9 Rutinitas Pagi agar Lebih Fokus Sepanjang Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan sedang merancang jadwal di buku agenda. Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Ilustrasi perempuan sedang merancang jadwal di buku agenda. Foto: Freepik.com/rawpixel.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita semua pernah mengalami hari-hari di mana rasanya sulit fokus pada apa yang dikerjakan. Menjadi produktif itu sulit ketika pikiran pergi ke jutaan arah yang berbeda, membuat tidak dapat fokus pada apa yang ada di depan. Jika hal itu sedang terjadi pada Anda, psikoterapis dan pekerja sosial klinis berlisensi, Gary Weidman merekomendasikan sederet rutinitas pagi agar lebih fokus sepanjang hari, mulai dari bangun di waktu yang sama setiap hari, merencanakan kegiatan hingga batasi penggunaan gawai.

1. Bangun pada Waktu yang Sama Setiap Hari

Tidur malam yang nyenyak merupakan salah satu modal fokus untuk hari yang akan datang. Ingatlah, waktu bangun di pagi hari sama pentingnya dengan saat Anda tidur di malam hari, dan konsistensi adalah kuncinya.

"Mempraktikkan kebiasaan kebersihan tidur yang baik meningkatkan kemungkinan Anda bangun dengan energi segar untuk menjalani hari," kata Weidman yang juga praktisi di Meritus Behavioral Health, Amerika, dikutip dari Live Strong.

Maka dari itu, dia menyarankan waktu tidur dan bangun yang konsisten untuk memulai fokus Anda pada hari itu.

Menurut Gunderson Health System, bangun pada waktu yang sama setiap hari membuat ritme sirkadian berfungsi lebih produktif. Itu adalah jam 24 jam internal tubuh Anda, menurut National Institutes of Health.

Ritme sirkadian yang selaras dapat membantu Anda merasa lebih waspada di siang hari dan merasa lebih baik secara keseluruhan.

2. Buat Rencana Kegiatan

Buatlah jadwal kegiatan di buku agenda atau kalender elektronik untuk meningkatkan fokus pada apa yang ingin Anda capai.

"Pikirkan apa tugas prioritas untuk hari itu dan apa yang perlu Anda lakukan untuk menyelesaikannya, dan tulis ini jika diperlukan," kata Weidman.

"Anda akan merasa tidak terlalu terburu-buru dan lebih mampu fokus pada tantangan hari ini."

3. Jangan Terburu-buru

Bersantailah di pagi hari dan hindari terburu-buru keluar rumah jika Anda bisa. "Beri diri Anda banyak waktu di pagi hari untuk menyiapkan pikiran dan tubuh Anda untuk hari itu," kata Weidman. "Terburu-buru membuat itu sulit."

Rutinitas pagi yang lambat dapat membantu Anda merasa membumi untuk hari itu dan mempertahankan fokus serta produktivitas. Cobalah bangun cukup pagi untuk sarapan, bergerak, dan memiliki sedikit waktu tenang sebelum memulai bekerja. 

4. Makan Sarapan Sehat

Ada alasan mengapa sarapan sering disebut sebagai waktu makan terpenting di hari itu. Sarapan yang sehat dapat memberikan gizi otak Anda agar tetap tajam dan harus mencakup protein, karbohidrat kompleks, sedikit lemak dan buah atau sayur.

Beberapa resep sarapan sehat untuk fokus yang lebih baik meliputi:

- Oatmeal dengan buah segar dan kacang (atau selai kacang)

- Roti gandum panggang dengan pugasan atau topping alpukat dan salmon asap

- Orak-arik telur dengan roti gandum dan buah

"Lebih sulit untuk tetap fokus jika kita tidak memiliki bahan bakar yang seimbang, bergizi, dan tahan lama," kata Weidman.

"Hindari junk food dan banyak karbohidrat sederhana di pagi hari yang meningkatkan gula darah. Itu bisa menyebabkan penurunan gula darah, yang pada gilirannya memengaruhi energi dan fokus," lanjutnya.

Dengan kata lain, meskipun nyaman, Anda harus melewatkan kue atau sereal manis.

5. Minum Kafein Secukupnya

Minum kopi atau teh adalah rutinitas pagi yang populer, dan selama Anda tidak mudah cemas, kafein dalam jumlah sedang dapat bermanfaat untuk fokus dan konsentrasi, menurut Weidman.

Menurut laporan Desember 2015 di ‌‌Practical Neurology‌, minum kopi atau minuman berkafein lainnya dapat menyebabkan sentakan kewaspadaan. Dalam jumlah sedang, kopi dapat membantu Anda fokus dan melawan kelelahan.

Pedoman Diet untuk orang Amerika menyarankan minum tidak lebih dari 400 miligram kafein sehari, itu sekitar tiga hingga lima cangkir kopi tergantung seberapa kuat Anda membuat kopi.

Waktu terbaik untuk minum kopi agar lebih fokus adalah menjelang pagi, sekitar satu jam setelah Anda bangun. Pada saat ini, kadar kortisol tubuh Anda (yang secara alami naik di pagi hari untuk membantu Anda memulai) sudah mencapai puncaknya, jadi Anda akan siap untuk peningkatan energi. Plus, memberi tubuh Anda banyak waktu untuk memetabolisme kafein, sehingga tidak akan memengaruhi tidur Anda di malam hari.

Rutinitas pagi selanjutnya agar lebih fokus sepanjang hari adalah mendapatkan sinar matahari hingga batasi penggunaan gawai.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."