suka Playing Victim, Ada Gemini dan Virgo

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."