Penderita Diabetes Boleh Makan Mangga, Simak 9 Aturannya dari Pakar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah mangga segar. shutterstock.com

Ilustrasi buah mangga segar. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Para ahli kesehatan memperingatkan bahwa gula alami dalam mangga dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah terutama bagi pasien diabetes. Meski demikian, penderita diabetes boleh makan mangga. Menurut Shilpa Joshi, Kepala Nutrisi Metabolik di Fitterfly, India, mangga dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang oleh penderita diabetes yang terkontrol dengan baik, selama mereka mengetahui jumlah dan waktu yang tepat.

“Penting untuk dicatat bahwa rasa manis dan indeks glikemik mangga bervariasi, jadi disarankan untuk membatasi asupan Anda menjadi 2-3 potong sekaligus. Hal ini akan mencegah lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba setelah makan," jelas Shilpa Joshi, dikutip dari Hindustan Times, Sabtu, 9 September 2023.

Dianjurkan juga menikmati mangga sebagai camilan bersama kacang-kacangan daripada menggabungkannya dengan makanan tinggi karbohidrat seperti nasi, rotis, atau puris.

Saran Shilpa Joshi juga diamini Dr Sachin Chittawar (Endokrinologi) di DocTube dan Ahli Endokrinologi di Bhopal. "Penderita diabetes boleh makan mangga dalam jumlah sedang. Bisa makan sepotong mangga setiap hari,” imbuhnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut aturan makan mangga bagi penderita diabetes menurut Nina Figueiredo, Ahli Diet Klinis dan Konsultan Obesitas di Loop.

1. Konsumsi secukupnya

Mangga secara alami manis. Makanlah secukupnya untuk menghindari lonjakan gula darah yang tidak perlu. Satu buah mangga ukuran sedang cukup untuk satu porsi bagi penderita diabetes.

2. Makan Mangga dengan Serat

Padukan mangga dengan makanan tinggi serat. Hal ini dapat membantu memperlambat penyerapan gula dan mengatur kadar glukosa darah.

3. Hindari Makan Mangga dengan Karbohidrat

Hindari karbohidrat olahan saat makan mangga untuk mencegah terjadinya gula ganda.

4. Makan Buah Mangga Segar Ketimbang Jus

Bagi penderita diabetes lebih baik konsumsi mangga segar daripada jus. Mengingat jus kekurangan serat dan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dengan cepat.

5. Jangan Campur dengan Makanan Tinggi Gula

Hindari konsumsi mangga dengan makanan tinggi gula lainnya untuk menjaga keseimbangan pola makan.

6. Jangan Makan Mangga saat Perut Kosong

Bagi penderita diabetes, hindari makan mangga saat perut kosong karena dapat meningkatkan kadar gula darah.

7. Pantau Kadar Gula Darah

Pantau kadar gula darah Anda secara teratur usai makan mangga. Langkah tersebut untuk memastikan mangga yang dikonsumsi dalam porsi yang tepat.

8. Pertahankan Olahraga Teratur

Aktivitas fisik teratur sangat penting untuk menyeimbangkan lonjakan gula yang mungkin timbul akibat konsumsi mangga.

9. Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan atau ahli diet sebelum melakukan perubahan pola makan yang signifikan, termasuk makan mangga bagi penderita diabetes.

Pilihan Editor: 5 Alasan Harus Makan Mangga, Baik untuk Kesehatan Mata, Jantung, dan Usus

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."