Curhat Marsha Aruan soal Diet, Pentingnya Konsultasi dengan Ahli Gizi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Marsha Aruan/Foto: Instagram: Marsha Aruan

Marsha Aruan/Foto: Instagram: Marsha Aruan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Marsha Aruan mengaku ikut program diet dengan dampingan dokter gizi dengan alasan agar mendapat penanganan yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Ia pun baru menyadari kenapa tidak dari dulu diet dengan pantauan dokter gizi. 

"Makanan sudah pasti sehat dan diatur sama dokter, jadi sesuai dengan gizi yang aku butuhkan. Ada aturan dan takarannya," papar Marsha saat ditemui di acara peluncuran butik Sun & Sport di Jakarta, Kamis, 5 Juli 2023. 

Menurut Marsha, agar diet yang dijalankan sesuai dengan target dan terarah perlu konsultasi dengan dokter gizi. "Soalnya kaya sering yang aku tahu kalau orang diet ya asal aja, yang penting diet, padahal kan ada aturannya," imbuh perempuan kelahiran 24 Oktober 1996 ini. 

Padahal, lanjut Marsha, dengan adanya pendampingan dari dokter gizi, menu dan pola makan akan diatur bukan sekadar dikasih obat atau infus. "Misal bagaimana komposisi pemberian protein dan karbo, sebab kita kan tetap butuh," tambahnya.

Berbicara mengenai diet, jika melansir laman Healthline umumnya, diet sehat terdiri dari banyak buah dan sayuran segar dan membatasi makanan olahan. Tetapi tanyakan kepada dokter atau ahli diet Anda untuk saran bagaimana membuat perubahan pola makan yang lebih spesifik untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Diet seimbang memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan benar. Untuk mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan, sebagian besar kalori harian Anda harus berasal dari antara lain: buah segar, sayuran segar, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, gila, dan protein tanpa lemak.

Jumlah kalori dalam makanan mengacu pada jumlah energi yang tersimpan dalam makanan itu. Tubuh Anda menggunakan kalori dari makanan untuk berjalan, berpikir, bernapas, dan fungsi penting lainnya. Rata-rata orang membutuhkan sekitar 2.000 kalori setiap hari untuk mempertahankan berat badannya, namun jumlahnya akan bergantung pada usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisiknya.

Pria cenderung membutuhkan lebih banyak kalori daripada wanita, dan orang yang berolahraga membutuhkan lebih banyak kalori daripada orang yang tidak.

Pilihan Editor: Marsha Aruan Main di Film Ratu Dansa, Bukan Cerita Remaja Biasa

HEALTHLINE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."