Gaya Parenting ala Zaskia Adya Mecca, Tidak Sungkan Minta Maaf pada Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Zaskia Adya Mecca, Kana Sybilla Bramantyo, dan Hanung Bramantyo (Instagram/@zaskiaadyamecca)

Zaskia Adya Mecca, Kana Sybilla Bramantyo, dan Hanung Bramantyo (Instagram/@zaskiaadyamecca)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Membesarkan banyak anak sekaligus tentu bukanlah hal yang mudah. Namun, Zaskia Adya Mecca mempunyai cara sendiri dalam merawat dan mendidik lima anaknya. Meskipun demikian, ia tetap menghadapi berbagai tantangan dalam membesarkan anak-anaknya.

Pasangan artis Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca ini dikenal dengan rumah tangga mereka yang harmonis, lantas apa saja hal yang mereka lakukan untuk mendidik anak mereka?

Dilansir dari media sosial pribadi Zaskia, ia membagikan cerita mengenai anak pertamanya yang bernama Kana Sybilla Bramantyo dan kini tengah menempuh pendidikan sekolah menengah dan beranjak dewasa. 

Dalam postingan tersebut, Zaskia bercerita bahwa sang anak akan mengikuti field trip dari sekolahnya, namun karena adanya suatu trauma yang terjadi pada Zaskia, ia pun berat hati mengizinkan Sybilla untuk pergi. Namun, ia sebagai orang tua tak menunjukkan sikap yang egois, ia tetap mengizinkan sang anak dengan catatan tidak ikut berenang ke dalam curug agar tetap aman. 

"Dua minggu lalu syb pulang dan bilang "bia ada surat izin dr sekolah buat field trip.. Bia tulis aja ga izinin, aku gapapa" "loh? Emang kemana dan knp bia ga izinin?" "Ke curug.. aku tau bia trauma banget jadi yaudah gapapa aku ga usah ikut drpd bia kepikiran" "….." Jujur emang takuuut banget dan traumanya masih melekat.. tapi aku ga mau nurunin trauma ku ke anak2.. ga fair rasanya, mereka berhak memilih dan mencoba semua hal pastinya dengan minim resiko setelah aku share pengalaman2 ku," cerita ibu lima anak ini pada laman akun Instagram pribadinya.

Ia pun melanjutkan ceritanya, ia bercerita bahkan ia sampai tak bisa tidur karena terus kepikiran dengan anak sulungnya ini. Namun, melihat potret sang anak yang dikirimkan oleh sang guru membuat ia merasa sedikit tenang dan merasa aman. 

"Akhirnya ku izinin, tapi dari dua minggu lalu hatiku was was ga tenang.. bahkan 2 hari terakhir aku ga bisa tidur sampai pagi, setiap merem muncul bayangan2 serem. Ku wasap lgsg bilang gurunya "gpp deh kalo syb mau main air ms, asal aman" "kata syb gpp, udah janji sama bianya" . Ku bilang syb, "kak kalo bisa jangan nyemplung yaa…" dan pas hari ini jalan, dikirim foto juga video sama gurunya hatiku campur aduk.. liat temennya seru basah2an, syb ttp komit ga nyemplung.. maafin yaaa syb,"  tulisnya melanjutkan ceritanya.

Sebagai orang tua, ia juga tak sungkan meminta maaf kepada sang anak, karena terkesan dirinya membatasi sang anak untuk berkegiatan. "Lalu sampe rumah ku minta maaf krn situasi ku yang membuat jadi begini.. insyaa Allah perlahan bia belajar melepaskan diri dari trauma dan ga bebanin ke anak2.. tapi ttp waspada," tulisnya mengakhiri ceritanya.

Pilihan Editor: Pernah Panik Bawa Anak Berobat ke Luar Negeri, Ini Kata Zaskia Adya Mecca

WIDYA FITRIANINGSIH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."