4 Cara Makan Buah yang Perlu Dihindari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jus buah (Pixabay.com)

Ilustrasi jus buah (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah-buahan mengandung banyak gizi penting dan menjadi bagian penting dari diet sehat. Buah dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, dan menjaga berat badan yang sehat. Namun, tahukah kamu bahwa cara makan buah juga memengaruhi penyerapannya dalam tubuh? Menurut Neha Ranglani, pelatih kesehatan terpadu asal India, bahwa ada sejumlah cara makan buah yang perlu dihindari agar mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

1. Milkshake

Menurut ahli, susu dan buah memiliki komposisi nutrisi yang berbeda, dan waktu yang diperlukan untuk mencerna keduanya juga berbeda. Buah dicerna lebih cepat dibandingkan dengan susu, dan saat kita mencampurkannya, sebenarnya langkah itu membiarkan gula buah mengalami fermentasi di dalam usus, yang dapat menyebabkan gas, kembung, dan masalah pencernaan lainnya.

"Maaf untuk mengatakan bahwa milkshake buah favoritmu sebenarnya bisa menjadi racun perlahan bagi tubuhmu," kata Neha seperti dikutip dari Indian Express, pada Sabtu, 3 Juni 2023.

2. Makanan Penutup atau Pendamping

Beberapa di antara kita makan makan buah sebagai penutup atau menjadi pendamping makanan, tapi menurut Neha cara makan tersebut sebaiknya dihindari. Mengapa? Sebab menambah beban gula di tubuh dan cepat diubah menjadi lemak. Akibatnya, lemak itu tinggal lebih lama di perut dan bikin masalah pencernaan.

3. Camilan Malam

Jika kita mengira makan buah sebagai camilan malam untuk mengatasi lapar, sebenarnya itu tidak tepat. Menurut Neha, di malam hari tubuh tidak butuh gula dari buah karena kamu tidak aktif.

"Yang diinginkan tubuh kamu di malam hari cuma istirahat dan perbaikan, bukan memproses makanan. Gula dari buah cuma bakal disimpan jadi lemak di tubuh kamu, dan pastinya bukan itu yang kamu mau, bukan?" kata Neha.

4. Jus Buah

Karena praktis, banyak orang memilih minum jus buah dan menganggapnya sehat. Tapi sebenarnya, buah dan jus buah itu sama sekali berbeda. Buah itu makanan lengkap yang kaya gizi dan serat, tapi jus buah kehilangan komponen terpenting dari buah, yaitu seratnya. "Tanpa serat, gula buah langsung diserap ke dalam darah dan masuk ke hati, dan gula berlebihan ini kemudian diubah jadi lemak," tandas Neha.

Pilihan Editor: 3 Cara Makan Buah yang Benar agar Manfaatnya Maksimal 

WIDYA FITRIANINGSIH | INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."