5 Manfaat Mendengarkan Musik di Pagi Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan mendengarkan musik. Pixabay.com/sweetlouise

Ilustrasi perempuan mendengarkan musik. Pixabay.com/sweetlouise

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rutinitas pagi menentukan suasana untuk sepanjang hari itu. Sejumlah orang menyeruput kopi atau teh sebagai rutinitas pagi, sementara beberapa lainnya memilih mendengarkan musik di pagi hari. Ternyata mendengarkan musik di awal hari memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh dan mental. Apa saja itu? Dari meningkatkan mood hingga fokus sepanjang hari. Yuk, kita tilik bersama selengkapnya.

1. Meningkatkan Mood

Penelitian telah menunjukkan pengaruh kuat musik terhadap pengendalian suasana hati atau mood. Anda dapat meningkatkan suasana hati dan mengembangkan pandangan positif untuk hari ini dengan mendengarkan musik yang ceria atau menenangkan di pagi hari.

Musik dapat membangkitkan semangat dan menghilangkan kesedihan di pagi hari, baik itu musik instrumental yang menenangkan Anda atau salah satu lagu energik favorit Anda.

2. Meredakan Stres

Selain meningkatkan suasana hati, musik memiliki efek menenangkan yang juga mengurangi stres. Hormon stres, kortisol, dapat diturunkan dan suasana pikiran rileks dapat diwujudkan dengan mendengarkan musik yang menenangkan.

Istirahat menyenangkan dari kesibukan sehari-hari bisa didapatkan dari mendengarkan musik di awal hari yang akan membantu Anda menghadapi hari dengan lebih tenang.

3. Meningkatkan Fokus dan Produktivitas

Mendengarkan musik juga meningkatkan fungsi kognitif, fokus, dan konsentrasi. Anda dapat meningkatkan produktivitas dan ketajaman mental dengan memainkan musik instrumental atau menenangkan saat Anda menjalani ritual pagi. Musik yang tepat dapat membantu Anda tetap fokus dan terlibat dalam tugas-tugas penting seperti bersiap berangkat kerja, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas sepanjang hari.

4. Menambah Energi

Secara alami Anda mungkin merasa lebih berenergi dan bersemangat dengan mendengarkan musik yang ceria dan mengasyikkan. Memutar musik upbeat di pagi hari dapat meningkatkan detak jantung, mempercepat metabolisme, dan melepaskan neurotransmiter yang membuat Anda merasa nyaman seperti dopamin. Karya musik yang hidup atau lagu pop bisa membuat Anda merasa lebih penuh perhatian, bersemangat, dan siap menghadapi tantangan di hari itu

5. Memicu Inspirasi dan Kreativitas

Anda dapat mendorong kreativitas dan memicu imajinasi Anda di pagi hari dengan memaparkan diri  pada berbagai genre dan gaya musik. Baik Anda seorang penulis, artis, atau pemilik bisnis, mendengarkan musik di pagi hari dapat merangsang kreativitas, menghasilkan ide-ide baru, dan mendorong inovasi.

Tertarik mendengarkan musik sebagai rutinitas pagi, Sahabat Cantika?

Pilihan Editor: 6 Manfaat Musik untuk Anak, Baik untuk Perkembangan Otak hingga Menghargai Keberagaman

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."