Cara Memilih Telur yang Baik, Menurut Dokter Gizi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi telur. Sumber: iStock/foxnews.com

Ilustrasi telur. Sumber: iStock/foxnews.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Telur salah satu bahan makanan favorit masyarakat Indonesia. Selain lezat dan mudah diolah dengan cara apa pun, telur juga kaya gizi dari protein, vitamin, folat, dan kolin. Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, pilihlah telur yang baik dan berkualitas. Cangkang telur yang bersih dan tidak retak adalah salah satu cara memilih telur yang baik, menurut Dokter Spesialis Gizi dr. Marya Haryono.

“Kalau dibanding-bandingkan juga kadang kita nggak bisa tahu. Tapi pilihlah telur yang bersih, tidak ada retakan,” kata Marya saat dijumpai di acara konferensi pers “Hero Supermarket Dukung Gerakan Telur Bebas Kandang” di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Kamis, 13 April 2023.

Mengapa cangkang telur begitu penting? Karena telur itu gampang terkontaminasi.

"Belum lagi isinya vitamin dan protein dominannya. Itu wadah yang baik sekali untuk perkembangan bakteri dan kuman. Makanya cangkangnya harus utuh, nggak boleh ada retaknya,” imbuhnya.

Perbedaan Telur Baru dan Lama

Lebih lanjut, dokter yang juga tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) itu menjelaskan perbedaan telur yang masih baru dengan yang sudah lama diproduksi.

Dia mengatakan, telur yang sudah lama diproduksi saat dipecahkan memiliki kondisi kuning telur yang sudah tidak utuh.

“Ciri-ciri telur yang sudah diproduksi terlalu lama, ketika dipecahkan kuningnya nggak utuh. Nah ini masih bisa diproduksi, tapi kualitasnya dan rasanya juga lebih turun dari yang segar,” terangnya.

Baca juga: Kamu Suka Menyantap Telur? Begini Cara Ideal Menikmati Kelezatannya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."