Hari Cuci Tangan Sedunia 2023, Sharena Delon Ingatkan Kebiasaan Cuci Tangan di 5 Momen Penting Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Sharena Delon/Foto: Instagram/Sharena Delon

Sharena Delon/Foto: Instagram/Sharena Delon

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan celebrity mom, Sharena Delon dan putranya Ryshaka Dharma Situmeang turut memperingati momen Hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh pada 15 Oktober 2023. Ditemui Cantika di acara Lifebuoy Edukasi Anak Indonesia untuk SIAGA Lindungi Diri Dari Penyakit dengan Cara yang Menyenangkan, Sharena dan putranya ingatkan kembali pentingnya cuci tangan di lima kondisi berikut ini. 

"Dimulai sebelum makan, setelah bermain, setelah batuk atau bersin, setelah dari toilet, dan mau masuk ke dalam rumah," ucap Shaka saat ditemui di Jakarta, Sabtu, 14 Oktober 2023.  "Anak kecil saja tahu, kalau orang dewasa enggak tahu keterlaluan," seloroh Sharena. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang diwakili oleh drg.Widyawati selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI menyatakan peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia merupakan momentum merayakan kebiasaan sederhana yang memiliki dampak luar biasa pada kesehatan dan kehidupan kita. 

"Cuci tangan pakai sabun tidak mengenal batas dan bersifat global sebagai panggilan kepada seluruh umat manusia untuk bersatu dalam upaya nyata mengurangi jumlah penyakit, menghentikan penyebaran wabah, dan memastikan masa depan yang lebih sehat untuk generasi mendatang," ucap Widyawati. 

Di Hari Cuci Tangan Sedunia 2023, Lifebuoy memberikan edukasi anak Indonesia untuk SIAGA lindungi diri dari penyakit dengan cara yang menyenangkan di Jakarta, Sabtu, 14 Oktober 2023/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Untuk itu, Lifebuoy menghadirkan kemeriahan perayaan "Hari Cuci Tangan Sedunia 2023" di Cilandak Town Square pada 14-15 Oktober 2023 melalui sebuah playground berupa kastil interaktif yang mengajak anak bermain sambil berpetualang melawan kuman melalui beberapa tantangan seru. 

Lifebuoy juga memperkenalkan empat board game yang membantu anak mengatasi kejenuhan melakukan CTPS dengan membuat edukasi mencuci tangan pakai sabun lebih mengasyikkan dan menjadi bagian dari permainan sehari-hari. Nantinya, board game ini akan didistribusikan secara gratis ke lebih dari 1.000 Sekolah Dasar yang terlibat di dalam Program Sekolah Sehat Unilever Indonesia untuk mendorong perubahan perilaku CTPS di lima momen penting di sekolah. 

Selain permainan yang dilakukan secara langsung, Lifebuoy juga melihat bahwa saat ini tren bermain telah mengarah ke ranah digital. Kini 89,3 persen anak Indonesia menggunakan ponsel atau gadget, dan 75,34 persen menggunakannya untuk hiburan, termasuk bermain game online . 

Menanggapi tren tersebut, Lifebuoy turut menghadirkan tokoh Non-Player Character (NPC) LIFEBUOY di salah satu game online yang paling digemari anak Indonesia, yaitu Roblox. Di dalam game ini, NPC Lifebuoy siap berinteraksi dengan para pemain untuk mengingatkan mereka melakukan CTPS di lima Momen Penting.

Keseluruhan kegiatan dan fasilitas yang dihadirkan di Hari Cuci Tangan Sedunia 2023 ini merupakan bagian dari kampanye SIAGA (SIap Amankan KeluarGA) yang terdiri dari tiga pilar utama: 

1. SIAGA Melindungi: Komitmen Lifebuoy untuk melahirkan rangkaian inovasi produk yang dapat secara efektif melindungi keluarga Indonesia dari kuman. Inovasi yang terbaru adalah Lifebuoy dengan Multivitamin yang 100 persen lebih kuat melawan kuman berbahaya

2. SIAGA Mengedukasi: Lifebuoy secara konsisten menyebarluaskan edukasi mengenai pentingnya CTPS di lima momen penting melalui berbagai program, termasuk peringatan "Hari Cuci Tangan Sedunia" setiap tahunnya

3. SIAGA Memfasilitasi: Menyediakan berbagai fasilitas yang mendekatkan masyarakat pada akses informasi dan layanan kesehatan

"Semoga melalui rangkaian aktivitas dan permainan seru dari Lifebuoy dapat mendorong anak-anak menjadi agen perubahan untuk menerapkan CTPS di 5 Momen Penting. Kedepannya, Lifebuoy akan terus menggencarkan kampanye SIAGA melalui berbagai program dan fasilitas yang akan membantu keluarga Indonesia terhindar dari berbagai risiko penyakit - karena siaga lebih baik daripada mengobati," tutup Erfan.

Pilihan Editor: Hari Cuci Tangan Sedunia, Bukan Hanya Berlaku Saat Pandemi COVID-19

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."