6 Cara Mengenali Jam Tangan Mewah Palsu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Seorang peserta pameran menampilkan jam tangan otomatis stainless steel Rolex milik Penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, di lelang Christie di Dubai, Uni Emirat Arab, 19 Maret 2018. REUTERS / Satish Kumar

Seorang peserta pameran menampilkan jam tangan otomatis stainless steel Rolex milik Penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, di lelang Christie di Dubai, Uni Emirat Arab, 19 Maret 2018. REUTERS / Satish Kumar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jam tangan mewah palsu menyuguhkan kemiripan yang memancarkan sentuhan kemewahan. Namun, kualitas detail dan usia pakai tak bisa diakali karena pengerjaannya tak dilakukan sang ahli. Untuk mencegah hal itu terjadi, mari kita lihat beberapa cara mengenali jam tangan mewah palsu. 

1. Berat jam tangan

Tanda pertama adalah dengan melihat berat jam tangan. Jam tangan mewah asli terbuat dari bahan padat dan dilengkapi dengan logam mulia serta kualitas baja tahan karat, yang lebih berat daripada komponen dan logam berkualitas rendah yang digunakan untuk membuat jam tangan palsu.

Barang palsu pasti akan terasa ringan dan pembuat jam sering kali menimbang barang yang dicurigai palsu untuk memeriksa keasliannya.

2. Finishing

Merek jam tangan mewah memproses produk dan komponen jam tangan mereka sendiri, mulai dari permesinan, perakitan, dan pengecoran jam tangan, penyelesaian akhir alias finishing jam tangan mereka adalah hal utama yang harus diperhatikan.

Investasi dan perhatian terhadap detail akan menghasilkan hasil akhir yang sempurna dengan penunjuk waktu asli. Jika jam tangan Anda tertinggal dalam beberapa hal, maka itu palsu.

3. Mudah Tergores

Jika tampilan jam terlihat agak kabur di bagian depan, maka itu palsu. Kaca atau kristal mineral berkualitas rendah tidak akan memberi Anda kesempurnaan. Jam tangan ini mudah tergores karena jam tangan mewah asli menggunakan kristal safir yang tahan lama dan anti gores.

Selain itu, lihat jendela tanggal karena pabrikan asli menentukan tanggal tertentu yang mudah dibaca, namun palsu memiliki perbesaran yang lebih lemah dengan angka kecil untuk dilihat.

4. Pergerakan Rumit

Jika pergerakan jarum detik dan menit Anda sedikit licin, maka pahamilah bahwa itu palsu karena merek jam tangan mewah terkenal dengan gerakannya yang halus dan memiliki mekanisme internal yang rumit. Semakin mahal, maka semakin rumit desain dan pengembangannya. 

5. Cetakan dan tulisan

Pelat jam, cetakan, dan tulisan pada jam tangan harus memiliki nada yang mencolok dan bagus. Jika reproduksinya buruk dengan pelat jam yang besar, sementara huruf dan angka yang sangat kecil, maka itu adalah jam tangan mewah palsu. Fokus pada pencetakan nama perusahaan tanpa noda atau hal-hal yang tidak biasa, jika Anda melihat sedikit perubahan maka pahamilah bahwa itu produk palsu.

6. Cek nomor seri

Orang tidak pernah memeriksa nomor seri yang penting karena ini harus menjadi langkah pertama untuk memeriksa keasliannya. Sebab setiap jam tangan unik karena nomor serinya. Anda dapat mencarinya di Google dan memeriksa penempatan nomor seri dan daftar jam tangan. Jika Anda menemukan nomor seri yang sama, maka kemungkinan besar itu palsu. Sebab produk tiruan dibuat secara berkelompok. Jadi, dengan melakukan ini Anda dapat menyelamatkan diri dari pemalsuan.

Itulah sederet cara membedakan jam tangan mewah asli atau palsu.

Pilihan Editor: 5 Alasan Membeli Jam Tangan Mewah, Tak Cuma Investasi

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."