Ketahui 4 Manfaat Pedicure dan Efek Sampingnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perawatan kuku atau manikur pedikur. di-via.ru

Ilustrasi perawatan kuku atau manikur pedikur. di-via.ru

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pedikur atau pedicure bisa menjadi aktivitas yang menenangkan dan menyegarkan, baik Anda pergi sendiri atau bersama teman. Menggosok kaki dan mengecat kuku kaki juga bisa terasa seperti tindakan perawatan diri. Namun seperti perawatan kecantikan lainnya, ada sederet manfaat pedicure dan risikonya untuk kesehatan tubuh menurut dokter kulit.

Apa itu Pedicure?

Pedicure adalah perawatan profesional untuk kaki Anda yang terutama bersifat kosmetik, berfungsi untuk mengembalikan jari-jari kaki Anda ke kondisi paling murni. Ini mirip dengan manikur, tetapi untuk kaki Anda, bukan tangan Anda. Pedicure standar umumnya disebut pedicure klasik atau dasar, dan masih banyak jenis lainnya. Berikut beberapa pedicure paling umum di bawah ini:

Pedicure klasik/dasar: Pedicure jenis ini mencakup dasar-dasarnya, mulai dari membersihkan kaki saat mandi hingga menggosok dan memijatnya, hingga sentuhan akhir cat kuku pada kuku kaki Anda.

Pedicure spa: Perawatan jenis ini biasanya mencakup layanan yang sama dengan pedikur klasik, tetapi dengan perawatan tambahan pada kaki seperti pijatan antioksidan atau pijatan ekstra panjang.

Pedicure olahraga: Juga dikenal sebagai pedikur atletik, pedikur ini memiliki tujuan yang lebih fungsional bagi para atlet, seperti pengelupasan kulit mati.

Pedicure tanpa air: Pedikur jenis ini tidak termasuk merendam kaki seperti biasa, melainkan menggunakan handuk panas untuk membersihkan kaki.

Pedicure medis: Pedikur medis adalah variasi yang lebih klinis yang mungkin ideal jika Anda memiliki kekhawatiran khusus yang ingin Anda atasi dengan pengalaman dan/atau layanan khusus yang tidak ditawarkan oleh pedikur biasa.

Pedicure khusus: Ada juga pedikur yang berpusat pada bahan tertentu yang dapat Anda rendam atau rawat kaki Anda, seperti coklat dan parafin. Ini akan bervariasi berdasarkan masing-masing spa, jadi jika Anda tertarik pada jenis tertentu, pastikan untuk meneliti di mana spa tersebut tersedia.

Ketika memilih jenis pedikur, dokter kulit merekomendasikan yang paling penting adalah memilih salon atau spa yang telah memiliki ulasan yang baik dan berlisensi penuh.

“Seseorang harus memilih salon yang memenuhi persyaratan perizinan,” ucap dokter kulit bersertifikat Justine Park dikutip dari Byrdie, Selasa, 26 Maret 2024.

"Misalnya di California, salon kuku dan teknisi kuku secara hukum diwajibkan untuk mendapatkan lisensi dari California Board of Barbering and Cosmetology. Periksa situs web dewan untuk informasi lisensi terkini. [Juga], ada sejumlah rekomendasi yang dibuat dewan mengenai apakah suatu perusahaan atau ahli manikur menggunakan praktik yang aman," katanya.

Manfaat Pedicure

Melakukan pedicure bisa menjadi pengalaman yang menyegarkan dan positif. Di bawah ini adalah beberapa manfaat pedicure yang membuktikan bahwa kaki Anda akan lebih dari sekadar rileks dan terawat.

1. Pengelupasan sel kulit mati

Banyak pedicure yang menyertakan layanan pengelupasan sel kulit mati di kaki Anda. Jika Anda mencari efektivitas maksimal, pilihlah pedicure dengan pengelupasan kimiawi.

“Untuk kulit yang tebal dan kering seperti kapalan di kaki Anda, gunakan konsentrasi asam salisilat yang kuat dan tidak dinetralkan untuk mengobati kapalan,” ucap dokter kulit bersertifikat Richard Bottiglione.

"Menggunakan eksfoliator fisik seperti scrub tidak banyak membantu; terkadang dapat membantu melembutkan kulit. Eksfoliator kimia seperti asam salisilat atau asam glikolat lebih baik untuk merawat kulit kering karena dapat menembus cukup dalam untuk mendorong pengelupasan kulit yang dalam," katanya.

2. Mengurangi Infeksi

Asalkan kondisinya sebersih mungkin, melakukan pedicure berpotensi membantu Anda mencegah infeksi kaki atau kuku kaki.

“Pedikur sangat membantu karena membantu menjaga kebersihan kulit dan kuku, sehingga dapat mengurangi infeksi,” kata Bottiglione.

Jika Anda rentan terhadap infeksi kaki, mengambil langkah aktif untuk mencegahnya seperti membersihkan kaki Anda secara profesional melalui pedicure dapat bermanfaat.

3. Kuku Lebih Sehat

Sangat masuk akal jika membiarkan seorang profesional memotong dan merawat kuku kaki Anda dapat membantunya tetap dalam kondisi prima. “Pedicure dapat membantu mengurangi berkembangnya bakteri dengan menjaga [kuku] tetap bersih dan terawat,” kata Bottiglione.

4. Bantu Melancarkan Peredaran darah

Meskipun pedikur tidak dapat secara spesifik meningkatkan sirkulasi di kaki Anda, tindakan memijat kaki secara keseluruhan bermanfaat untuk sirkulasi, sama seperti pijatan lainnya. Jika Anda ingin melancarkan sirkulasi darah sebagai manfaat pedikur Anda, pilihlah pijatan lebih lama atau lebih dalam, seperti spa atau pedikur atletik.

Di halaman selanjutnya, ada sederet efek samping pedicure dan orang-orang yang wajib menghindari perawatan kaki ini

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."