10 Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Berat Badan Bertambah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita makan buah apel. Foto: Freepik.com/lifestylememory

Ilustrasi wanita makan buah apel. Foto: Freepik.com/lifestylememory

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memiliki berat badan ideal menjadi dambaan banyak orang. Ada banyak sekali usaha yang dilakukan. Selain menjaga pola makan, orang akan berolahraga, atau bahkan mengkonsumsi berbagai pil demi mendapatkan berat badan idaman. Walau begitu, tidak jarang pula berbagai usaha itu nihil hasilnya. Ketika sudah melakukan berbagai usaha, namun berat badan pun tidak kunjung turun seperti yang diharapkan.

Dalam menangani kondisi ini, penting bagi kamu untuk mengenali kebiasaan buruk yang menghambat berbagai usaha untuk mendapatkan berat badan ideal. Dengan mengetahui kebiasaan buruk itu, harapannya kamu bisa lebih mudah memperbaiki dan mengubah kebiasaan itu menjadi kebiasaan yang lebih baik. Ahli Diet Klinik Penurunan Berat Badan Kathleen Zelman mengingatkan agar mengubah kebiasaan buruk berikut demi mendapatkan berat badan ideal. “Lakukan sesuatu yang baru selama 21 hari, dan Anda dapat menghentikan kebiasaan itu," kata Zelman seperti dilansir dari WEBMD pada 21 Juli 2023.

Berikut 10 kebiasaan buruk yang bisa menghambat proses penurunan berat badan kamu. 

1. Eating amnesia

Kebiasaan ini sangat sering terjadi, dan biasanya kondisi ini disebabkan oleh televisi. Tanganmu mungkin sangat terbiasa masuk ke bungkus keripik dan kamu tidak menyadari apa atau berapa banyak yang keripik yang sudah kamu makan. "Bungkus keripik yang besar itu bisa habis dengan sangat cepat," kata Zelman.

2. Terlalu sedikit waktu tidur

Mungkin banyak yang mengganggap tidak ada hubungan antara kualitas dan kuantitas tidur dengan berat badan. Padahal, kurang tidur membuat kamu merasa lapar meski sudah kenyang. Menurut penelitian, kurang tidur dapat mempengaruhi sekresi kortisol, hormon yang mengatur nafsu makan. Selain itu, kurang tidur dapat meningkatkan penyimpanan lemak di tubuh Anda.

3. Makanan penutup yang manis setelah makan malam

Makanan penutup menjadi salah satu menu yang sangat digandrungi masyarakat. Entah kenapa walau perut kenyang, makanan penutup yang memiliki visual cantik dan biasanya manis tetap bisa dilahap. Kebiasaan cenderung makan makanan penutup tanpa berpikir dan biasanya melibatkan sesuatu yang manis, kata Zelman, juga menjadi salah satu kebiasaan yang bisa menambah berat badanmu. "Mulailah kebiasaan baru seperti minum secangkir teh hangat, sesuatu yang tidak berkalori. Yang terpenting, berhentilah makan apa pun setelah makan malam," kata Zelman.

4. Belanja saat lapar

Toko kelontong dan rasa lapar yang ekstrem tidak bisa digabungkan. Kamu pasti akan langsung membeli berbagai barang yang pertama kamu lihat. Makanlah sedikit sesuatu yang sehat sebelum pergi berbelanja. Kamu bisa makan sandwich dalam perjalanan ke toko bahan makanan. Dengan begitu kamu tidak akan lapar mata. Selain itu, kegiatan berbelanja pun bisa lebih efektif karena kamu membeli barang sesuai daftar belanjaan yang sudah kamu buat.

5. Lapar Mata

Bila Anda berada di tempat kerja, di bandara, di mana saja, dan rasa lapar mulai muncul, hal termudah adalah membeli sesuatu yang mudah didapat. Sayangnya, makanan itu sering berupa makanan cepat saji. Kamu bisa mengubah pilihanmu dengan menyiapkan sandwich buatan sendiri, beberapa wortel, buah segar atau smoothie. Belilah camilan sehat untuk dimakan.

6. Minum tanpa berpikir

Minuman bir, alkohol, anggur, minuman bersoda, pastinya akan mudah didapat. Sayangnya mengkonsumsi minuman itu hanya akan menambah kalorimu. "Simpan kalori cair Anda saat Anda benar-benar menginginkannya," kata Zelman.

7. Melewatkan sarapan

Kebiasaan melewatkan sarapan adalah kesalahan besar yang kamu lakukan ketika hendak mencapai berat badan ideal. Alasannya, kamu sudah tidak makan semalaman. "Tubuh kamu membutuhkan bahan bakar, dan metabolisme kamu perlu dimulai dengan makanan," katanya. Pilihlah sarapan terbaik seperti sereal gandum dengan buah segar untuk mengisi energimu.

8. Distorsi porsi

Seseorang cenderung memakan semua yang telah disajikan. Hal itu terjadi baik di rumah, maupun di perjalanan. "Pelajari apa itu porsi normal, dan pertahankan kebiasaan itu," kata Zelman.

9. Bedanya bebas lemak dengan bebas kalori

Kue-kue "sehat" dan makanan ringan lainnya itu tidak benar-benar murni. Zelman mengingatkan bahwa kue-kue tetap memiliki kalori. Penting agar masyarakat membaca label makanan terlebih dahulu. Memakan 10 kue bebas lemak tidak akan membantu lingkar pinggangmu mengecil.

10. Mengoles sandwich dengan mayo 

Coba gunakan mustard atau mayones rendah lemak atau bebas lemak untuk mengurangi kalori. Lapisi banyak sayuran segar ke dalam sandwich untuk menambah rasa dan nutrisi ekstra.

Pilihan Editor: Cegah Obesitas dengan Hitung Kebutuhan Energi

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

AN NISA RISTIANTI | WEBMD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."