5 Cara Praktis Cegah Bau Kaki, Termasuk Rutin Pedikur

ragam

5 Cara Praktis Cegah Bau Kaki, Termasuk Rutin Pedikur

Kamis, 19 September 2019 09:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaBau kaki salah satu masalah yang dikhawatirkan dan bisa menganggu penampilan. Bilamana melepas alas kaki saat bertandang ke rumah atasan atau sanak keluarga, tentu bau kaki adalah hal yang paling tidak diinginkan. Beragam penyebab bau kaki mulai dari tingkat perawatannya yang dilalaikan, kurangnya sirkulasi udara di alas kaki hingga beberapa kebiasaan pemakaian alas kaki yang memicu kelembapan tinggi.

Agar bau kaki tidak menjadi masalah untuk Anda, aplikasikan lima tips berikut seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Pilih jenis sepatu dan atur pemakaiannya

Cari sepatu yang memungkinkan kaki Anda bernapas. Jika Anda memakai sepatu yang sama setiap hari, sebaiknya Anda perlu mengubah kebiasaan ini. Keringat di sepatu bisa terus melekat di sana. Untuk itulah pentingnya mengistirahatkan sepatu minimal selama sehari. Mulailah menggonta-ganti pemakaian sepatu Anda, jangan pakai sepatu yang sama selama hari kerja, contohnya.

2. Pentingnya pemakaian kaus kaki

Jika Anda melewatkan kaus kaki saat mengenakan sepatu maka hal ini bisa memicu bau kaki. Meskipun itu bagian dari tren, tidak mengenakan kaus kaki bisa membuat kulit Anda terkena bakteri dan kelembapan. Jadi pastikan Anda tidak pernah melewatkan kaus kaki saat memakai sepatu olahraga, sneakers, hingga slip on. Selain rutin pakai kaus kaki, perhatikan pula penggantian kaus kaki dua hari sekali.

3. Rutin cuci kaki

Begitu sampai di rumah, pastikan Anda mencuci telapak dan jari kaki. Biasakan pula setiap pagi hari, setelah mandi, keringkan kaki hingga ke celah-celah jari dengan handuk lembut. Sebab kondisi lembap rentan yang menempel di sela-sela jari memicu kemunculan bakteri di kulit kaki.

4. Selipkan kegiatan pedikur

Pernahkah Anda menunda pedikur? Kulit kering dan kulit mati bisa mengembangkan bakteri saat lembap. Jadi, luangkan perawatan kaki seminggu sekali untuk menghilangkan kulit yang mengeras, menjaga kesehatan kaki hingga menangkal bau tak sedap.

5. Berendam di cuka sari apel

Jika Anda merasa kaki lebih bau dari biasanya, Anda harus berendam sesekali. Cobalah rendam kaki di larutan air dan cuka sari apel yang membantu membunuh bakteri di kaki. Rendam telapak kaki hingga pergelangan kaki selama 10-15 menit. Lakukan sekali dalam seminggu untuk menghilangkan bau kaki.