6 Resolusi Perawatan Kulit Terbaik Tahun 2024, Fokus pada Nutrisi dan Hidrasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perawatan Wajah/Canva Premium

Ilustrasi perawatan Wajah/Canva Premium

IKLAN

3. Penggunaan Vitamin A

Vitamin A adalah bahan terpenting dalam menjaga kesehatan kulit secara optimal. Retinol, turunan vitamin A, mengatasi masalah seperti garis halus, kerutan, hiperpigmentasi, dan jerawat. Vitamin esensial ini bekerja dengan melekatkan dirinya pada sel-sel kulit, menormalkan fungsinya, dan meremajakannya agar berperilaku seperti versi dirinya yang lebih muda dan sehat.

Meskipun vitamin A merupakan pengobatan yang terbukti dapat mengatasi penuaan kulit, vitamin A hadir dalam formulasi yang sangat ampuh yang dapat menyebabkan reaksi yang tidak diinginkan. Masalah ini lebih terlihat pada retinoid berkekuatan maksimum seperti tretinoin khusus resep, sedangkan retinoid lain seperti retinol dan retinol palmitat tidak terlalu menyebabkan iritasi.

Saya selalu menyarankan untuk memulai secara perlahan dan secara bertahap meningkatkan penggunaan vitamin A untuk menghindari potensi iritasi. Cacay Oil+A kami adalah cara terbaik untuk memberikan Retinol pada jari-jari kaki Anda karena memungkinkan kulit Anda menyesuaikan diri dengan bahan aktifnya.

4. Fokus pada Rutinitas Perawatan Kulit Malam Hari

Rutinitas perawatan kulit malam hari yang lengkap memperkuat dan mempersiapkan kulit Anda melawan pengaruh lingkungan keesokan harinya. Oleh karena itu, perawatan kulit Anda mungkin terbilang minim saat Anda bangun di pagi hari.

Saat Anda tidur, kulit Anda menyerap produk 60% lebih efektif dibandingkan siang hari. Malam hari adalah mode pemulihan saat sel-sel kulit beregenerasi, sedangkan siang hari, kulit bekerja melindungi Anda. Dengan menggunakan produk berbahan aktif dan mempersiapkan kulit di malam hari, Anda dapat memanfaatkan proses peremajaan alami tubuh secara maksimal.

Rutinitas dasar malam hari mencakup pembersih, toner/esensi, serum, krim mata, dan pelembab. Namun perawatan yang lebih menyeluruh mungkin terdiri dari masker wajah, terapi LED, atau pijat menggunakan alat pijat tiga hingga empat malam dalam seminggu. Produk dan alat yang Anda gunakan semuanya bergantung pada kebutuhan kulit Anda pada hari itu.

5. Fokus pada hidrasi dan nutrisi 

Saya telah menggunakan pendekatan holistik terhadap perawatan kulit sejak awal saya belajar, namun saya tetap perlu memasukkan hidrasi dan nutrisi yang tepat sebagai resolusi perawatan kulit setiap tahun untuk mengingatkan klien saya (dan saya sendiri) bahwa kulit yang sehat berasal dari dalam. Karena lebih merupakan gaya hidup daripada metode, saya percaya bahwa pendekatan perawatan kulit harus dilakukan dalam jangka panjang, mengatasi akar penyebab masalah kulit, bukan hanya perbaikan di permukaan saja.

Stres dan kondisi kulit juga saling terkait erat. Tingginya kadar kortisol, hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal sebagai respons terhadap stres, dapat berdampak signifikan pada kulit. Ketika kadar kortisol tetap meningkat secara konsisten, yang sering terjadi selama stres kronis, hal ini memicu serangkaian peristiwa di dalam tubuh, yang paling signifikan adalah peradangan, yang memperburuk masalah kulit yang sudah ada dan menjadi katalisator munculnya masalah baru.

Dengan memprioritaskan teknik manajemen stres yang efektif dan membatasi penyerang eksternal, kita dapat menjaga vitalitas dan kecerahan kulit kita dengan lebih baik.

6. Pahami kebutuhan kulit Anda

Produk perawatan kulit dan perubahan gaya hidup adalah satu hal, namun hasil sebenarnya datang dari pemahaman akan kebutuhan spesifik kulit Anda. Hindari mendengarkan influencer yang menjual produk secara online untuk mendapatkan bayaran memposting tentang suatu produk yang kemudian tidak pernah mereka gunakan lagi. Perumus produk sebenarnya akan memahami produk dan cara menggunakannya.

Jika Anda tidak memahami bahan-bahan dalam produk, mintalah saran. Mereka yang benar-benar memformulasikan suatu produk, bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan, melakukan pengujian dapat memberi saran kepada Anda tentang perawatan rutin, atau masalah kulit yang lebih rumit seperti tanda-tanda penuaan, jerawat, atau bahkan produk yang tepat untuk digunakan untuk hiperpigmentasi.

Anda tentu tidak ingin menebak-nebak kapan Anda menggunakan produk perawatan kulit yang ampuh, dan dengan pendidikan ahli, Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang cara mempertahankan hasil dan mengatasi masalah kulit apa pun dari rumah.

Kunci kulit sehat tidak terletak pada perbaikan yang cepat, tetapi datang dengan niat, kesabaran, dan gaya hidup sehat.

Pilihan Editor: 5 Kesalahan Perawatan Kulit saat Musim Dingin yang Perlu Dihindari

NAYA GLOW | TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."