Mengulik Pentingnya Air Anolyte untuk Menjaga Higienitas Produksi Pangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Dalam produksi Re.juve, seluruh buah, sayur, dan rempah dicuci dengan anolyte water dan dibilas dengan air reverse osmosis. Foto: Dok. Re.juve

Dalam produksi Re.juve, seluruh buah, sayur, dan rempah dicuci dengan anolyte water dan dibilas dengan air reverse osmosis. Foto: Dok. Re.juve

IKLAN

CANTIKA.COM, Tangerang - Menjadi suatu langkah yang penting bagi perusahaan makanan dan minuman untuk selalu menjaga higienitas pangan yang akan diolah dalam proses produksi. Namun nyatanya, memakai air bersih biasa saja tidak cukup untuk membunuh mikroorganisme yang masih menempel pada bahan. Menurut Kepala Keamanan dan Kualitas Makanan Re.juve, Lolita Sukisna penggunaan air anolyte atau anolyte water berperan penting membersihkan bahan produksi dari mikoorganisme jahat.

“Menggunakan air anolyte adalah salah satu cara Re.juve untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan bahan sebagai bentuk menjaga keamanan produk,” ujar Lolita dalam kunjungan media ke True Cold Pressed Facilty Re.juve di Cikupa, Tangerang, Rabu, 29 November 2023.

Menurut Lolita, air anolyte adalah air yang telah dimodifikasi menjadi sanitizer yang dapat membunuh virus dan bakteri. Karakteristik anolyte berbeda dengan air lainnya yang memiliki fungsi membersihkan, karena anolyte water mengandung Hypochlorous Acid (HOCl) yang memiliki efektivitas tinggi dalam membersihkan.

Manfaat lain menggunakan air anolyte adalah dapat membersihkan makanan dengan aman karena tidak mengandung zat korosif atau menghancurkan. Mengingat sifatnya mudah terdegradasi, pemakaian air anolyte lebih ramah untuk lingkungan dan membantu pengurangan pemakaian air.

Selain ramah lingkungan, air anolyte juga merupakan alat sanitasi yang food grade sehingga aman jika terminum, tidak mengandung racun yang dapat membuat iritasi kulit, juga aman untuk perlengkapan produksi tanpa adanya kontaminasi.

“Setelah mempelajari dan melakukan penelitian mendalam, kami melakukan inovasi terbaru yaitu dengan penggunaan anolyte untuk pencucian bahan baku, hingga sanitasi perlengkapan produksi," ujar CEO dan President Director Re.juve.

Dengan beralih kepada air anolyte, Re.juve dapat melakukan proses produksi dengan cara yang lebih ramah lingkungan dengan berkurangnya penggunaan air.

Pilihan Editor: Rayakan Ulang Tahun ke-53, Ajinomoto Ajak Media Keliling Pabrik di Karawang

ANNISA YASMIN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."