10 Fakta Menarik Vacheron Constantin, Produsen Jam Tangan Tertua di Dunia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Dok.Vacheroncostantin instagram.com

Dok.Vacheroncostantin instagram.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaVacheron Constantin adalah produsen jam tangan tertua di dunia yang didirikan pada 1755. Raksasa pembuat arloji ini telah merancang dan memproduksi jam tangan yang luar biasa selama ratusan tahun dan terus diakui sebagai salah satu yang terbaik.

Berikut fakta menarik dari sejarah dari merek jam tangan mewah Vacheron Constantin, dikutip dari laman Lux Horology.

1. Pendirian Perusahaan

Tahun 1755, ahli jam tangan Jean-Marc Vacheron mulanya membuka rekrutmen magang di Jenewa. Menurut klaim perusahaan, ini adalah awal dari bisnisnya, yang menunjukkan niat pria berusia 24 tahun ini untuk mewariskan keahliannya kepada orang lain. Kontrak antara Vacheron dan pemagangnya menjadi bukti lahirnya perusahaan tersebut, menjadikannya sebagai bisnis pembuatan jam tertua yang masih beroperasi hingga saat ini.

Pada tahun yang sama, Jean-Marc Vacheron membuat jam saku perak, contoh paling awal keberadaan jam saku yang ditandatangani dengan namanya. Jam tangan bertanda 'J. M. Vacheron a Geneve menampilkan tangan emas dan pengerjaan berkualitas tinggi dalam elemen teknis desainnya.

2. Diwariskan dari Generasi ke Generasi

Seiring berjalannya waktu, bisnis itu tetap menjadi milik keluarga. Putra Jean-Marc Vacheron pertama kali mengambil alih perusahaan pada 1785, saat usianya 25 tahun. Meskipun mengalami kesulitan yang disebabkan oleh Revolusi Perancis dan pendudukan Jenewa, dia tetap mempertahankan bisnisnya. Dia, pada gilirannya, mengajarkan perdagangan jam tangan kepada putranya sendiri, Jacques Barthelemi Vacheron.

Cucu Jean-Marc Vacheron mengambil alih perusahaan pada 1810. Jacques Barthelemi Vacheron memajukan bisnisnya melalui beberapa cara. Di bawah kepemimpinannya, mereka membuat jam tangan yang lebih rumit, termasuk jam tangan musik yang dapat memainkan dua nada berbeda. Ia juga orang pertama yang mulai mengekspor produknya dari Swiss ke Prancis dan Italia.

Lokakarya tersebut menunjukkan keahlian dalam merancang dan memproduksi jam tangan dengan komplikasi, fitur selain indikasi jam dan menit. Salah satu contoh awal dari tahun 1812 adalah jam tangan pengulang seperempat, yang juga menunjukkan setiap seperempat jam.

3. Kemitraan dengan Francois Constantin

Pada 1819, bisnisnya menjadi Vacheron et Constantin. Jacques Barthelemi Vacheron menjalin kemitraan dengan Francois Constantin, seorang pengusaha berpengalaman. Constantin adalah putra seorang pedagang yang menghabiskan waktu mengembangkan keterampilan bisnisnya saat bepergian, ketika ia bertemu Jacques Barthelemi, dan menemukan minat yang sama terhadap jam tangan yang penuh gaya dan rumit.

4. Produsen Jam Tangan Awal

Ketika Vacheron Constantin pertama kali muncul, jam saku adalah satu-satunya pilihan untuk penunjuk waktu portabel. Namun, pada abad ke-19, jam tangan mulai melahirkan persaingan. Salah satu contoh dari Vacheron Constantin adalah jam tangan wanita yang berasal dari tahun 1889 dan merupakan salah satu jam tangan produksi seri pertama. Alih-alih memiliki kenop untuk memutar jam, jam ini diberikan perangkat pintar yang memungkinkan bezel diputar untuk mengatur waktu.

5. Toko Pertama Dibuka

Pada tahun 1906, toko Vacheron Constantin pertama dibuka. Jam tangan dipajang di lantai dasar gedung tempat klien sebelumnya dilayani di salon di lantai atas. Saat ini, perusahaan menerima pesanan dari keluarga kerajaan, bangsawan, dan orang-orang terkemuka di masyarakat.

Hanya setahun setelah toko dibuka, Vacheron Constantin memproduksi Royal Chronometer pertamanya dan mendaftarkan nama modelnya. Jam saku ini menjadi populer di seluruh dunia berkat daya tahan, keandalan, dan keakuratannya yang menjadikannya berfungsi bahkan di iklim yang lebih sulit.

6. Meningkatkan Ketenaran di Seluruh Dunia

Vacheron Constantin terus menikmati kesuksesan internasional sepanjang paruh pertama abad ke-20. Pada tahun 1920-an, jam tangan merupakan aksesori modern yang membuat perusahaan ini meraih kesuksesan khusus di AS. Bahkan ada penyelesaian khusus yang disediakan untuk pasar Amerika untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya yang cerdas.

Pada 1932, Vacheron Constantin merilis jam tangan dunia pertama yang menampilkan 24 zona waktu. Jam tangan ini dibuat bekerja sama dengan Louis Cottier, dengan mesin jam mekanis yang unik. Ini menampilkan 24 zona waktu dengan disk yang diputar di sekitar pelat jam sementara 31 kota internasional tertulis di bezel luar.

7. Perkembangan Berkelanjutan di Abad ke-20

Di pertengahan abad, Vacheron Constantin terus mengembangkan penawaran jam tangannya. Pada tahun 1955, perusahaan ini menginjak usia 200 tahun dan merilis mesin jam tangan tertipis yang pernah ada pada peringatan dua abadnya. Dengan ketebalan hanya 1,64 mm, mesin jamnya setipis koin Swiss 20 sen. Mesin jam yang sangat tipis ini secara alami memungkinkan terciptanya jam tangan ultra tipis.

Juga pada 1955, perusahaan merilis kronograf pergelangan tangan yang menampilkan skala takometer. Dengan casing kedap air dan perlindungan dari medan magnet, jam tangan ini memiliki penghitung 30 menit dan penghitung detik kecil.

Beberapa gaya ikonik lainnya muncul pertama kali pada paruh kedua abad ke-20. The Great Adventure 222 dirilis pada tahun 1977 untuk memperingati 222 tahun perusahaan tersebut, dan akan menjadi salah satu desain paling terkenal dari Vacheron Constantin. Ini juga menginspirasi koleksi Overseas, yang diluncurkan hampir 20 tahun kemudian pada tahun 1996. Koleksi ini menawarkan jam tangan teknis dan sporty yang dirancang untuk bepergian.

8. Vacheron Constantin di Abad ke-21

Kantor pusat internasional untuk Vacheron Constantin dibuka pada tahun 2004 di Plans-les-Ouates, Swiss. Gedung baru yang dirancang oleh Bernard Tschumi ini menyatukan setiap aspek perusahaan, termasuk bengkel.

Pada peringatan 250 tahunnya, koleksi lima jam tangan luar biasa diluncurkan untuk menghargai kerajinan yang digunakan untuk membuat jam tangan Vacheron Constantin. Ini termasuk jam tangan Tour de l’Île yang memenangkan penghargaan, yang menerima Hadiah Utama Aiguille d’Or dari The Grand Prix d’Horlogerie de Geneve. Ini adalah jam tangan paling rumit yang pernah dibuat hingga peringatan 260 tahun pada tahun 2015. Referensi 57260 dikembangkan selama 8 tahun dan menampilkan 57 komplikasi yang mengesankan. Ini adalah jam tangan pemenang penghargaan lainnya, yang diberikan Penghargaan Juri di Grand Prix d’Horlogerie de Geneve.

Sejumlah jam tangan terkemuka lainnya dari Vacheron Constantin telah dirilis dalam dekade terakhir. Les Cabinotiers Celestia Astronomical Grand Complication 3600, misalnya, merupakan desain tahun 2017 dengan 23 komplikasi dan tiga kali yang masing-masing ditenagai oleh rangkaian roda giginya sendiri. Ia memiliki cadangan daya tiga minggu, terbuat dari lebih dari 500 komponen, dan ketebalannya hanya 8,7 mm.

Koleksi Fiftysix adalah contoh penting lainnya dari beberapa tahun terakhir. Koleksi modern ini dirilis pada tahun 2018, memadukan pelat jam klasik dengan casing yang lebih kontemporer, yang mengambil inspirasi dari lambang salib Malta yang digunakan oleh perusahaan tersebut. Koleksi Egerie yang diluncurkan pada tahun 2020 ini merupakan koleksi wanita yang mempertemukan Haute Horlogerie dan Haute Couture.

9. Koleksi dan Karya Vacheron Constantin yang Ikonik

Vacheron Constantin memiliki koleksi jam tangan ikonik yang mengesankan, mulai dari model awal hingga desain yang lebih modern. Jam tangan pertama yang diketahui oleh Jean-Marc Vacheron berasal dari konsepsi bisnis ini pada tahun 1755. Ini adalah satu-satunya jam tangan yang dimiliki oleh perusahaan yang memiliki tanda tangannya dan merupakan contoh standar teknis yang akan diterapkan pada semua jam tangan Vacheron Constantin lainnya.

Contoh lain dalam koleksi ini termasuk jam saku abad ke-19 dengan ukiran dan enamel peta Italia, Chronometre Royal pertama dari tahun 1907, dan jam tangan yang menampilkan bentuk bantal ikonik yang sangat populer di kalangan pelanggan Amerika pada tahun 1920-an.

Saat ini, koleksi yang dijual Vacheron Constantin antara lain Patrimony, Traditionelle, Fiftysix, Overseas, Egerie, Malte, Historiques, Metiers d'Art, dan Heures Creatives. Setiap koleksi memiliki gaya yang berbeda, mulai dari minimalis Patrimony hingga keanggunan feminin Heures Creatives.

Beberapa koleksi terpopuler saat ini adalah koleksi Overseas, Historiques, dan Fiftysix. Koleksi luar negeri diciptakan kembali pada tahun 2016 dan baik desain kronograf maupun pemuntir otomatis sangat layak untuk dikoleksi. Terinspirasi oleh semangat perjalanan, pakaian ini elegan dan nyaman, dengan tali yang dapat diganti. Garis Historiques menafsirkan kembali jam tangan ikonik dari masa lalu, termasuk jam tangan Amerika dan Cornes de Vache 1955. Jam tangan Fiftysix bersifat “modern, elegan, dan santai”, kontras dengan gaya klasik dan modern.

10. Vacheron Constantin Saat Ini

Vacheron Constantin terus memainkan peranan penting dalam dunia horologi. Jam tangan mereka sangat layak untuk dikoleksi, baik jam tangan lama maupun jam tangan baru.

Jam tangan Vacheron Constantin termahal yang terjual mencapai jutaan. Pada tahun 2005, Raja Fouad, yang diberikan kepada Raja Fouad I dari Mesir pada tahun 1929, dilelang seharga CHF 3.306.250. Pada tahun 2011, Pengulang Menit James W. Packard dari tahun 1918 dijual di Christie's di New York seharga $1.762.500. Kalista bertatahkan berlian yang dibuat pada tahun 1979 diperkirakan sekarang bernilai setidaknya $11 juta.

Jam tangan Vacheron Constantin dipakai oleh orang-orang seperti Brad Pitt, Tom Cruise, dan Michael B. Jordan. Historiques 222, yang memulai debutnya pada tahun 2022, terbukti sangat populer. Sebagai edisi ulang desain tahun 1970-an, jam tangan sporty berwarna emas ini mendapat banyak pujian dari para pecinta dan kolektor jam tangan. Versi vintage dari jam tangan yang sama juga populer di kalangan kolektor, namun rilis ulang telah menghidupkan kembali kecintaan terhadap desain khusus ini.

Itulah 10 fakta menarik dari sejarah Vacheron Constantin yang terus berinovasi, termasuk melakukan pembaruan pada koleksi paling ikoniknya. Setiap penggemar jam tangan harus mengetahui apa yang mereka lakukan selanjutnya dan bagaimana mereka terus memberikan dampak besar pada industri ini.

Pilihan Editor: Mengenal 5 Koleksi Arloji Mewah Patek Philippe

LUX HOROLOGY

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."