8 Langkah Mudah Manjakan Kaki ala Pedikur di Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi Kaki indah. moulsinc.com

Ilustrasi Kaki indah. moulsinc.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak hanya wajah, rambut dan badan, bagian tubuh lainnya yang juga membutuhkan perawatan adalah kaki. Sepanjang hari, kita duduk, berjalan dan berdiri dengan kaki, sehingga membuat warna kulitnya berubah menjadi kusam, kasar dan banyak sel kulit mati.

Baca juga: Lakukan 6 Gerakan Berikut agar Kaki Kuat dan Ramping

Padahal menjaga kebersihan dan kesehatan kaki sangat penting agar tidak menimbulkan penyakit. Jadi, tidak ada salahnya sesekali memanjakan kaki dengan melakukan pedikur. Namun, tanpa perlu ke salon, kamu pun dapat melakukan pedikur di rumah. Melansir laman Boldsky, berikut langkah-langkah pedikur yang dapat dilakukan di rumah. 

#1. Bersihkan kutek dengan nail remover
Jika kuku kaki diwarnai dengan kutek, bersihkan terlebih dulu. Gunakan nail remover yang berkualitas baik agar tidak merusak enamel kuku. Pakai kapas untuk membersihkan kutek.

#2. Rendam kaki dengan air hangat suam kuku
Setelah kuku bersih dari kutek, rendam kaki didalam baskom berisi air hangat kuku yang sudah diberi sampo bayi atau sabun cair. Diamkan selama 15 menit.

#3. Bersihkan kulit mati
Lalu, angkat kaki dan bersihkan seluruh bagian kaki dengan batu apung, terutama di bagian tumit untuk membersihkan sel kulit mati dan kulit kapalan. Jika tidak ada batu apung dapat menggunakan sikat kaki.

#4. Bersihkan kotoran kuku
Setelah sel kulit mati bersih, gunakan pemotong kuku dan potong kuku sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Setiap kuku selesai dipotong gunakan spatula lalu bersihkan kotoran di dalam bagian kuku.

#5. Gunakan 4 alat pedikur lainnya
Jika kotoran sudah bersih dari kuku, selanjutnya gunakan 4 alat pedikur lainnya, yaitu cuticle pusher, alat untuk membersihkan sel kulit mati, pisau cukur dan filer. Cuticle pusher untuk membersihkan dan merapikan kutikula, lalu bersihkan sel kulit mati. Pisau cukup sebagai alternatif jika mempunyai bulu kaki yang panjang. Filer untuk membentuk kuku.

#6. Scrub kaki
Langkah selanjutnya adalah scrub kaki. Awali dengan merendam kaki ke dalam air. Buat scrub untuk kaki yang terbuat dari romat, besan, cendana. Campur tepung besan dan cendana dalam jumlah yang sama, dan tomat yang sudah dipotong-potong. Jika terlalu sulit menggunakan tomat, kamu dapat menggunakan gula, garam dan madu.

#7. Masker kaki
Setelah scrub selesai bersihkan kaki dengan air hangat kuku, lalu gunakan masker. Ada dua masker yang berkhasiat mencerahkan kulit kaki. Pertama masker dengan bahan gula, bubuk kopi, lidah buaya dan jeruk nipis. Sedangkan yang kedua dengan bahan tepung beras, madu, perasan kentang dan jeruk nipis. Anda dapat memilih salah satu, lalu oleskan pada kaki dan diamkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air hangat kuku, dan keringkan.

#8. Krim kaki
Langkah terakhir gunakan petroleum jelly atau krim kaki untuk melembapkan. Selain itu, Anda dapat juga mewarna kuku kembali dengan kutek untuk mempercantik kuku kaki.

 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."