5 Penyebab Uban Muncul Sebelum Usia 30 Tahun, Ada Stres

foto-reporter

Editor

Cantika.com

google-image
Ilustrasi rambut beruban. Shutterstock

Ilustrasi rambut beruban. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyebab uban tidak cuma karena orang sudah berusia lanjut. Namun uban kerap muncul pada usia muda di bawah 30 tahun, lho. Sebagai informasi, uban adalah perubahan warna rambut menjadi abu-abu atau putih.

Meski terbilang wajar, rambut beruban terbentuk karena sel asli rambut berhenti memproduksi pigmen warna. Kini usia muda tidak menjadi patokan bebas dari masalah rambut tersebut.

Melansir dari WebMD, masyarakat Asia mulai tumbuh uban di akhir usia 30an, sementara orang kulit putih biasanya mengalami rambut beruban di pertengahan usia 30an. Sementara orang Afrika dan Amerika akan mengalami masalah uban di pertengahan usia 40an.

Permasalahan rambut putih di usia muda ternyata menjadi perhatian tersendiri hingga melakukan treatment perawatan agat uban tidak tumbuh atau berkujang. Sebelum itu, simak penyebab munculnya uban sebelum usia 30 tahun berikut ini:

1. Stres

Stres bisa menjadi penyebab muncul di usia muda Hal ini terungkap dalam jurnal Direct migration of follicular melanocyte stem cells to the epidermis after wounding or UVB irradiation is dependent on MC1R signaling yang telah melakukan penelitian kemudian mendapati adanya hubungan antara stres dengan rambut putih.

2. Genetik

Mengutip dari Healthline, faktor genetik berperan besar terhadap munculnya uban. Sebagai contoh, jika kamu telah memiliki uban sebelum usia 30 tahun, kemungkinan orang tua kamu pernah mengalami hal yang sama saat mereka muda.

3. Masalah Tiroid

Masalah tiroid seperti penyakit hipertiroid serta hipotiroid juga menjadi penyebab munculnya uban sebelum 30 tahun. Tiroid adalah kelenjar yang terletak di pangkal leher dan berperan mengontrol fungsi tubuh.

Kelenjar ini berbentuk seperti kupu-kupu dan bisa memengaruhi perubahan warna rambut. Pasalnya, tiroid yang terlalu aktif dapat membuat tubuh kekurangan produksi melanin.

4. Autoimun

Pasien dengan riwayat penyakit autoimun akan lebih cepat beruban. Sebagai contoh, penyakit autoimun jenis alopecia dan vetiligo akan mempengaruhi sistem imun untuk menyerang sel dan berdampak pada hilangnya pigmen warna rambut.

5. Sindrom Werner

Kelainan genetik seperti sindrom Werner akan memicu proses penuaan dini menjadi lebih cepat. Merangkum dari Greatist, sindrom Werner bisa menyebabkan penuaan dini, seperti rambut beruban di usia 25 tahun.

Itu dia lima penyebab munculnya uban sebelum usia 30 tahun, jika kamu mengalami salah satu gejala di atas dan ingin tahu cara penangannya bisa mencoba khasiat minyak urang aring atau langsung menghubungi profesional ya. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."