Melihat Lebih Dekat Dapur Re.juve di Cikupa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Tim Food Safe & Quality Re.juve menjelaskan langkah-langkah dalam menghasilkan produk Re.juve. Foto: Dok. Re.juve

Tim Food Safe & Quality Re.juve menjelaskan langkah-langkah dalam menghasilkan produk Re.juve. Foto: Dok. Re.juve

IKLAN

CANTIKA.COM, Tangerang - Di akhir November silam, Cantika bersama rekan media lainnya bertandang ke 'dapur' Re.juve di Cikupa, Tangerang. Melihat secara langsung kegiatan produksi jus buah atau sayur di True Cold-Pressed Facility merupakan pengalaman berarti. Di sana bisa melihat lebih dekat implementasi standar keamanan pangan yang dilakukan Re.juve dalam menghasilkan produk.

Terlebih lagi, kini Re.juve merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang mengantongi sertifikasi Manajemen Keamanan Pangan ISO 22000:2018. International Organization for Standardization atau ISO 22000:2018 adalah standar internasional mengenai keamanan pangan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan.

Perjalanan menuju Cikupa dari Jakarta membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam tergantung kondisi kepadatan lalu lintas atau tidak. Sebelum memasuki gedung area produksi atau pabrik, setiap orang wajib mencuci tangan mengenakan sabun, kemudian kami menuju lantai dua gedung yang merupakan kantor Re.juve untuk mendapat pengarahan memasuki pabrik.

Hal yang Diperhatikan sebelum Masuk Pabrik

Pabrik Re.juve berada di lantai satu dengan pintu masuk yang berada di luar gedung. Sebelum masuk, Kepala Keamanan dan Kualitas Makanan Re.juve, Lolita Sukisna meminta kami memakai Alat Pelindung Diri atau APD yang meliputi masker, jas lab, pelindung kepala, dan sepatu boots, lalu melepas aksesori yang terpasang di badan kecuali kacamata resep.

Demi keamanan selama memasuki pabrik, Lolita meminta kami untuk tidak membawa ponsel ke dalam pabrik dan menyerahkan dokumentasi kepada fotografer yang ikut bersama kami.

Seperti yang disinggung sebelumnya, pintu pabrik berada di luar gedung, kami berjalan menyusuri jalanan kecil dengan dinding dan pagar melindungi beberapa bak air besar yang terletak di sana.

“Tangki ini berisi air anolyte yang kami gunakan untuk membersihkan buah-buahan dan sayuran,” jelas Lolita sambil berjalan di Tangerang, Rabu, 29 November 2023.

Kebersihan dan sanitasi sangat diutamakan sebelum memasuki area produksi Re.juve. Foto: Dok. Re.juve

Ruang Sterilisasi

Sesampainya di depan pintu, terdapat sebuah ruangan kecil untuk sterilisasi siapa saja yang akan memasuki area produksi. Satu ruangan hanya bisa dimasuki oleh dua orang, sehingga rombongan yang terdiri dari belasan orang ini harus masuk secara bergantian.

Ruangan sterilisasi terdiri atas wastafel cuci tangan dan kolam kecil untuk membersihkan sepatu boot dari sisa tanah luar yang menempel. Sebelum masuk ke pabrik terdapat area disinfektan yang hanya bisa dimasuki satu orang.

Ketika tiba giliran memasuki ruangan ini, Cantika merasakan angin dari lubang yang terdapat di kedua sisi ruangan. Angin itu berembus selama kurang lebih 30 detik, lalu pintu keluar dapat dibuka setelah terdengar bunyi ‘tuk’.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."