Pekan ASI Sedunia, Upaya AIMI Jalin Kolaborasi Lintas Sektoral untuk Orang Tua Bekerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi menyusui. MomJunction

Ilustrasi menyusui. MomJunction

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika pada tahun sebelumnya World Breastfeeding Week atau Pekan ASI Sedunia dirayakan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) dengan aksi turun ke jalan untuk mendukung dan mengedukasi masyarakat mengenai menyusui, tahun ini tema PMD 2023 lebih mengerucut pada bagaimana tantangan menyusui yang dihadapi keluarga bekerja dapat diatasi melalui kolaborasi lintas sektoral. 

Meski status pandemi COVID-19 telah diresmikan menjadi endemi oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu, 21 Juni lalu, tidak dapat dipungkiri tahun-tahun pandemi COVID-19 telah mengubah secara drastis cara kita bekerja. Pandemi telah merugikan ibu dengan meningkatkan risiko pengangguran dan hilangnya mata pencaharian, juga mengganggu akses ke pelayanan prenatal, postnatal, serta dukungan menyusui dalam sistem kesehatan.

Melanjutkan kesuksesan PMD 2019 yang menyoroti perlindungan sosial, dukungan di tempat kerja dan pengasuhan, kini  PMD 2023 dengan tema “Berdayakan Menyusui: Tingkatkan Dukungan Bagi Orang Tua Bekerja” diselaraskan dengan area tematik empat dari kampanye PMD-SDG 2030 di mana produktivitas dan ketenagakerjaan perempuan berkaitan erat dengan enam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yaitu pemberantasan kemiskinan, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, industri inovasi dan infrastruktur, serta berkurangnya kesenjangan. 

Perubahan kultur kerja dan norma pengasuhan serta aspirasi orang tua baru dari berbagai latar belakang perlu menjadi pertimbangan dalam pembentukan kebijakan. Perspektif dan kebutuhan orang tua akan memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai bagaimana regulasi serta undang-undang dapat membantu mereka dan dengan demikian menyempurnakan advokasi dan intervensi suportif.

Kita perlu melibatkan pemerintah, sistem kesehatan, tempat kerja, dan masyarakat untuk menjalankan peran penting mereka dalam memberdayakan keluarga dan memelihara lingkungan ramah menyusui dalam kultur kerja pasca-pandemi. Oleh karena itu pada PMD 2023 kali ini AIMI berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan survei ruang laktasi di berbagai kantor suku dinas dan kecamatan di Jakarta. 

Hal ini dilakukan dengan harapan adanya kesempatan memerah yang tidak dibatasi waktu pada jam kerja dan ketersediaan ruang laktasi yang memenuhi syarat sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI No.15 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penyediaan Fasilitas Khusus Menyusui dan/atau Memerah ASI dapat menjadi bentuk dukungan menyusui bagi orang tua bekerja di samping juga meningkatkan pelayanan kantor pemerintahan bagi masyarakat umum.

Pilihan Editor:Pekan ASI Sedunia, Perhatikan Tips Merawat Pompa ASI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."