Cara Mengeringkan Kuteks dengan Cepat, Menurut Ahli Manikur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi cat kuku. Foto: Freepik.com

Ilustrasi cat kuku. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMenunggu kuteks kering sepenuhnya seringkali membuat frustrasi. Termasuk kamu? Sebenarnya berapa lama cat kuku atau kuteks akan kering setelah diaplikasikan ke kuku? Menurut Sonya Meesh dan Jin Soon Choi, ahli manikur, kuteks membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit untuk mengering, tergantung pada ketebalan lapisan yang diaplikasikan.

Namun, beberapa formula bisa memakan waktu hingga satu jam. Kuku dengan kuteks tipis, yang memiliki pigmen warna yang rendah, cenderung lebih cepat kering dibandingkan dengan warna gelap atau kuteks dengan formula tebal. Kuteks yang berkilau atau sheer juga biasanya lebih cepat kering dan lebih mudah dibersihkan dari noda.

Cara Mengeringkan Kuteks dengan Cepat

Choi merekomendasikan teknik yang digunakan di salon JINsoon untuk mengeringkan kuteks dengan cepat. Mereka menggunakan pengering yang terpasang di bawah meja manikur, yang memungkinkan mereka untuk mengaplikasikan satu lapisan cat kuku dan membiarkannya mengering sambil mengerjakan sisi lainnya. Hal ini membantu mempercepat waktu pengeringan di antara lapisan.

"Jika Anda melakukan manikur di rumah, Anda bisa menggunakan pengering rambut dengan pengaturan suhu dingin," ujar Choi seperti dikutip dari Popsugar, pada Senin, 29 Mei 2023. Choi sendiri menggunakan metode ini ketika sedang terburu-buru, untuk memastikan kuku kering lebih cepat.

Selain itu, Anda juga dapat mempercepat proses pengeringan dengan menggunakan lapisan pelindung seperti top coat yang cepat kering atau produk tetes yang cepat kering. Produk-produk ini dirancang untuk mempercepat waktu pengeringan sekaligus memberikan hasil akhir yang mengkilap.

Pastikan permukaan kuku sudah 100 persen kering dan bebas dari residu minyak sebelum mengaplikasikan lapisan berikutnya. Selain itu, menggunakan kuteks yang diformulasikan khusus untuk pengeringan cepat dan mengoleskan cat kuku tipis-tipis juga dapat membantu mempercepat proses pengeringan.

Baca juga: 4 Kiat Mencegah Gelembung Cat Kuku

Cara Mencegah Luntur pada Kuku

Walaupun kuku terasa kering saat disentuh, masih ada risiko luntur atau penyok hingga cat kuku benar-benar mengering sepenuhnya. Choi menjelaskan bahwa proses pengeringan kuteks dimulai dari permukaan luar ke bagian dalam kuku, jadi meskipun terasa kering ketika disentuh secara lembut, lapisan cat kuku di bawahnya mungkin belum benar-benar kering.

Untuk mengurangi kemungkinan noda, disarankan untuk mengaplikasikan lapisan tipis cat kuku, sehingga setiap lapisan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengering dengan sempurna. Waktu pengeringan juga dapat berbeda tergantung pada kekentalan formula dan tingkat pigmen dalam cat kuku.

Meesh juga mengingatkan bahwa seringkali terjadi kesalahan saat menganggap kuku sudah kering setelah menerapkan lapisan cat kuku, tanpa memberikan waktu yang cukup bagi lapisan di bawahnya untuk mengering sepenuhnya. Penting untuk dicatat bahwa lapisan atas mungkin mengering lebih cepat, yang bisa menimbulkan kesan bahwa kuku sudah siap, padahal sebenarnya belum.

Untuk menghindari noda pada kuku yang baru dicat, Meesh menyarankan untuk melakukan manikur hanya saat Anda memiliki waktu luang untuk duduk dan rileks. Dia biasanya melakukan manikur sambil menonton televisi di malam hari atau mendengarkan buku audio. Jika Anda sering mengalami kecelakaan dan rentan membuat noda pada kuku, pertimbangkan untuk menggunakan kuteks gel atau yang lebih tahan lama, karena mereka dapat memberikan manikur yang awet dan tahan lama.

Pilihan Editor: 11 Cara Mewarnai Kuku di Rumah

WIDYA FITRIANINGSIH | POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."