Rumus Kepemimpinan Direktur Capital Market BNI Sekuritas Vera Ongyono, Memahami Nasabah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Direktur Institutional BNI Sekuritas Vera Ongyono/Foto: Doc. Pribadi

Direktur Institutional BNI Sekuritas Vera Ongyono/Foto: Doc. Pribadi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Keterlibatan perempuan dalam berbagai industri semakin jadi sorotan, termasuk dalam industri pasar modal. Keberagaman gender dipercaya dapat memberikan nilai tambah yaitu mewakili bagian masyarakat yang lebih inklusif, sekaligus mendorong generasi muda bahwa adanya ketersediaan akses dan keberhasilan di industri pasar modal bagi perempuan.

Berdasarkan Sensus Perempuan dalam Tim Kepemimpinan Eksekutif di Perusahaan IDX200  tahun 2022 hanya 15 perempuan dari peran Executive Leadership Team (ELT) dipegang oleh perempuan pada tahun 2021. Angka ini tetap tidak berubah sejak 2019. 

Padahal menurut survei International Labour Organization pada 12.940 perusahaan di 70 negara menunjukkan dua pertiga dari perusahaan Asia-Pasifik (termasuk 77 persen dari 416 perusahaan berbasis di Indonesia) setuju bahwa inisiatif kesetaraan dan keberagaman gender di tempat kerja meningkatkan kinerja bisnis, beberapa diantaranya yaitu peningkatan produktivitas dan profitabilitas, peningkatan kreativitas, inovasi, dan resiliensi yang lebih baik serta peningkatan reputasi perusahaan.

Hal ini pun dirasakan oleh PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) dimana per Juli 2023, BNI Sekuritas melaporkan kenaikan sebesar 181 persen YoY pada revenue bisnis Institutional Equity (IE). Salah satu sektor bisnis BNI Sekuritas yang dipimpin oleh seorang perempuan sejak tahun 2021. Kesuksesan ini mencerminkan strategi cerdas yang diterapkan oleh Direktur Capital Market BNI Sekuritas Vera Ongyono. 

Tim Solid hingga Memahami Nasabah 

Selain memiliki tim yang solid dan kompeten di bidangnya, Vera berbagi bahwa inti dari bisnis yang berhasil dan sukses adalah memahami apa yang dibutuhkan nasabah. Pemahaman yang baik akan kebutuhan nasabah menjadi jalan awal terciptanya solusi unggul yang relevan. 

"Implementasi strategi yang dilakukan termasuk membentuk tim riset yang kuat agar dapat memberikan rekomendasi investasi terbaik bagi Nasabah dan melakukan transformasi proses bisnis untuk memastikan kemudahan bertransaksi guna meningkatkan kepuasan Nasabah," jelas Vera melalui siaran pers kepada Cantika, Selasa, 12 September 2023. 

Dalam memimpin sektor bisnis Institutional di BNI Sekuritas, Vera bersama BNI Sekuritas selalu memastikan penerapan Good Corporate Governance (Tata Kelola Perusahaan) karena bisnis Institusi merupakan bisnis kepercayaan yang dibangun melalui hubungan yang baik selama bertahun-tahun.

Vera melanjutkan bahwa penerapan manajemen risiko yang mendalam oleh setiap individu pada perusahaan sangat diperlukan untuk melindungi kepentingan Nasabah dan nilai perusahaan dalam jangka panjang. Mengambil keputusan berdasarkan data analisis juga dapat membantu menghindari keputusan impulsif dan mendukung strategi bisnis yang lebih baik.Inovasi dan adaptasi yang cepat serta tepat terhadap setiap perubahan pasar, misalnya pengkinian teknologi menjadi hal berikutnya yang dianggap penting. 

"Kita harus terbuka terhadap ide-ide baru yang datang dari setiap karyawan, tren yang sedang ramai dibicarakan publik ataupun masukkan dari setiap nasabah. Kita perlu mendengarkan mereka sehingga wawasan kita akan selalu bertambah. Nantinya kita dapat memilah-milah mana ide yang relevan untuk bisa diimplementasikan. Kami memastikan penerapan market best practice di BNI Sekuritas agar perusahaan mampu bersaing dengan kompetitor," ucap Vera.

Tentunya, hal terakhir yang dianggap Vera penting adalah kesetaraan dan keberagaman gender. Berdasarkan Laporan Tahunan & Laporan Keberlanjutan Perusahaan tahun 2022, presentasi antara laki-laki dan perempuan di BNI Sekuritas yaitu 62 persen laki-laki dan 38 persen perempuan. 

"Meskipun perjalanan menuju kesetaraan masih berlangsung, perbedaan yang tidak terlalu jauh membuat saya yakin terhadap keseriusan tiap pelaku usaha di industri ini. Menciptakan lingkungan kerja yang inklusif adalah langkah positif yang patut diacungi jempol. Saya harap saya dan perempuan-perempuan lain yang telah lama berkecimpung di industri pasar modal dapat menjadi inspirasi bagi mereka yang baru ingin terjun."

Sebagai informasi, Bursa Efek Indonesia juga berkomitmen dalam mendukung kesetaraan gender yang utuh dan mewujudkan perempuan berdaya dan berkarya melalui program 'Ring the Bell for Gender Equality' pada Maret 2023 lalu.

Pilihan Editor:bPengalaman Seru Ika Puspitasari Menjabat sebagai Wali Kota Mojokerto Perempuan Pertama

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."