5 Alasan Harus Makan Mangga, Baik untuk Kesehatan Mata, Jantung, dan Usus

Ilustrasi buah mangga segar. shutterstock.com

kesehatan

5 Alasan Harus Makan Mangga, Baik untuk Kesehatan Mata, Jantung, dan Usus

Senin, 21 Maret 2022 10:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah kamu bahwa mangga berasal dari India. Buah dengan nama latin mangifera indica itu sudah tumbuh lebih dari 5.000 tahun lampau. Kemudian biji mangga tersebut dibawa ke ke Timur Tengah, Afrika Timur, dan Amerika Selatan pada awal 300 hingga 400 SM. 

Dari segi rasa, mangga adalah buah manis alami dan sedikit asam. Buah ini tak hanya lezat dimakan dengan berbagai cara seperti dipotong dadu atau dibuat smoothies, tapi juga kaya nutrisi untuk tubuh. Bahkan bisa mencegah beberapa penyakit. Yuk, kita telusuri.

Manfaat Makan Mangga untuk Kesehatan

Berikut sederet manfaat makan mangga untuk kesehatan mata, jantung hingga pencernaan.

1. Mangga kaya air dan serat

Mangga mengandung sekitar 83 persen air. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan usus. Dan, 1 cangkir mangga mengandung 7 persen dari asupan serat harian Anda. Serat itu membantu memperlambat penyerapan gula, sehingga dapat mengatur gula darah Anda.

Individu yang mengonsumsi jumlah serat yang direkomendasikan setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, GERD, obesitas, dan hipertensi.

2. Mangga mendukung sistem kekebalan tubuh

Mangga mengandung lebih dari 20 nutrisi berharga, termasuk 50 persen dari nilai vitamin C harian yang direkomendasikan dan 35 persen dari nilai vitamin A harian Anda. Vitamin C tidak hanya melindungi tubuh Anda dari stres oksidatif, tetapi juga melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin A membantu tubuh Anda melawan infeksi, mendorong pertumbuhan dan perkembangan, dan bersifat anti-inflamasi, yang diperlukan untuk respons imun yang kuat.

3. Mangga membantu melawan diabetes dan kanker

Mangga secara alami mengandung mangiferin, antioksidan yang telah terbukti memiliki sifat antidiabetes dan antikanker," menurut Lauren Manaker, pakar nutrisi. Bila dikonsumsi secara teratur, mangiferin membantu menurunkan glukosa plasma dan trigliserida, serta meningkatkan fungsi ginjal pada penderita diabetes.

Antioksidan ini juga membantu menekan pertumbuhan tumor dan sel kanker, dan sangat bermanfaat untuk mencegah kanker paru-paru, usus besar, payudara, dan saraf.

4. Mangga meningkatkan kesehatan jantung

Ada penelitian ekstensif yang menunjukkan bagaimana mangiferin bekerja untuk menurunkan kolesterol, trigliserida, dan asam lemak bebas, serta melindungi jaringan jantung. Antioksidan kuat ini juga melawan stres oksidatif, yang menjaga sel-sel tetap sehat. Kehadiran serat semakin meningkatkan manfaat kesehatan jantung ini.

5. Mangga melindungi mata

Buah tropis ini mengandung karotenoid yang bisa mencegah kerusakan mata. "Karotenoid alami telah terbukti melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya biru," jelas Manaker.

"Dua karotenoid, lutein dan zeaxanthin, ditemukan dalam mangga. Dan, ketika dimakan dalam jumlah yang cukup, dapat membantu menjaga mata Anda tetap sehat, terutama jika Anda lebih sering menatap layar." Sumber cahaya biru termasuk TV, gawai, dan komputer.

REAL SIMPLE