Mengulik Gaya Fashion Para Cawapres di Panggung Debat: Safari Look, Kemeja Simpel, dan Pin One Piece

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Foto kombinasi gaya ketiga Calon Wakil Presiden (dari kiri) Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD saat tiba di lokasi debat keempat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024. Debat keempat Cawapres mengangkat tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. TEMPO/M Taufan Rengganis

Foto kombinasi gaya ketiga Calon Wakil Presiden (dari kiri) Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD saat tiba di lokasi debat keempat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024. Debat keempat Cawapres mengangkat tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. TEMPO/M Taufan Rengganis

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Debat calon wakil presiden atau cawapres yang menghadirkan Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming, dan Mahfud MD telah sukses digelar pada Ahad, 21 Januari 2024 di JCC, Jakarta.

Selain materi debat dan gimik, gaya fashion para cawapres juga menuai perhatian publik, berikut ulasannya: 

1. Muhaimin Iskandar 

Calon wakil presiden nomor urut Muhaimin Iskandar tampil kompak dengan setelan kemeja putih dan celana panjang hitam.  Setelan kemeja putih dan celana panjang hitam sudah menjadi ciri khas paslon Anies-Muhaimin. Malam itu, Muhaimin menggulung lengan bajunya sampai ke siku, yang memberikan kesan santai, tetapi terlihat formal dan serius.

Penampilan Muhaimin dengan kemeja putih yang digulung merupakan hal baru karena pada debat cawapres sebelumnya, pria yang disapa Cak Imin itu selalu mengenakan setelan jas hitam lengkap dengan peci atau sarung yang dipakai di pundaknya. 

2. Gibran Rakabuming 

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024. ANTARA/M Risyal Hidayat

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menghadiri debat keempat mengenakan kemeja biru langit yang menjadi ciri khas dia dan calon presiden Prabowo Subianto dengan tambahan pin dari anime "One Piece".

Gibran memasuki arena debat di Jakarta Convention Center dengan baju andalan biru langit dan lengan digulung. Pada kemeja Gibran terdapat pin berlogo bendera "One Piece", yang merupakan salah satu kartun kesukaannya, dilengkapi dengan sepatu sneaker bernuansa putih hitam untuk menegaskan kesan anak muda.

Hal berbeda terlihat saat Gibran melakukan debat dengan dua calon wakil presiden lainnya yakni Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD. Dia menambah aksesoris pakaiannya dengan memakai jaket berwarna biru langit dengan kombinasi warna abu-abu di bagian pundak.

Selain itu juga ada ornamen bulat spiral berwarna oranye di bagian dada kanan dan tulisan nomor urut 2 Prabowo-Gibran di sebelah kiri. Jaket tersebut menjadi penampilan baru Gibran setelah pada debat sebelumnya hanya mengenakan setelan kemeja biru.

3. Mahfud MD 

Pasangan calon wakil presiden Mahfud MD kembali tampil beda dari kedua paslon lainnya yakni memakai setelan safari bertema pecinta alam. Mahfud bergaya khas pecinta alam yakni kemeja tactical outdoor berwarna khaki dan hijau dilengkapi syal  la pendaki yang diikatkan di sekeliling leher bertuliskan "Sat Set Tas Tes Selesai!" yang ditunjukkan saat memasuki arena debat. Pada sesi selanjutnya, Mahfud juga menambahkan rompi bergaya safari look warna cream. 

Kemeja pecinta alam yang diproduksi khusus oleh jenama Hoya Fields asal Bandung dipilih oleh paslon Ganjar-Mahfud karena keterkaitannya pada isu-isu ekonomi hijau dan biru yang diusung paslon tersebut.

Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN), Karaniya Dharmasaputra menyebut tema pakaian pasangan nomor urut tiga ini karena keseharian Ganjar dan Mahfud yang tak lelah turun ke lapangan untuk dekat dengan masyarakat.

"Kemeja buatan jenama lokal ini juga merepresentasikan keseharian Ganjar-Mahfud yang dekat dengan rakyat, tak pernah lelah untuk turun ke lapangan dan menyerap energi rakyat Indonesia," katanya dalam keterangan yang diterima, Minggu.

Lebih lanjut Karaniya mengatakan, penampilan a la pecinta alam ini selaras dengan visi Ganjar Mahfud untuk mewujudkan negara maritim yang adil dan lestari dan mempercepat perwujudan lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui ekonomi hijau dan biru.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, dan debat ketiga 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan para cawapres. Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Pilihan Editor: Intip Gaya Fashion Para Cawapres di Panggung Debat: Jas Klasik, Sarung, dan Busana Adat

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."