11 Cara Mewarnai Kuku di Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi cat kuku. Foto: Freepik.com

Ilustrasi cat kuku. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mewarnai kuku salah satu cara mempercantik kuku. Untuk mendapatkan tampilan cat kuku yang optimal, siapkan alat dan cat kuku berkualitas. Bukan cuma itu, pastikan pula rutin merawat kuku agar terjaga kesehatannya sekaligus menjadi kanvas yang sempurna untuk cat kuku. Berikut cara mewarnai kuku di rumah yang perlu kamu ketahui.   

1. Mengaplikasikan Minyak Kutikula

Kuku yang telah dilembapkan oleh minyak kutikula akan menjadi lentur dan membantu memperkuat fondasi dasar kuku menjadi kokoh. Bukan cuma itu, minyak kutikula juga membantu untuk mencegah kuku menjadi rapuh dan kering.

2. Menggunakan Krim Tangan

Rutin menggunakan krim tangan juga dapat membantu mempertahankan kelembapan tangan sekaligus kuku. Tak cuma melembapkan, tapi juga mencegah kuku mudah retak.

3. Peran Suplemen Kolagen 

Tak hanya baik untuk kulit dan sistem kekebalan tubuh, mengonsumsi suplemen kolagen yang penuh asam amino juga membantu pertumbuhan kuku. Selain mengindari kerapuhan kuku, juga meningkatkan pertumbuhan kuku.

4. Menyiapkan Peralatan Manicure

Sebelum mulai manicure di rumah, berikut alat-alat yang dibutuhkan:

  1. Cat kuku 
  2. Lapisan dasar (Base Coat)
  3. Lapisan atas bening
  4. Gunting kuku
  5. Pendorong kutikula
  6. Penyeka kapas (Cotton Swab)
  7. Penghapus cat kuku

5. Memilih Cat Kuku Berkualitas

Cat kuku yang memiliki kualitas yang kurang baik cenderung mudah luntur dan gampang terkelupas. Dengan memilih cat kuku yang berkualitas, hasilnya akan lebih bagus dan tahan lebih lama. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi cat kuku yang menghasilkan hasil polesan yang bagus seperti Essie, OPI, ORLY, hingga Der Me Lect.

    Tips untuk memperpanjang umur cat kuku kalian, jika sudah berumur lebih dari 6 bulan, sebaiknya tambahkan setetes ataupun dua tetes penghapus cat kuku (acetone) ke dalam cat kuku untuk membantu mengencerkan dan mempertahankan formulanya.

    Ilustrasi cat kuku. Foto: Freepik.com

    6. Manicure di Rumah

    Langkah pertama adalah membersihkan kuku kalian dengan air hangat agar lebih mempermudah proses pembersihan, kemudian dorong perlahan kutikula ke belakang dan potong bagian kutikula yang berlebih.

    Langkah kedua adalah merapikan kuku kalian dengan cara mengkikir kuku kalian sesuai dengan bentuk yang kalian inginkan. Seperti persegi, coffin atau gaya yang berbentuk seperti peti mati, almond, bulat, ataupun bentuk lain yang kalian sukai.

    Langkah ketiga adalah menggunakan primer. Tujuan penggunaan primer ini adalah untuk membantu cat kuku menempel dengan permukaan kuku. Kemudian primer ini juga berfungsi untuk meratakan tekstur yang ada pada kuku kita.

    7. Menggosok Kuku sebelum Mewarnai Kuku

    Sebelum mulai mewarnai kuku, pastikan kamu menggosok kuku dengan penggosok kuku. Gunakan sisi yang halus dan gosok secara perlahan. Dan, jangan terlalu lama menggosoknya karena bisa mengakibatkan kuku menjadi tipis.

    8. Menggunakan Lapisan Dasar atau Base Coat 

    Lapisan dasar atau base coat ini berfungsi untuk mencegah cat kuku mengenai jari kalian, terutama jika memakai cat kuku berwarna gelap. Cara mengaplikasikan base coat ini ke samping kuku, lalu biarkan mengering sebelum memakai cat kuku yang dipilih.

    9. Aplikasikan Cat Kuku secara Berlapis

    Pastikan setiap lapisan adalah lapisan yang tipis agar mencegah kuku kalian terlihat tampak tebal. Kemudian, pastikan setiap lapisan cat kuku sudah kering sebelum mengaplikasikan layer cat kuku berikutnya.

    Jika kalian menggunakan aksesori pada kuku kalian, sebaiknya kalian menggunakan sinar ultraviolet (UV) untuk membantu mengeringkan cat kuku dengan sempurna dan tahan lama.

    10. Memakai Top Coat

    Dengan menggunakan lapisan atas atau top coat, cat kuku akan tampak lebih cantik. Top coat ini juga berfungsi sebagai pelindung untuk mencegah timbulnya keretakan pada cat kuku yang sudah diaplikasikan. Ada dua pilihan top coat, matte atau glossy.

    11. Hapus Cat Kuku yang Tidak Rata

    Ini merupakan langkah terakhir untuk tampilan kuku cantik dan rapi. Kamu bisa membersihkan sisa sisa cat kuku yang terlihat kurang rapi dengan pembersih cat kuku atau acetone. Pastikan kamu memilih acetone yang memiliki bentuk seperti eyeliner agar mampu untuk menjangkau sudut kuku yang sulit dijangkau oleh kapas pembersih biasa. 

    Baca juga: 4 Kiat Mencegah Gelembung Cat Kuku

    WIDYA FITRIANINGSIH | YOUR TANGO

    Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

    Iklan

    Berita Terkait

    Rekomendasi Artikel

    "Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."