5 Aturan Diet untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Terasa Lelah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi diet vegetarian. Foto: Unsplash.com/Brooke Lark

Ilustrasi diet vegetarian. Foto: Unsplash.com/Brooke Lark

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tubuh yang bugar ada dalam daftar keinginan semua orang untuk dicapai musim panas ini, tetapi kebanyakan orang terpaksa melewatkan makan dan bahkan makan lebih sedikit untuk mencapainya. Kondisi ini bisa jadi menunjukkan kepada mereka hasil instan tetapi dapat menyebabkan kelelahan yang parah dan memengaruhi kesejahteraan. 

Kebugaran yang mencerminkan tubuh Anda yang kencang adalah hasil dari kerja keras Anda. Untuk melihat hasil latihan Anda dengan cepat, pola makan yang baik harus selalu diperhatikan agar bisa menurunkan berat badan

Berikut adalah 6 aturan diet yang  bisa Anda lakukan tanpa merasa lelah

1. Konsumsi protein yang cukup

Dr. Rohini Patil, MBBS, ahli gizi bersertifikat mengatakan dengan menambahkan sumber protein tanpa lemak yang baik setiap kali makan. Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot. Targetkan sekitar 0,8 hingga 1 gram protein per pon berat badan setiap hari. Sumber protein yang baik termasuk ayam, kalkun, ikan, tahu, yogurt, dan telur. 

2. Utamakan makanan utuh

Jadikan makanan utuh yang tidak diproses sebagai dasar diet Anda seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. Makanan ini biasanya lebih padat nutrisi, memberikan energi berkelanjutan, dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

3. Kontrol ukuran porsi

Perhatikan ukuran porsi Anda untuk mencegah makan berlebihan. Dengan menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, perhatikan isyarat lapar dan kenyang tubuh Anda. Makan perlahan, agak cepat, dan menikmati setiap suapan dapat membantu Anda merasa lebih puas dengan porsi yang lebih kecil yang pada akhirnya juga memperbaiki pencernaan.

4. Batasi gula tambahan

Menurut Dr. Patil, “Minimalkan asupan gula tambahan, yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dan menghambat kemajuan Anda. Perhatikan minuman manis, makanan ringan olahan, makanan penutup, dan bumbu manis. 

5. Tetap terhidrasi

Minum air dalam jumlah yang cukup sepanjang hari sangat penting. Air membantu menjaga fungsi tubuh yang tepat, membantu pencernaan, dan dapat mendukung tujuan kebugaran Anda. Usahakan untuk selalu minum setidaknya 8 gelas air setiap hari, atau lebih jika Anda aktif secara fisik dan membutuhkan tingkat hidrasi tersebut.

“Ingat, tujuan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. Berkonsultasi dengan ahli diet atau ahli gizi terdaftar dapat memberikan panduan yang dipersonalisasi untuk membantu Anda mencapai tujuan nutrisi spesifik Anda,” tambah Dr. Patil.

Pilihan Editor: Tips Diet Ussy Sulistiawaty, Mulai dari Olahraga Golf

TIME OF INDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."