Mengulik Jam Tangan Mewah dan Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai 500 Miliar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Jam tangan Richard Mille/Foto: Instagram/Richard Mille

Jam tangan Richard Mille/Foto: Instagram/Richard Mille

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak ada satu pun ukuran yang jelas untuk menentukan merek jam tangan mewah termahal. Anda dapat melihat harga jam tangan merek termahal, jam tangan paling murah, atau perkiraan harga jual rata-rata. Sebagian besar merek jam tangan termahal di dunia sudah tua dan sudah mapan. Namun, ada juga semakin banyak merek jam tangan independen yang menakjubkan dengan harga mencapai enam digit.

Berikut ulasan jam tangan mewah dan mahal yang dihimpun CANTIKA: 

1. Patek Philippe

Jam tangan antik Patek Philippe "The Asprey" saat akan dilelang di rumah lelang Sotheby di Genewa, Swiss, 7 November 2018. REUTERS/Denis Balibouse

Meskipun semakin banyak perusahaan yang bermain di dunia jam tangan mewah seharga enam digit, harga lelang jam tangan tujuh digit biasanya hanya diperuntukkan bagi sejumlah kecil merek elit. Mengingat bahwa sekitar dua pertiga dari semua jam tangan yang terjual lebih dari satu juta dolar di lelang adalah buatan Patek Philippe, sulit untuk tidak menyebutkannya sebagai yang pertama dalam daftar ini. Kolektibilitas jam tangan Patek Philippe – dari era mana pun – tidak tertandingi di dunia jam tangan mewah.

Hasil akhir Patek Philippe sangat melegenda, dan bahkan baja dasar tiga tangan Nautilus dapat dijual seharga enam digit. Tapi Komplikasi Besar adalah tempat Patek benar-benar bersinar. Menggabungkan komplikasi seperti repeater menit dengan kronograf, kalender abadi dan dalam beberapa kasus bahkan tourbillon, jam tangan Patek Grand Complication modern dapat dengan mudah terjual dengan harga sekitar satu juta dolar. Referensi vintage paling langka mereka bisa lebih dari itu, tapi jam tangan termahal yang pernah dijual adalah Patek modern. Versi baja satu-satu dari Grandmaster Chime mereka, yang dibuat untuk lelang Only Watch 2019, terjual dengan harga CHF 31 juta atau sekitar hampir 500 miliar yang memecahkan rekor.

2. Richard Mille

Jam tangan paling tipis di dunia itu dibanderol dengan harga 1,888 juta dolar AS atau setara dengan 28,2 miliar rupiah. Jam ini diluncurkan secara eksklusif dengan hanya dibuat 150 buah saja. Foto: Richard Mille

Dalam harga jual rata-rata, Richard Mille bisa jadi merupakan merek jam tangan termahal di dunia. Jam tangan Richard Mille yang paling dasar berharga $60.000  atau 942 Juta secara eceran, dan $50.000 atau 785 Juta bahkan tidak cukup untuk mendapatkan jam tangan bekas yang layak. Jam tangan mereka yang dilapisi safir bisa berharga beberapa juta dolar dan merupakan salah satu jam tangan termahal di dunia, namun sebagian besar RM dijual dengan harga $100.000-$350.000 atau 1 hingga 3 Miliar di pasar barang bekas.

Saat ini cukup banyak merek modern yang memproduksi jam tangan dengan harga 2 Miliar, tetapi Richard Mille tampaknya adalah salah satu merek yang paling sering menjual dengan harga tersebut. 

3.  Vacheron Konstantin

Dok.Vacheroncostantin instagram.com

Vacheron Constantin, merek jam tangan tertua di dunia, tidak asing dengan kerumitan tinggi dan penyelesaian akhir yang elit. Jam tangan ini juga merupakan bagian dari “Tritunggal Mahakudus,” sebuah istilah kolektor untuk tiga pembuat jam Swiss paling terkenal dalam sejarah, bersama dengan Patek Philippe dan Audemars Piguet. 

Divisi pesanan ultra-mewah Vacheron Constantin disebut “Les Cabinotiers,” dan tidak ada batasan jumlah kerumitan dan penyesuaian yang dapat Anda minta. Tentu saja, Anda harus rela menunggu bertahun-tahun hingga pekerjaan selesai, dan mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Faktanya, tim Les Cabinotiers dari Vacheron membuat jam tangan paling rumit di dunia untuk klien yang meminta 57 fungsi menakjubkan di jam saku kustomnya. Meskipun mereka tidak mengumumkan harganya secara publik, kemungkinan besar itu adalah harga tertinggi yang ditetapkan pabrikan untuk jam tangan non-perhiasan mana pun dalam sejarah. Namun yang perlu diperhatikan, Vacheron Constantin juga sangat mampu bersaing di dunia jam tangan berpermata.

4. Audemars Piguet

Supermodel Alessandra Ambrosio berpose saat menghadiri pembukaan butik Audemars Piguet Beverly Hills di Beverly Hills, California, 9 Desember 2015. AP Photo

Yang melengkapi Tritunggal Mahakudus adalah Audemars Piguet, yang terkenal dengan lini jam tangan Royal Oak mereka. Didesain oleh desainer jam tangan legendaris Gerald Genta, Royal Oak pada dasarnya menciptakan ide “jam tangan olahraga baja mewah” dan telah sangat populer di kalangan penggemar jam tangan mewah sejak dirilis pada tahun 1972. Royal Oaks antik paling langka dapat dijual seharga tujuh digit. , dan satu-satunya Royal Oak Concept Black Panther terjual lebih dari $5 juta atau 78 Miliar di Only Watch 2019.

5. Philippe Dufour

Merek Philippe Dufour memiliki titik masuk yang jauh lebih tinggi, namun hal tersebut diharapkan terjadi ketika produksi tahunan berada pada satu digit. Beberapa orang akan menganggap Philippe Dufour sebagai pembuat jam tangan paling elit yang masih hidup. Ia dikenal bekerja sendirian di studionya, meski baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-75 pada tahun 2023, ia kini dalam proses mewariskan obor tersebut kepada putrinya.

Pada tahun 1992 Mr. Dufour membuat sejarah horologi dengan menjadi orang pertama yang menciptakan jam tangan dengan fungsi grande sonnerie. Grande sonneries membunyikan jam dan seperempat jam secara otomatis saat terjadi, tidak seperti pengulang menit yang membunyikan waktu sesuai perintah. Grand sonneries memiliki kemampuan untuk beralih antara mode "aktif" dan "senyap", yang secara mekanis sangat rumit untuk dilakukan. Namun merek Dufour mungkin paling terkenal dengan nama yang tepat Simplicity – jam tangan klasik dengan tiga tangan, diselesaikan dengan kualitas setinggi mungkin.

6. F.P. Journe

Didirikan pada tahun 1999, F.P. Merek Journe dengan cepat menjadi pionir dalam dunia jam tangan independen kelas atas. Pada tahun 2010 atau lebih, perbincangan di kalangan pecinta jam tangan semakin kuat. Itu bukan sekadar merek jam tangan mewah seperti Breguet. Banyak peminat yang merasa François-Paul Journe meningkatkan standar jam tangan mewah dalam hal desain kreatif serta perhatian terhadap detail. Journe dikenal menggunakan mesin jam emas 18 karat padat pada banyak referensi.

Produksi Journe mungkin sekitar 1.000 jam tangan per tahun, dan masing-masing jam tangan tidak mengalami kesulitan untuk terjual. Chanel kini memiliki 20% saham perusahaan tersebut, namun sebagian besar masih mempertimbangkan F.P. Jadilah seorang yang “mandiri”. Jam tangan mereka yang paling terkenal adalah Chronomètre Bleu “entry-level”. Ketika merek ini menjadi sangat populer sekitar tahun 2018-2021, harga pasar meroket dari sekitar $20.000 atau 314 Juta menjadi lebih dari $100.000 atau 1 Miliar. 

Pilihan Editor: Sejarah Rolex, Merek Jam Tangan Mewah Asal Swiss yang Didirikan Tahun 1905

LUXURY BAZAAR 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."