4 Cara Alami Membuat Kuku Lebih Sehat, Cantik dan Tak Mudah Patah

Ilustrasi manikur

kecantikan

4 Cara Alami Membuat Kuku Lebih Sehat, Cantik dan Tak Mudah Patah

Minggu, 19 Juli 2020 20:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Jangan pernah berpikir bahwa kuku cantik dan sehat hanya bisa didapatkan dari perawatan manikur dan pedikur di salon. Ada berbagai cara alami yang membantu merawat serta mencegah kuku rusak dan rapuh, termasuk menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur Anda. 

Berikut adalah 4 cara alami untuk mendapatkan kuku yang lebih sehat seperti dilansir laman Times of India, pekan lalu. 

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat melembapkan sehingga baik untuk merawat kutikula kuku dari dalam. Caranya, bersihkan kuku secara menyeluruh, lalu hangatkan semangkuk kecil minyak zaitun. Celupkan jari-jari Anda dan biarkan selama 15 menit. Terakhir, bersihkan dengan handuk bersih. Ulangi setiap hari.

2. Bawang putih

Bawang putih dapat menyembuhkan kuku yang rapuh dan memperkuatnya. Caranya, oleskan bawang putih dengan memotongnya menjadi dua bagian dan menggosoknya di bagian dalam kuku.

3. Air lemon

Lemon dapat membantu membersihkan kuku dan mencegah perubahan warna. Anda cukup mencampur satu sendok teh soda kue ke dalam mangkuk kecil air, lalu tambahkan satu sendok makan jus lemon. Oleskan atau rendam kuku ke dalam campuran itu selama 10 menit, lalu gosok dengan sikat. Setelah itu cuci hingga bersih. Ulangi cara ini setiap hari.

4. Air mawar

Air mawar memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antioksidan sehingga baik untuk perawatan kuku yang tidak sehat. Air ini membersihkan bagian dalam kuku dan membuatnya selalu lembap. Gunakan air mawar secara teratur setelah membersihkan jari-jari Anda.