8 Sumber Makanan Kaya Magnesium, Ada Cokelat Hitam, Bayam, dan Biji Labu

Ilustrasi kuaci biji labu. Media.mercola.com

kesehatan

8 Sumber Makanan Kaya Magnesium, Ada Cokelat Hitam, Bayam, dan Biji Labu

Rabu, 16 Maret 2022 12:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaMagnesium mungkin tidak berada di urutan teratas daftar Anda ketika memikirkan kesehatan Anda. Di dunia mineral, kalsium dan zat besi sering menjadi pusat perhatian, sementara magnesium terdegradasi ke bagian belakang. Tetapi inilah saatnya untuk menyadari bahwa magnesium sangat penting untuk tetap sehat, seimbang, dan cukup istirahat.

"Magnesium berperan penting dalam mendukung dan mempertahankan kesehatan dan kehidupan," jelas Kelly LeVeque, ahli gizi holistik bersertifikat dan penulis buku terlaris, Body Love and Body Love Everyday dikutip dari Real Simple, Selasa, 15 Maret 2022.

"Magnesium terlibat dalam lebih dari 600 reaksi enzimatik, termasuk sintesis protein produksi energi (ATP), manajemen glukosa darah, regulasi tekanan darah, dan fungsi saraf," sambungnya.

Salah satu manfaat magnesium yang paling terkenal adalah mengendalikan tingkat stres dan membantu kualitas tidur. Sebab magnesium mampu untuk mengatur GABA, neurotransmitter yang menenangkan pikiran.

"Magnesium bekerja pada jalur yang sama di otak Anda sebagai obat anti-kecemasan, sehingga membantu tubuh Anda rileks dan masuk ke mode tidur," jelas Samantha Cassetty, MS, RD, ahli nutrisi dan kesehatan dan rekan penulis Sugar Shock.

Penelitian telah mengaitkan asupan magnesium yang lebih tinggi berdampak pada kualitas tidur yang lebih baik dan lebih lama, serta menunjukkan hubungan antara asupan magnesium yang rendah dan gangguan suasana hati seperti depresi dan kecemasan.

"Ini bahkan lebih penting untuk memahami bahwa magnesium sangat penting untuk menjaga kadar vitamin D," kata LeVeque. Penelitian telah menemukan bahwa magnesium membantu dalam aktivasi vitamin D, yang berarti bahwa Anda memerlukan kadar magnesium yang cukup untuk mendapatkan manfaat vitamin D, termasuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan menjaga kesehatan tulang, antara lain.

Magnesium juga terlibat dalam berbagai fungsi kesehatan karena bertanggung jawab atas berfungsinya lebih dari 300 enzim dalam tubuh manusia dan yang paling penting dalam kesehatan seluler kita. Magnesium terlibat dalam segala hal mulai dari mencegah penyakit kardiovaskular hingga mengelola nyeri saraf serta sakit kepala.

Perlukah Konsumsi Suplemen Magnesium?

Karena magnesium tidak dapat diproduksi oleh tubuh, Anda harus mendapatkannya dari sumber eksternal seperti makanan atau suplemen. Dan, menurut LeVeque, kadar magnesium terkuras dalam tubuh oleh stres, sehingga sangat penting untuk diisi ulang setiap hari.

Jadi, apakah itu berarti Anda harus mulai menelan suplemen magnesium? Belum tentu. Terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan apakah Anda kekurangan magnesium. Bila iya, mereka mungkin menyarankan suplemen untuk mengembalikan tubuh Anda ke keadaan optimal.

Penting untuk mengetahui perbedaan antara berbagai bentuk magnesium di pasaran, berikut penjelasan LeVeque.

  • Magnesium sitrat adalah pilihan magnesium yang paling tersedia secara hayati (90 persen), sehingga mendukung peningkatan kadar magnesium serum darah yang terbaik. Dalam dosis yang lebih tinggi, juga dapat mengobati sembelit.
  • Magnesium oksida tidak mudah diserap, jadi ini adalah yang tercepat dan paling efektif untuk mengobati sembelit.
  • Magnesium glisinat (atau bisglisinat) 80 persen tersedia secara hayati, meningkatkan kadar magnesium secara internal dan mendukung kecemasan, depresi, dan insomnia.