Ini Sebab Suplemen Magnesium Berkhasiat Menyehatkan Jantung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan jantung. Shutterstock

Ilustrasi pemeriksaan kesehatan jantung. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jantung merupakan otot terpenting dalam tubuh Anda karena memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menjaga kesehatan jantung dan mengambil tindakan proaktif untuk memastikan organ vital ini tetap dalam kondisi terbaiknya. Contohnya, pola hidup sehat dan gizi baik.

"Gizi yang baik dan kebiasaan gaya hidup memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan, fungsi otot jantung," kata Rebekah Blakely, RDN, ahli gizi ahli diet terdaftar untuk The Vitamin Shoppe dilansir dari Eat This, Rabu, 1 September 2021.

Blakely menggarisbawahi bahwa mendukung kesehatan jantung harus menjadi pendekatan holistik, tetapi kadang-kadang bisa lebih ditargetkan jika tubuh Anda kehilangan nutrisi tertentu. “Ketika kebutuhan harian tubuh Anda tidak dapat dipenuhi, atau terjadi kekurangan, suplemen makanan mungkin dapat membantu mengisi kekosongan tersebut," imbuh Blakely.

Salah satu contoh suplemen yang efektif untuk kesehatan jantung adalah magnesium, rekomendasi Blakely. Magnesium bekerja bersama kalsium untuk berkontraksi dan mengendurkan otot jantung, serta menciptakan detak jantung yang sehat. Magnesium juga memiliki efek relaksasi pada otot dan pembuluh darah, sehingga berperan dalam menjaga tekanan darah yang sehat.

Kadar magnesium yang rendah bahkan telah dikaitkan dengan meningkatnya angka kematian, termasuk dari penyebab kardiovaskular. Kekurangan magnesium juga umum terjadi pada orang dewasa, menurut Blakely. Tak hanya itu, bisa juga memicu tingkat stres yang tinggi, pola makan yang buruk, penurunan kandungan mineral di makanan kita, penggunaan obat-obatan, dan penyakit kronis.

Penelitian telah menunjukkan bahwa hampir dua pertiga dari populasi Barat tidak memenuhi rekomendasi harian untuk asupan magnesium. Dan, satu studi menemukan bahwa 80 persen pasien yang diobati dengan obat diuretik untuk hipertensi selama enam bulan atau lebih ditemukan memiliki kadar magnesium yang terkuras.

Lantas, berapa rekomendasi asupan magnesium setiap harinya? National Institutes of Health merekomendasikan 420mg untuk pria dan 320mg untuk wanita. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen magnesium, diskusikan dulu kebutuhan magnesium spesifik Anda dengan dokter atau ahli gizi yang memiliki riwayat kesehatan Anda agar manfaatnya optimal untuk jantung dan tubuh. 

Baca juga: 4 Cara Jaga Kesehatan Jantung Anda, Atur Denyut Nadi Kisaran Ini Saat Olahraga

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."