4 Waktu Terbaik Mengonsumsi Suplemen Magnesium

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita minum suplemen. Foto : Freepik

Ilustrasi wanita minum suplemen. Foto : Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Magnesium adalah mineral penting yang terlibat dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk fungsi otot dan saraf, produksi energi, dan kesehatan tulang. Magnesium secara alami tersedia dalam beberapa makanan dan suplemen. Pria membutuhkan hingga 420 mg magnesium setiap hari, sementara wanita membutuhkan 320 mg magnesium. Adapun menentukan waktu untuk mengonsumsi suplemen magnesium bergantung pada berbagai faktor, termasuk kebutuhan kesehatan individu, gaya hidup, dan kebiasaan makan.

Meskipun tidak ada waktu terbaik yang spesifik untuk mengonsumsi magnesium, memahami interaksinya dengan ritme tubuh dan nutrisi lain dapat membantu mengoptimalkan penyerapan dan manfaatnya. Berikut rekomendasi tempat waktu terbaik mengonsumsi suplemen magnesium.

Rekomendasi Waktu Mengonsumsi Suplemen Magnesium

1. Pagi Hari

Mengonsumsi makanan dan suplemen kaya magnesium di pagi hari adalah hal yang ideal.
Mengonsumsi magnesium di pagi hari dapat memberikan dorongan energi dan mendukung vitalitas secara keseluruhan.

Magnesium berperan penting dalam metabolisme energi, membantu mengubah makanan menjadi energi dan mendukung fungsi enzim yang terlibat dalam produksi energi kimia di sel. Memulai hari Anda dengan makanan atau suplemen kaya magnesium dapat membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan kewaspadaan dan fokus sepanjang hari.

2. Sebelum Berolahraga

Mengonsumsi magnesium sebelum berolahraga dapat membantu mendukung fungsi dan kinerja otot. Magnesium terlibat dalam kontraksi dan relaksasi otot, sehingga penting untuk menjaga fungsi otot yang baik selama berolahraga.

Selain itu, magnesium membantu mengatur keseimbangan elektrolit, yang penting untuk hidrasi dan fungsi otot. Mengonsumsi magnesium sebelum berolahraga, baik melalui sumber makanan maupun suplemen, dapat membantu mencegah kram otot, mengurangi kelelahan, dan mendukung performa olahraga secara keseluruhan.

3. Konsumsi bersama Protein dan Lemak Sehat

Mengonsumsi suplemen magnesium saat makan dapat meningkatkan penyerapan dan pemanfaatannya oleh tubuh. Penyerapan magnesium terjadi terutama di usus kecil, di mana bersaing dengan mineral lain untuk penyerapannya. Mengonsumsi makanan atau suplemen kaya magnesium bersamaan dengan waktu makan, terutama yang mengandung protein dan lemak sehat, dapat membantu meningkatkan penyerapan. Selain itu, beberapa makanan alami yang kaya akan magnesium, seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian, biasanya disertakan dalam makanan, sehingga memudahkan untuk memasukkan magnesium ke dalam makanan Anda.

4. Sebelum Tidur

Mengonsumsi magnesium sebelum tidur dapat meningkatkan relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur. Magnesium telah terbukti mendukung siklus tidur-bangun alami tubuh dengan memodulasi neurotransmiter yang terlibat dalam pengaturan tidur, seperti asam gamma-aminobutyric (GABA). Selain itu, magnesium membantu mengatur relaksasi otot, yang dapat membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan rasa tenang sebelum tidur.

Mengonsumsi makanan atau suplemen kaya magnesium di malam hari dapat membantu merilekskan tubuh dan pikiran, sehingga menghasilkan kualitas tidur dan kesejahteraan yang lebih baik secara keseluruhan.

Cara Memilih Suplemen Magnesium

Saat memilih suplemen magnesium, pilihlah suplemen dengan kandungan magnesium sitrat, magnesium glisinat, atau magnesium oksida, yang dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Mulailah dengan dosis yang lebih rendah dan secara bertahap tingkatkan sesuai kebutuhan, perhatikan potensi efek samping seperti diare atau ketidaknyamanan gastrointestinal. Selalu berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum memulai program suplemen baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat.

Pilihan Editor: Ini Sebab Suplemen Magnesium Berkhasiat Menyehatkan Jantung

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."