6 Cara Makan Buah yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah salah satu asupan yang dibutuhkan tubuh karena kaya gizi seperti vitamin hingga serat. Bukan cuma itu, buah juga bisa membantu menurunkan berat badan asalkan memperhatikan cara makan buah yang tepat. Sebab buah-buahan dengan kalori tinggi, serat, glukosa, jika dikonsumsi secara berlebihan atau dikombinasikan dengan komponen yang salah bisa memberikan dampak yang kurang bermanfaat bagi kesehatan termasuk menyebabkan kenaikan berat badan atau mungkin beberapa komplikasi kesehatan lainnya.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut cara makan buah untuk menurunkan berat badan.

1. Pilih Buah Indeks Glikemik (GI) Rendah 

Rohini Patil, nutrisionis bersertifikat merekomendasikan mengonsumsi buah-buahan yang memiliki indeks glikemik rendah untuk bantu menurunkan berat badan. Contoh yang dia sebutkan adalah beri, ceri, apel, dan pir.

"Buah-buahan tersebut melepaskan gula ke dalam aliran darah lebih lambat, membantu mengatur kadar gula darah, dan mencegah lonjakan yang dapat menyebabkan penambahan berat badan," tuturnya dikutip dari laman Times of India, Selasa, 4 Juli 2023.

2. Makan Buah dengan Protein

Agar asupan buah Anda lebih seimbang dan memuaskan, pasangkan dengan sumber protein. Mengonsumsi makanan kaya protein seperti yogurt Yunani, keju cottage, atau segenggam kacang bersama buah-buahan dapat membantu mengendalikan rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: 4 Cara Makan Buah yang Perlu Dihindari

3. Hindari Makan Buah saat Perut Kosong

“Meskipun buah-buahan bergizi, mengonsumsinya saat perut kosong dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara cepat. Untuk menghindarinya, makanlah buah-buahan sebagai bagian dari makanan atau camilan seimbang yang mengandung protein, lemak sehat, dan biji-bijian utuh,” saran Dr. Patil.

4. Kontrol Porsi

Meski sehat, buah-buahan tetap mengandung gula dan kalori alami. Perhatikan ukuran porsi Anda dan hindari konsumsi berlebihan, terutama jika Anda ingin mengatur berat badan. Tetap berpegang pada ukuran porsi yang direkomendasikan dan nikmati beragam buah sepanjang hari.

5. Masukkan Buah ke Dalam Makanan Seimbang

Menurut Dr. Patil, daripada hanya mengandalkan buah-buahan sebagai camilan, masukkan ke dalam makanan Anda untuk menambah nutrisi dan serat. Tambahkan irisan buah ke salad, haluskan menjadi smoothie, atau gunakan sebagai topping untuk sereal gandum atau oatmeal.

6. Prioritaskan Buah Utuh daripada Jus

Jus buah mungkin tampak nyaman, tetapi rendah serat dan lebih tinggi gula serta kalori. Sebaiknya konsumsi buah utuh untuk mendapatkan manfaat seratnya, yang membantu pencernaan dan membantu mengatur nafsu makan.

Pilihan Editor: 3 Cara Makan Buah yang Benar agar Manfaatnya Maksimal

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."