3 Cara Makan Buah yang Benar agar Manfaatnya Maksimal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan buah apel. Foto: Freepik.com/lifestylememory

Ilustrasi wanita makan buah apel. Foto: Freepik.com/lifestylememory

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memasukkan buah-buahan ke dalam diet harian Anda adalah praktik gaya hidup sehat. Buah-buahan kaya sukrosa, fruktosa, dan glukosa, yang memberi tubuh energi serta gizi penting untuk kekebalan. Buah juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan enzim. Untuk mengoptimalkan manfaatnya untuk tubuh, ada cara makan buah yang benar.

Selain itu, disarankan pula untuk makan buah lokal menurut ahli gizi. "Semua buah-buahan itu sendiri sangat sehat, tetapi disarankan untuk memakan buah-buahan lokal Anda. Berlawanan dengan kepercayaan bahwa buah-buahan impor mungkin lebih sehat, buah-buahan ini dipetik jauh sebelum matang, sehingga mengurangi nilai gizinya,"  kata Tanisha Bawa, Pelatih Nutrisi Bersertifikat dan Pendiri TAN|365 dikutip dari Hindustan Times, pada Minggu, 30 April 2023.

"Selain itu, saat buah tiba di pasar, mereka disemprot dengan bahan kimia untuk mematangkannya dengan cepat dan tidak alami. Cara terbaik untuk menghindarinya – konsumsilah buah-buahan lokal," lanjuntya.

Berikut tiga cara makan buah yang benar mendapatkan nilai gizi dan manfaat kesehatan yang maksimal menurut Tanisha.

1. Makan Buah secara Keseluruhan

Makan buah Anda secara keseluruhan daripada membuat jus! Saat membuat jus buah, Anda menghilangkan serat, vitamin, mineral, dan enzim. Jus juga mengalir ke perut agak cepat setelah dikonsumsi yang menyebabkan lonjakan pasti kadar gula karena kelebihan fruktosa. Ini juga dapat meningkatkan kadar asam urat yang kemudian menyebabkan lebih banyak komplikasi kesehatan.

2. Berhenti Makan Buah setelah Makan

Tahukah Anda makan buah tepat setelah makan, maka buah akan berpindah ke perut Anda dan mulai membusuk dengan makanan yang sudah ada dari makanan yang dikonsumsi sebelumnya. Akibatnya, perut perlu menghasilkan lebih banyak asam karena buah membusuk dengan cepat, menjadi lebih asam, dan kehilangan sebagian besar sifat sehatnya.

3. Makan Kacang sebelum Makan Buah

Kacang-kacangan akan membantu menyeimbangkan kenaikan gula darah dari buah-buahan karena merupakan sumber lemak. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang terlebih dahulu merupakan hal yang bijak untuk dilakukan sebelum makan buah.

Pilihan Editor: 3 Mitos Makan Buah dengan Kulitnya

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."