Profil Anisha Dasuki yang Mengulang Kembali Jadi Moderator Debat Capres

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Anisha Dasuki/Foto: Instagram/Anisha Dasuki

Anisha Dasuki/Foto: Instagram/Anisha Dasuki

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) August Mellaz, menyatakan telah menetapkan dua moderator yang akan memandu debat capres kedua di Istora Gelora Bung Karno pada Ahad, 7 Januari 2024. Dua moderator tersebut, yakni Anisha Dasuki dan Ariyo Ardi.

"Yang akan menjadi moderator pada pelaksanaan debat ketiga nanti ada Anisha Dasuki dan Aryo Ardi," kata August di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Januari 2024.

Pernah Menjadi Moderator Debat Capres 2019

Nama Anisha Dasuki sebenarnya tidak asing lagi dalam dunia pemilu Indonesia. Dia tercatat pernah menjadi moderator dalam debat Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Timur pada 2018, Pemilihan Bupati Morowali 2018, Debat Terbuka Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018, dan Debat Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

Tak hanya itu, presenter di stasiun televisi iNews itu juga sempat menjadi pemandu debat capres pada Pilpres 2019. Saat itu, Anisha yang berpasangan dengan Tommy Tjokro dipercaya menjadi moderator debat putaran kedua pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. 

Dirangkum dari berbagai sumber, Anisha Dasuki  tercatat sebagai alumnus Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Ia mulai masuk ke dunia jurnalistik dengan bergabung di stasiun televisi Metro TV. Anisha membawakan sejumlah program berita seperti Headling News, 8-11 Show, Wideshot, dan Metro Malam. 

Melalui akun sosial media instagramnya (@anishadasuki), menandai diri sebagai pembawa berita atau news anchor di stasiun televisi iNews. Di sana, ia mengawal beberapa program seperti Talk to iNews, iNews Petang dan iNews Room.

Di tengah aktivitasnya sebagai jurnalis, wanita lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Katolik Parahyangan 2009 ini kadang didaulat untuk memandu acara di luar program tv.

Sementara Ariyo Ardi adalah Pemimpin Redaksi Global TV. Ariyo juga merupakan salah satu jurnalis televisi senior yang sempat menjadi pembaca berita di stasiun televisi SCTV pada 2007. Dia hengkang ke MNC grup pada 2011 dan sempat menjadi produser di RCTI dan iNews. 

11 Panelis Sudah Bersedia dan Penambahan Tema

Selain dua moderator, August mengatakan KPU juga sudah menentukan 11 nama panelis. Belasan panelis itu nantinya akan menyusun pertanyaan yang akan dijawab para capres.  "Kami sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaan dari sebelas orang panelis debat ketiga nanti," kata August.

August juga menyatakan bahwa debat capres kedua ini mengalami sedikit penambahan tema. Empat tema yang sudah ditentukan sebelumnya, bertambah menjadi enam. Enam tema tersebut adalah meliputi isu pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

"Kemarin kan posisinya empat tema, pertahananan dan keamanan, tetap menjadi tema tersendiri, kemudian hubungan internasional kami expand (perluas) dengan globalisasi, geopolitik sebagai isi tersendiri kami expand dengan politik luar negeri," tutur August.

Debat capres pada Ahad 7 Januari 2024 merupakan yang ketiga dalam rangkaian debat Pilpres 2024.  Debat pertama diikuti Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo pada 12 Desember 2023.Debat kedua pada 22 Desember lalu diikuti oleh para cawapres: Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud Md. 

Pilihan Editor: Debat Capres, Beda Gaya Moderator Ira Koesno dan Anisha Dasuki

IHSAN RELIUBUN | FEBRIYAN 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."