Mengenal Penyakit Anemia Aplastik yang Diderita Babe Cabita

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
dv.is

dv.is

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebelum meninggal, komedian Babe Cabita yang dikenal dengan keceriaannya di depan layar, beberapa waktu lalu harus berjuang kuat melawan penyakit anemia aplastik. Komika ini pun sempat menjual beberapa aset untuk biaya kesembuhannya dari anemia aplastik, sebagaimana diungkapkan dalam kanal YouTube Deddy Corbuzier yang ditayangkan pada 29 Agustus 2023.

Lantas apa itu anemia aplastik, gejala, serta penanganannya?

Penyakit darah langka

Anemia aplastik adalah kelainan darah yang langka, tetapi menjadi kondisi serius. Kondisi ini terjadi ketika sumsum tulang tidak dapat menghasilkan cukup sel darah dan trombosit. Seseorang yang mengalami anemia aplastik memiliki peningkatan risiko terkena komplikasi, seperti infeksi serius, masalah pendarahan, masalah jantung, dan komplikasi lainnya. Atas dasar tersebut, seseorang harus segera memeriksa ke dokter untuk melakukan diagnosa lebih lanjut.

Merujuk mayoclinic.org, terdapat tes-tes berikut yang membantu dokter mendiagnosis anemia aplastik, yaitu tes darah dan biopsi sumsung tulang. Biasanya, tes darah untuk kadar sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit berada dalam kisaran tertentu. Pada anemia aplastik, ketiga kadar sel darah ini dalam tubuh seseorang tergolong rendah.

Tes biopsi sumsum tulang dilakukan oleh dokter menggunakan jarum untuk mengambil sampel kecil sumsum tulang dari tulang besar di tubuh, seperti tulang pinggul. Kemudian, sampel diperiksa di bawah mikroskop untuk menyingkirkan penyakit lain yang berhubungan dengan darah. Pada anemia aplastik, sumsum tulang mengandung lebih sedikit sel darah. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan sumsum tulang. Prosedur kedua ini menghilangkan sebagian kecil jaringan tulang dan sumsum yang tertutup.

Setelah mendapatkan hasil diagnosis anemia aplastik, seseorang akan melakukan tes lain untuk menentukan penyebabnya. Para ahli tidak mengetahui semua alasan mengapa seseorang mengalami anemia aplastik. Namun, biasanya, kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sumsum tulang sehingga tidak dapat membuat sel induk. 

Jika tes diagnosis menunjukkan kadar sel darah lebih rendah dari normal dan tidak menunjukkan gejala, dokter mendiagnosis seseorang menderita anemia aplastik sedang. Penyedia layanan kesehatan akan mungkin merekomendasikan untuk memantau kesehatan secara keseluruhan dan jumlah darah sehingga mereka dapat ditangani cepat, jika kondisinya semakin memburuk.

Jika didiagnosis anemia aplastik dan kondisi semakin buruk, seseorang harus melakukan perawatan dengan baik tergantung pada situasi dan penyebab.

Gejala anemia aplastik

Berdasarkan mayoclinic.org, anemia aplastik tidak memiliki gejala khusus. Namun, seseorang mungkin akan mengalami gejala umum yang menunjukkan dirinya kekurangan darah sebagai berikut, yaitu: 

  • Kelelahan
  • Sesak napas
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur
  • Kulit pucat
  • Infeksi berkepanjangan
  • Memar yang mudah terjadi
  • Mimisan dan gusi berdarah
  • Pendarahan berkepanjangan akibat luka
  • Ruam kulit
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Demam

Penanganan anemia aplastik

Berdasarkan clevelandclinic.org, cara penanganan anemia aplastik yang tepat sebagai berikut, yaitu:

1. Transplantasi sel induk alogenik 

Dokter akan mengganti sel induk rusak di sumsum tulang tubuh dengan sel induk yang sehat dari darah atau sumsum tulang dari hasil donor.

2. Transfusi darah

Transfusi menggantikan sel darah merah dan trombosit. Transfusi tidak menyembuhkan anemia aplastik, tetapi dapat meringankan beberapa gejala.

3. Imunosupresan

Seseorang yang mengalami anemia aplastik harus meminum obat-obatan ini untuk menghambat sistem kekebalan tubuh sehingga berhenti menyerang sel induk. Misalnya, obat globulin antithymocyte dan siklosporin.

4. Antibiotik

Anemia aplastik dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri. Akibatnya, seseorang harus mengonsumsi antibiotik untuk membantu mengobati infeksi.

Pilihan Editor: Komika Babe Cabita Meninggal, Sempat Tunaikan Umrah Bareng Istri

RACHEL FARAHDIBA REGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."