8 Pilihan Buah Tinggi Protein, Ada Jambu Biji hingga Alpukat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jambu biji. Unsplash.com/Gregory Culmer

Ilustrasi jambu biji. Unsplash.com/Gregory Culmer

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaProtein sangat penting untuk pola makan yang sehat, namun sumber protein yang umum seperti daging, telur, dan produk hewani lainnya bukanlah satu-satunya cara untuk memenuhi kebutuhan protein setiap hari. Protein nabati juga salah satu cara yang baik untuk memenuhi asupan protein harian Anda. Selain sayuran berprotein tinggi, ada beberapa buah tinggi protein yang bisa Anda tambahkan ke dalam menu harian untuk menambah asupan protein dengan nikmat.

Meskipun kebutuhan protein pribadi setiap orang mungkin sedikit berbeda, The Dietary Referrence Intake menyarankan untuk mengonsumsi 46 gram protein setiap hari untuk rata-rata wanita yang tidak banyak bergerak, dan 56 gram protein per hari untuk rata-rata pria yang tidak banyak bergerak. Tentu saja, aktivitas tinggi mungkin memerlukan lebih banyak protein, dan berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi dapat membantu Anda menentukan dengan tepat berapa banyak protein yang tepat untuk tubuh Anda.

Jika Anda sering lapar, itu mungkin pertanda Anda perlu mengonsumsi lebih banyak protein. Setiap pola makan seimbang membutuhkan protein, jadi jika Anda ingin mengubah pola makan, atau sekadar menambahkan protein dari sumber lain, pertimbangkan buah-buahan ini.

“Meskipun buah-buahan biasanya tidak dikenal tinggi proteinnya dibandingkan dengan kelompok makanan lain seperti daging atau kacang-kacangan, beberapa buah mengandung banyak protein,” kata Amy Fox, Ahli Gizi Bersertifikat dikutip dari Real Simple, 5 September 2023.

Artinya, Anda mungkin tidak ingin buah menjadi sumber protein utama Anda, tetapi jika Anda sedang mencari camilan dengan sedikit protein, atau ingin menambahkan tambahan buah ke dalam salad, rekomendasi ini dapat membantu.

1. Alpukat

Ilustrasi alpukat. Freepik.com/Jcomp

Buah alpukat mengandung protein sebanyak 2,7 gram

Dikenal dengan kandungan lemak sehat dan seratnya, alpukat juga merupakan sumber protein alami, menurut Fox. Makanlah buah sehat ini langsung dari kulitnya dengan sendok dan taburan garam untuk camilan saat bepergian, atau gunakan alpukat dalam berbagai resep seperti roti panggang alpukat, dicampur dalam smoothie, atau dihancurkan menjadi guacamole.

2. Nangka

Ilustrasi buah nangka. shutterstock.com

Buah nangka mengandung protein sebanyak 2,8 gram

Nangka adalah buah tropis yang memiliki tekstur yang anehnya mirip dengan daging empuk, seperti daging babi atau ayam. Rasanya lembut dan sedikit manis, serta menyerap banyak rasa.

“Nangka adalah pilihan populer di kalangan vegan dan vegetarian, dan memiliki hampir 3 gram protein per cangkirnya,” kata Fox. “Ini sangat serbaguna, dan dapat digunakan sebagai pengganti daging dalam berbagai masakan.”

Nangka dapat digunakan dengan berbagai cara, termasuk dalam taco, tumis, atau kari. Nangka juga bisa ditmbahkan ke makanan penutup seperti pai, atau campurkan ke dalam smoothie untuk mendapatkan cita rasa unik.

3. Jambu Biji

Ilustrasi jambu biji (Pixabay.com)

Buah jambu biji mengandung protein sebanyak 4,2 gram

Jambu biji adalah buah tropis yang memiliki kandungan protein tertinggi di antara buah apa pun. Jambu biji bisa dinikmati di dalam salad buah, diiris di atas keju panggang, atau hanya dipotong dadu untuk dijadikan camilan di hari yang panas.

“Nikmati jambu biji sebagai camilan yang menyegarkan atau masukkan ke dalam smoothie, salad, atau bahkan buat selai atau jeli jambu biji buatan sendiri,” saran Fox. Waspadai produk jambu biji kemasan karena mungkin mengandung banyak gula atau bahan tambahan. 

4. Blackberry

Buah Blackberry. Unsplash.com/Yulia Khlebnikova

Mengandung protein sebanyak 2 gram dalam satu buah

Blackberry adalah sumber protein buah yang bagus karena mudah dinikmati, tinggi serat, dan banyak nutrisi lainnya, termasuk antioksidan. Blackberry dapat dinikmati segenggam penuh, ditaburkan di atas mangkuk sarapan apa pun (yogurt, oatmeal, dan puding chia semuanya cocok dengan beberapa blackberry di atasnya), atau, tentu saja, dicampur menjadi smoothie untuk menambahkan warna ungu yang kaya. Blackberry juga cocok dengan makanan gurih. 

Baca juga: 3 Cara Makan Buah yang Benar agar Manfaatnya Maksimal

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."