Perdana Debat Pemilu 2024 Dipandu Dua Moderator Perempuan, Begini Curhat Zilvia Iskandar

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kiri) Potret persiapan Zilvia Iskandar dan Retno Pinasti sebagai moderator debat keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024. Foto: Instagram/@zilviaiskandar

(dari kiri) Potret persiapan Zilvia Iskandar dan Retno Pinasti sebagai moderator debat keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024. Foto: Instagram/@zilviaiskandar

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Debat keempat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024 pada Minggu malam nanti akan dipandu dua moderator perempuan, yakni Zilvia Iskandar dan Retno Pinasti. Terpilihnya kedua pembawa berita senior itu mencatatkan sejarah untuk kali pertama debat Pemilu 2024 dipandu dua moderator perempuan. Dari riwayat sebelumnya, debat capres maupun cawapres dipandu satu moderator (laki-laki/perempuan) atau dua moderator yang terdiri dari pria dan wanita.

Dipercaya dan diberi kesempatan berharga ini, Zilvia Iskandar pun mengucap syukur dan merasa terhormat. Dia ungkapkan rasa itu lewat akun media sosialnya.

"Untuk pertama kalinya, debat pemilu 2024 akan dipandu dua perempuan. Sebuah kehormatan bisa mewakili @metrotv dan berpasangan dengan mbak @retnopinasti," tulisnya di Instagram satu jam lalu.

"Semoga debat keempat calon wakil presiden pemilu 2024 berjalan lancar ya. Bantu doanya teman-teman," harapnya.

Di unggahan itu, Zilvia juga menyertakan dua foto kebersamaan dia dan Retno Pinasti. Di slide foto pertama, keduanya terlihat asyik berdiskusi dalam posisi duduk bersebelahan. Zilvia tampak memakai blazer putih beraksen list hitam dan kancing depan keemasan. Sementara itu, Retno memakai baju hitam bercorak putih dihiasi bros di bagian atasnya.

Di slide foto kedua, Zilvia terlihat tersenyum sambil mengatupkan kedua telapak tangannya dalam posisi berdiri. Dan, Retno yang duduk di samping kirinya terlihat tersenyum. Sepertinya itu momen perkenalan di masa karantina jelang debat cawapres 2024.

Dalam kolom komentar unggahan tersebut, Zilvia banyak menerima dukungan, semangat, dan doa termasuk dari rekan pembawa berita senior. "So proud of you," tulis Sheila Purnama. "You go, girls!" kata Wahyu Wiwoho.

Mengenal Zilvia Iskandar

Zilvia Iskandar adalah seorang pewarta berita yang lahir pada 2 Februari 1990 di Jakarta. Dia merupakan lulusan dari Binus University pada program studi Sastra Inggris. Di kampus itu, Zilvia adalah salah satu alumni terbaik Binus University 2012 yang lulus dengan predikat summa cumlaude.

Melansir dari laman resmi Binus, Zilvia memulai kariernya di dunia penyiaran ketika bergabung di Metro TV pada 2012 silam. Saat itu, dia mengikuti Journalist Development Program angkatan ke-8 dan menjalani pelatihan selama dua bulan. Setelah itu, dia pun ditugaskan sebagai reporter dan meliput di lapangan.

Sembilan bulan bertugas sebagai reporter, Zilvia pun dipercaya untuk menjadi presenter di Metro TV. Dia memiliki program pertamanya yang berjudul "Headline News" dan "Metro Malam". Dia juga menjadi pemandu acara di program "Investigasi Metro TV", "News Story Insight (NSI)".

Selama bertugas sebagai pembawa berita, Zilvia telah memenangkan sejumlah penghargaan. Di antaranya adalah Best Presenter dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2017 dan BINUS Alumni Recognition Award 2019.

Dia juga pernah menjadi nominasi untuk kategori Best News Presenter or Anchor Asian Television Awards 2020 dan Best Current Affairs Presenter Asian Television Awards 2019. Selain itu, Zilvia Iskandar juga merupakan Dayang Belitung Timur 2006 dan Dayang Bangka Belitung 2007. Itu merupakan gelar untuk duta wisata dari Kepulauan Bangka-Belitung.

Pilihan Editor: Profil Anisha Dasuki yang Mengulang Kembali Jadi Moderator Debat Capres

INSTAGRAM | TEMPO.CO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."