6 Risiko Makan Telur Setiap Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi putih dan kuning telur. pixabay.com/Baljeet Singh

Ilustrasi putih dan kuning telur. pixabay.com/Baljeet Singh

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kaya vitamin, mineral, dan protein berkualitas tinggi, telur merupakan sumber makanan padat gizi yang digemari banyak orang. Meski demikian, sejumlah orang bisa mengalami risiko jika makan telur setiap hari, mulai dari kolesterol meningkat hingga alergi. Berikut penjelasannya.

1. Kolesterol Meningkat

Makan banyak telur dapat meningkatkan kolesterol Anda karena telur mengandung kolesterol tinggi. Telur kaya gizi, namun kuning telurnya tinggi lemak. Peningkatan kolesterol dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan berkembangnya penyakit kardiovaskular. Respons individu berbeda-beda, dan variabel penting mencakup keputusan gaya hidup, makanan, dan kecenderungan genetik.

2. Menghambat Penyerapan Biotin

Putih telur mengandung protein yang disebut avidin, yang memiliki kemampuan mengikat vitamin B biotin dan mengurangi penyerapannya. Memasak putih telur mengubah sifat avidin, menurunkan kapasitasnya sehingga menghambat penyerapan biotin.

3. Berisiko untuk Jantung

Telur memiliki banyak lemak jenuh selain lemak bermanfaat. Mengonsumsi banyak telur, terutama jika digoreng dengan lemak berlebih, dapat meningkatkan konsumsi lemak jenuhnya, sehingga berdampak buruk bagi kesehatan jantung sebagian orang.

4. Alergi

Makan telur setiap hari dapat memicu reaksi alergi pada individu tertentu yang mengalami intoleransi terhadap telur. Alergi telur dapat menyebabkan reaksi yang kurang signifikan seperti gatal-gatal atau reaksi yang lebih berbahaya seperti anafilaksis. Mereka yang alergi terhadap telur sebaiknya menjauhi telur sama sekali.

5. Masalah Pencernaan

Makan telur setiap hari dapat menyebabkan sakit perut pada individu tertentu. Kondisi tersebut bisa mencakup gangguan pencernaan, gas, dan kembung. 

6. Risiko Kontaminasi

Mengonsumsi telur mentah atau setengah matang setiap hari bisa membuat Anda lebih rentan tertular Salmonella. Telur harus dimasak sepenuhnya untuk mengurangi risiko tersebut, terutama bagi kelompok rentan seperti ibu hamil, anak kecil, orang lanjut usia, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Pilihan Editor: Sederet Bahaya Makan Telur Mentah yang Perlu Kamu Tahu, Kata Dokter

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."