4 Kiat Mencegah Gelembung Cat Kuku

Ilustrasi cat kuku. Foto: Freepik.com

kecantikan

4 Kiat Mencegah Gelembung Cat Kuku

Selasa, 28 Desember 2021 16:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Gelembung cat kuku biasanya muncul selama proses pengeringan karena udara terperangkap di antara lapisan cat. Jika itu terjadi, bisa menganggu penampilan cat kuku. Bahkan membuat cat kuku mudah terkelupas.

Agar hal itu terjadi, berikut tiga kiat sederhana untuk cegah gelembung cat kuku dikutip dari Purewow.

1. Awali dengan membersihkan kuku

Selalu bersihkan kuku sebelum mengaplikasikan cat kuku dengan menggunakan penghapus cat. Bersihkan kuku Anda sepenuhnya dari minyak atau residu yang dapat mencegah cat kuku menempel dengan benar. Setelah Anda membersihkannya, cobalah untuk tidak menyentuh rambut atau wajah Anda (yang dapat memindahkan minyak kembali ke ujung rambut Anda).

2. Aplikasikan cat kuku secara tipis

Salah satu kunci cegah gelembung cat kuku adalah mengaplikasikannya secara tipis saja. Sebab jika cat kuku diaplikasikan secara tebal membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering. 

3. Bersabar

Pastikan lapisan cat pertama benar-benar kering sebelum menambahkan lapisan kedua. Disarankan tiga hingga lima menit di antara lapisan salah satu cara cegah lapisan menggumpal. Jika memungkinkan, hindari menambahkan lapisan ketiga, karena warnanya bisa cenderung menjadi buram dan tidak rata. Setelah Anda menunggu cukup lama hingga lapisan terakhir mengering, selesaikan dengan lapisan atas dan kagumi hasil karya Anda.

4. Hindari pakai kipas angin kecil untuk mengeringkan cat kuku

Anda tahu bagaimana ketika Anda berada di salon kuku, teknisi biasanya meminta Anda untuk meletakkan tangan Anda di depan kipas kecil yang terpasang di stasiun mereka untuk mempercepat pengeringan di antara pelapisan cat kuku? Ternyata, itu bukan ide terbaik. Mengapa? Udara dari kipas dapat menyebabkan lebih banyak gelembung — belum lagi, risiko tambahan debu beterbangan ke cat kuku Anda yang masih basah. Cobalah untuk diam dan biarkan waktu melakukan tugasnya.

Jangan lupakan kiat-kiat di atas agar tak muncul gelembung cat kuku, ya, teman-teman Cantika.

Baca juga: 5 Tips Cat Kuku Bertahan Lebih Lama, Salah Satunya Kuku Pendek

PUREWOW