5 Kreasi Resep Buah Mangga yang Cocok untuk Cuaca Panas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi buah mangga segar. shutterstock.com

Ilustrasi buah mangga segar. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat cuaca pabas semakin menyengat, rasa buah mangga yang lezat dan nikmat mengundang kita untuk menikmatinya. Mangga memiliki makna budaya yang penting dan telah menjadi bagian dari lanskap gastronomi kita selama berabad-abad. 

Meskipun hidangan mangga tradisional seperti mangga kocok dan lassi mangga sangat populer, ada beberapa resep mangga unik yang dapat dijelajahi dan dicoba selama musim ini. 

Sarita Bazaz, Pendiri The Food Affairs, berbagi dengan HT Lifestyle, beberapa kreasi resep mangga unik yang bisa dinikmati selama musim panas.

1. Mango Chenna Payas 

Mango Chenna Payas adalah makanan penutup India lezat yang sempurna untuk memuaskan hasrat manis Anda. Untuk membuat hidangan penutup yang menggugah selera ini, campurkan chenna (keju cottage) dengan susu kental manis, lalu aduk hingga tercampur rata. Lalu, tambahkan pure mangga segar, dan aduk rata. Hiasi dengan kacang cincang, dan Mango Chenna Payas Anda yang lezat siap untuk dinikmati! Sajikan dingin dan nikmati semburan rasa di setiap gigitan.

2. Mango Tiramisu

Membuat hidangan penutup lezat ini sangatlah mudah - cukup campurkan keju mascarpone yang lembut dan lembut dengan gula halus, lalu kocok krim kental hingga membentuk puncak yang kaku. Kemudian, lapisi ladyfinger dengan campuran mascarpone dan mangga potong dadu. Masukkan ke dalam lemari es setidaknya selama dua jam dan biarkan mengeras, sebelum Anda menikmati cita rasa istimewa dari hidangan penutup Mango Tiramisu tanpa telur ini.

3. Es Krim mangga

Ilustrasi es krim mangga. Pixabay.com/Silvia Rita

Untuk membuat hidangan penutup menyegarkan ini, campurkan krim kental, susu kental manis, dan ekstrak vanila hingga halus. Kemudian, tambahkan pure mangga segar dan aduk rata. Tuang adonan ke dalam wadah dan bekukan selama beberapa jam hingga mengeras. Keluarkan dan aduk secara manual untuk memecahkan kristal es. Bekukan lagi dan sajikan Es Krim Mangga yang diaduk dengan tangan dan diberi irisan mangga segar di atasnya.

4. Salad Mangga

Untuk membuat salad lezat ini, potong mangga segar kecil-kecil dan campur dengan mentimun cincang, bawang merah, dan daun ketumbar. Peras sedikit air jeruk nipis, percikkan madu, dan tambahkan sedikit garam dan lada hitam secukupnya. Aduk rata dan biarkan dingin selama beberapa menit di lemari es. Sajikan salad mangga dalam keadaan dingin dan nikmati rasa manis dan tajam di setiap gigitan.

5. Kari Kelapa Mangga

Hidangan favorit yang berasal dari negara bagian Kerala di India, merupakan perpaduan lezat antara mangga matang, santan kental, dan beragam rempah aromatik. Untuk menyiapkan hidangan ini, cukup haluskan semua bahan hingga halus dan lembut. Perpaduan rasa manis dan tajam yang menggiurkan dari buah mangga, berpadu dengan kekayaan santan dan rempah-rempah yang eksotis, menjadikan kari ini sebagai pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Paling enak dinikmati dengan nasi kukus, yang secara sempurna melengkapi rasa kari yang berani.

Mencoba berbagai resep mangga selama musim panas bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Tidak hanya memungkinkan Anda menjelajahi rasa dan tekstur unik buah musiman ini, tetapi juga memberikan kesempatan untuk bereksperimen dengan masakan dan teknik memasak daerah yang berbeda. Memasukkan resep-resep ini ke dalam rencana makan sehari-hari Anda dapat menambahkan sentuhan menyegarkan pada diet Anda sekaligus memberikan dosis vitamin dan mineral yang sehat.

Pilihan Editor: Kreasi Resep Tahu Petis Khas Jawa Tengah, Rasanya Pedas-pedas Gurih

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."