Ketahui 4 Manfaat Pedicure dan Efek Sampingnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perawatan kuku atau manikur pedikur. di-via.ru

Ilustrasi perawatan kuku atau manikur pedikur. di-via.ru

IKLAN

Efek Samping Pedicure

Pedicure yang dilakukan di kondisi tidak sehat dapat menimbulkan sejumlah dampak kesehatan seperti berikut.

1. Infeksi

Risiko utama pedicure adalah kondisi tidak sehat yang dapat menyebabkan infeksi. “Ada banyak penelitian yang mendokumentasikan terjadinya infeksi akibat perawatan pedikur, mulai dari infeksi virus, jamur, dan/atau bakteri,” kata Park.

Studi-studi tersebut menyebutkan masalah dalam menjaga sanitasi yang memadai di antara klien, penggunaan kembali peralatan yang tidak dimaksudkan untuk digunakan kembali, dan kekhawatiran terhadap pemotongan kulit secara agresif, yang akan memungkinkan mikroorganisme masuk dan kemudian menyebabkan infeksi.

2. Sebabkan Jamur atau Kutil

Pedikur juga dapat menularkan bakteri jika alat dan bahannya tidak dibersihkan dengan benar/ Bottiglione mencatat bahwa Anda harus memastikan air bersih dan peralatan digunakan serta didesinfeksi dengan benar di antara setiap klien saat mencari tempat untuk melakukan pedicure. Jika tidak, Anda mungkin berisiko terkena kutil atau jamur.

Park mencatat bahwa tidak ada penelitian yang menyebutkan kemungkinan risiko-risiko ini, namun tetap ada baiknya untuk pergi ke tempat yang mempunyai reputasi baik.

3. Eksfoliasi Berlebihan

Betapapun hebatnya melakukan eksfoliasi pada kaki, jika dilakukan secara berlebihan bisa menimbulkan masalah. “Jika Anda melakukan eksfoliasi terlalu banyak, bisa membuat kulit menjadi sensitif, sehingga menimbulkan rasa sakit saat berjalan,” Bottiglione memperingatkan.

Jika Anda khawatir akan melakukan eksfoliasi kaki secara berlebihan, Anda dapat mencoba metode rumahan yang lembut. Untuk pengelupasan kulit kaki yang lebih ringan, mulailah dengan asam glikolat aktif yang tidak dinetralkan, saran Bottiglione.

"Oleskan krim asam glikolat aktif yang tidak dinetralkan sebelum tidur untuk membersihkan kaki, dan kenakan kaus kaki agar krim tidak mengenai seprai atau menyebabkan Anda terpeleset. Ini membantu mengelupas kulit dan memperbaiki tekstur," katanya

Orang-orang yang Harus Menghindari Pedicure

Meskipun dilakukan di tempat yang aman memiliki banyak manfaat, namun pedicure bukanlah pilihan yang tepat untuk semua orang. Penderita diabetes seringkali tidak cocok, karena sirkulasi yang buruk adalah salah satu efek samping paling umum dari kondisi ini. Bahkan jika Anda bukan penderita diabetes, jika Anda memiliki masalah sirkulasi darah, maka menghindari pedikur adalah pilihan terbaik.

Selain itu, siapa pun yang memiliki luka aktif atau luka di kaki yang sedang dalam masa penyembuhan sebaiknya tidak melakukan pedikur. Karena hal itu dapat memperburuk cedera Anda dan berpotensi menyebabkan infeksi pada diri sendiri atau orang lain. Terakhir, pedikur mungkin tidak cocok untuk siapa pun yang pernah menjalani amputasi di area tersebut.

Jika Anda mempunyai alasan untuk khawatir mengenai apakah pedicure cocok untuk Anda atau tidak, bicarakan dengan ahli penyakit kaki Anda untuk mendapatkan sarannya. Sebagai dokter spesialis kaki, mereka harus memiliki pemahaman paling komprehensif tentang apa yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan terhadap kaki. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kulit Anda, karena mereka juga memiliki keahlian yang berguna, terutama yang berkaitan dengan kulit Anda.

Pilihan Editor: 8 Langkah Mudah Manjakan Kaki ala Pedikur di Rumah

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."