Dukung Sustainable Fashion, Berikut 8 Cara Menggunakan Kembali Pakaian Lama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Sustainable clothing atau busana berkelanjutan adalah sebuah gerakan yang mendorong perubahan pada produk fashion dan sistemnya menuju integritas ekologi dan keadilan sosial yang lebih besar. Sumber foto: Canva

Sustainable clothing atau busana berkelanjutan adalah sebuah gerakan yang mendorong perubahan pada produk fashion dan sistemnya menuju integritas ekologi dan keadilan sosial yang lebih besar. Sumber foto: Canva

IKLAN

4. Daur Ulang

Revitalisasi kemeja lama menjadi atasan tanpa lengan atau rok. Lepaskan lengan baju dan ubah posisi kancing untuk membuat atasan musim panas yang bergaya. Sebagai alternatif, ubah bagian atas kemeja menjadi rok trendi dengan menambahkan ban pinggang elastis. Temukan kembali kemungkinan mode sambil mengurangi limbah.

5. Sweater menjadi Kardigan

Bayangkan kembali sweater usang Anda sebagai kardigan yang nyaman. Potong di tengah, kelim ujungnya agar tidak berjumbai. Tambahkan kancing, renda, atau sulaman untuk sentuhan pribadi. Kardigan transformasi ini sangat ideal untuk dikenakan di musim hujan.

6. Ubah Gaun menjadi Atasan atau Blus

Jangan buang gaun yang sudah terlalu besar atau sudah tidak Anda minati. Ubahlah menjadi atasan atau blus yang apik dengan memangkas panjangnya. Pasangkan dengan jeans atau rok untuk pilihan pakaian yang serbaguna dan ramah lingkungan.

7. Kemeja menjadi Crop Top

Ubah kemeja kebesaran (oversized) atau usang menjadi crop top modis untuk tampilan modern. Sesuaikan panjangnya, tambahkan trim renda untuk gaya ekstra. Padukan dengan celana atau rok model berpinggang tinggi atau high waist untuk gaya trendi dan berkelanjutan.

8. Desain Tambal Sulam

Bebaskan kreativitas Anda dengan memadukan sisa kain ke dalam desain tambal sulam atau patchwork yang khas. Ubah jeans lama menjadi rok denim modis atau buat jaket berlapis yang dipersonalisasi menggunakan sisa kain.

Semoga delapan cara di atas bisa menginspirasi kamu mendukung sustainable fashion demi kelestarian lingkungan kita bersama, Sahabat Cantika.

Pilihan Editor: 6 Cara Praktis untuk Memulai "Sustainable Clothing"

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."