Dukung Sustainable Fashion, Berikut 8 Cara Menggunakan Kembali Pakaian Lama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Sustainable clothing atau busana berkelanjutan adalah sebuah gerakan yang mendorong perubahan pada produk fashion dan sistemnya menuju integritas ekologi dan keadilan sosial yang lebih besar. Sumber foto: Canva

Sustainable clothing atau busana berkelanjutan adalah sebuah gerakan yang mendorong perubahan pada produk fashion dan sistemnya menuju integritas ekologi dan keadilan sosial yang lebih besar. Sumber foto: Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tren mode berkelanjutan atau sustainable fashion terus digaungkan. Bersama-sama, kita tak bisa lagi menutup mata dan telinga bahwa tingkat produksi industri mode berkontribusi signifikan terhadap krisis limbah global.

Alih-alih membiarkan pakaian lama menumpuk di lemari atau malah dibuang sehingga berkontribusi pada limbah tekstil yang semakin meningkat, mengapa tidak memberi sentuhan baru pada pakaian lama Anda? Mendaur ulang pakaian lama bukan hanya upaya kreatif dan modis, tetapi juga sebagai cara ramah lingkungan untuk mengurangi limbah pakaian.

Tahukah Anda, menurut Yayasan Ellen MacArthur di Amerika, dari 100 miliar garmen yang diproduksi setiap tahun, 92 juta ton berakhir di tempat sampah. Ini berarti setara dengan truk sampah penuh pakaian menumpuk di tempat pembuangan sampah setiap detik.

Sudah saatnya kita mengambil tindakan untuk mengatasi masalah ini dan menemukan solusi yang berkelanjutan. Salah satu cara mudah yang bisa kita lakukan dengan mendaur ulang atau menggunakan kembali pakaian lama. Ada berbagai cara jitu untuk mengubah pakaian lama menjadi pakaian yang unik dan modis.

Baca juga: Sustainable Fashion Semakin Digandrungi, Pilihannya Mulai Batik Hingga Ecoprint

Berikut delapan cara menggunakan kembali pakaian lama menurut Senthil Sankar, Managing Partner di EcoLine Clothing, dikutip dari Hindustan Times, Minggu, 9 Juli 2023.

1. Transformasi Salah Satu Kunci

Alih-alih membuang jeans usang, ubahlah menjadi celana pendek trendi. Potong sesuai panjang yang Anda inginkan, tekan tepinya untuk tampilan kasar, dan tambahkan hiasan seperti renda, tambalan, atau stud. Anda bisa menggunakannya saat bergaya santai dengan kaus dan sepatu kets.

2. Perombakan Denim

Jelajahi keserbagunaan denim melalui penggunaan kembali. Personalisasi denim Anda dengan sulaman, tambalan, atau cat kain. Ubah jeans lama menjadi celana pendek kece atau "disulap' menjadi tas jinjing denim yang trendi. Rangkullah kreativitas untuk menghidupkan kembali denim demi mengurangi limbah pakaian.

3. Kreasi menjadi Aksesori

Gunakan kembali syal, kaus, atau sisa-sisa kain yang tidak terpakai menjadi aksesori yang apik, ciptakan karya yang unik dengan sentuhan khas Anda. Ubah syal yang semarak menjadi ikat kepala atau sorban yang modis, dan buat gelang berlapis kain dan kalung. Aksesori ini menambah sentuhan pribadi pada pakaian sekaligus mengurangi limbah.

Baca juga: Cara Andien Dukung Sustainable Fashion, Barang Lama Bersemi Kembali

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."