6 Kegiatan yang Membantu Perkembangan Otak Anak, Membaca hingga Olahraga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu mengajarkan anaknya membaca. shutterstock.com

Ilustrasi ibu mengajarkan anaknya membaca. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang tua selalu berusaha untuk mendukung tumbuh kembang anak termasuk organ otak. Menurut ahli, ada sejumlah aktivitas menyenangkan dan menarik yang bisa dilakukan untuk perkembangan otak anak yang optimal. Pankaj Kumar Singh, spesialis pendidikan dan direktur pengelola Cambridge Montessori Preschool, India, mengatakan pembelajaran usia dini sangat penting dalam perkembangan otak anak dan membangun landasan yang kuat untuk perjalanan belajar seumur hidup anak.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa anak-anak yang menerima pendidikan dini yang berkualitas lebih mungkin berhasil secara akademis dan sosial dalam jangka panjang.

"Ini juga membantu dalam mengembangkan pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas.  Mendorong anak Anda untuk terlibat dalam membaca, olahraga, bermain, dan bersosialisasi baik untuk perkembangan otak anak secara menyeluruh. Dan bagi orang tua yang bekerja, mempertimbangkan prasekolah yang baik adalah investasi untuk masa depan cerah anak mereka,” ujarnya dikutip dari Times of India, Minggu, 21 Mei 2023.

Baca juga: Ibu Hamil Gemar Makan Kacang Hijau, Khasiatnya Bantu Perkembangan Otak Janin

Berikut enam kegiatan yang bisa membantu perkembangan otak anak

1. Bersosialisasi

Bersosialisasi dengan anak-anak lain dan orang dewasa membantu anak dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan sosial. Itu membangun empati, harga diri, dan keterampilan komunikasi.

2. Seni dan Kerajinan

Melukis, menggambar, dan bentuk seni dan kerajinan lainnya memungkinkan anak mengekspresikan diri secara kreatif dan membangun keterampilan motorik halus mereka. Ini juga meningkatkan konsentrasi dan fokus.

3. Bermain

Bermain adalah bagian penting dari masa kanak-kanak, dan itu membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial, kemampuan memecahkan masalah, dan kreativitas. Dorong anak Anda untuk bermain dengan mainan, teka-teki, dan permainan lain yang sesuai dengan usianya.

4. Membaca

Menurut Singh, membacakan buku untuk anak Anda sejak usia muda dapat meningkatkan keterampilan bahasa dan perkembangan kognitif mereka. Itu juga menumbuhkan kecintaan pada buku dan mendongeng.

5. Musik

Paparan musik dapat membantu mengembangkan keterampilan matematika, koordinasi, dan memori anak. Ini juga meningkatkan kreativitas dan perkembangan emosional mereka.

6. Olahraga

Olahraga dan aktivitas fisik lainnya membantu perkembangan keterampilan motorik kasar dan halus, serta membangun kerja tim, komunikasi, dan kepercayaan diri.

Menyediakan lingkungan yang terstruktur dan merangsang untuk pendidikan awal anak Anda dengan aktivitas yang sesuai dengan usianya, serta kesempatan bersosialisasi dengan anak lain dapat membantu perkembangan otak  anak secara optimal.

Pilihan Editor: 6 Makanan yang Bantu Meningkatkan Perkembangan Otak Anak, Ada Jeruk dan Telur

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."