Tips Perawatan Kuku, Manfaat untuk Kesehatan dan Langkah Membersihkannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kuku. Freepik.com/Valuavitaly

Ilustrasi kuku. Freepik.com/Valuavitaly

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Manicure dan pedicure merupakan perawatan kuku yang biasa dilakukan terutama kaum hawa untuk memperindah dan mempercantik kuku. Manicure adalah perawatan yang dilakukan khusus untuk bagian tubuh tangan dan kuku termasuk memotong kuku, mendorong kembali kutikula, merendam dan memijat, perawatan kulit, penghapusan dan pengaplikasian cat kuku. 

Pedicure sebenarnya mirip dengan manicure tetapi untuk bagian kaki perbedaanya ialah terletak pada perawatan kulitnya, karena kaki mengalami efek yang lebih besar seperti keausan, scrub yang lebih kasar dan pelembap intens digunakan untuk mengembalikan rasa lembut.

Ternyata tidak hanya memperindah tampilan namun manicure dan pedicure juga memiliki dampak terhadap kesehatan tubuh. Berikut dampak manicure dan pedicure bagi kesehatan:

1. Perawatan Kulit 

Tangan beresiko terkena kotoran dan bakteri lebih besar dibanding bagian tubuh lainnya kecuali wajah. Bagian kulit kaki yang sering kita ajak berjalan sepanjang hari dapat menyebabkannya terkena kapalan atau kondisi kulit tidak merata lainnya. 

Proses manicure akan mengelupas kulit dan menggantikannya dengan sel kulit yang baru. Selain itu bakteri dan kotoran yang menempel di kulit juga akan ikut terangkat. Jenis perawatan ini juga dapat mengurangi kerutan, dan menjaga kulit tetap halus serta mengatasi kekeringan berlebihan. Melakukan manicure dan pedicure secara rutin juga dapat mengurangi penyakit kuku, kuku tumbuh ke dalam, dan masalah kuku lainnya.

2. Rileksasi dan Memperlancar Aliran Darah 

Pemijatan di area kaki dan tangan saat proses perawatan manicure dan pedicure akan membuat tubuh merasa lebih rileks. Selain itu juga, sirkulasi darah ke ekstremitas dapat meningkat. 

3. Mencegah Infeksi Jamur

Jamur seringkali menginfeksi kaki saat mengalami kelembapan berlebih. Proses infeksi oleh jamur melalui proses hingga beberapa waktu ia baru akan terlihat. Dengan melakukan pedicure infeksi jamur akan lebih cepat terdeteksi meski baru dalam tahap awal. Sehingga pengobatannya pun akan lebih mudah. Dengan melakukan pedicure menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehtan jari-jari kaki anda.

4. Meredakan Nyeri 

Proses yang terjadi  berlangsung selama perawatan manicure dan pedicure seperti perendaman dengan air hangat dan pemijatan tangan dan kakitidak hanya akan membuat rileks namun juga meredakan nyeri otot .

5. Menghilangkan Stres

Proses pijatan pada manicure dan pedicure dapat membuat orang merasa rileks. Rileksasi akan membantu mengatasi ketegangan. 

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan gaya cat kuku terbaru akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang.Cat kuku yang dibuat melalui proses manicure dan pedicure akan lebih lama bertahan. Keuntungan lain dari perawatan ini adalah caranya yang sehta dan menenangkan. 

Ilustrasi merawat kuku. Freepik.com/Valuavitaly

Manicure dan dan pedicure biasanya dilakukan di salon atau klinik kecantikan. Namun ternyata dapat juga dilakukan di rumah. Langkah yang dilakukan untuk perawatan pedicure pertama-tama kamu dapat menyiapkan sejumlah peralatan yang dibutuhkan sesuai dengan perawatan yang ingin dilakukan. Sebelum digunakan pastikan alat-alat tersebut bersih dan steril. Kamu bisa menbersihkannya dengan merebus atau merendamnya di air alKohol, lalu keringkan.

Siapkan juga beberapa bahan lainnya seperti cairan pemebrsih, tisu, sarung tangan siliKon, tempat merendam kaki, handuk ntangan, lulur kaki, sikat kuku, ember, penghapus cat kuku, kapas penyangga kikir kuku, kikir kaki atau batu apung, minyak kutikula, krim kaki, dan bahan-bahan penting untuk cat kuku seperti lapisan dasar, pewarna, dan lapisan atas.

Langkah-langkah Melakukan Manicure dan Pedicure

Sebelum melakukan pedicure pastikan Anda tidak mengalami luka terbuka, pendarahan, atau infeksi. 

1.     Bersihkan cat yang menempel pada kuku

2.     Potong Kuku sesuai yang diinginkan

3.     Kikir kuku dan ratakan pinggirannya

4.     Eksfoliasi bagian tumit kaki yang kering dan tebal dengan alat pengikir

5.     Rendam kaki di dalam air hangat selama 15 menit dengan perendam kaki atau bisa juga digantikan dengan bahan alami caranya masukan beberapa kantong the, irisan lemon dan madu.

6.     Oleskan minyak penghilang kutikula atau kondisioner rambut dan rendam kembali kaki sebentar. Minyak kutikula, dapat juga menggunakan minyak apapun yang ada di dapur

7.     Gosok kaki secara menyeluruh dari ruas-ruas jari dan sela-sela jari menggunakan sarung tangan silikon.

8.     Cuci kaki dan gosok kuku kaki menggunkan sikat kuku dengan air bersih lalu keringkan.

9.     Pijat kaki gunakan ibu jari dengan cara menekan-nekannya.

10.  Gosok kuku agar terlihat lebih berkilau dan haluskan bagian tepinya. Gunakan juga penghapus cat kuku untuk membersihkan sisa krim di kuku kaki.

11. Aplikasikan kembali cat kuku yang ingin Anda gunakan

Sementara untuk melakukan manicure dan pedicure di rumah ada 7 langkah-langkah yang dapat dilakukan.Tahapan- tahapannya yaitu membersihkan kuku, memotong, dan membentuk kuku, menggosokkan minyak kutikula, merendam kuku, menggosok kulit mati, melembapkan dan memijat kuku dan mempercantik kuku.

Pilihan Editor: Mengenal French Manicure, Tren Manikur yang Popular di Kalangan Selebriti Hollywood

HEALTH AND STYLE |  MERIDIAN | VOGUE | SUBLIMELIFE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."