Manfaat Minum Teh Hijau dan Teh Hitam untuk Kesehatan Otak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minum teh setiap hari merupakan bagian dari perawatan diri. Selain menawarkan aneka rasa dan aroma yang menenangkan, teh juga bermanfaat menjaga kesehatan tubuh. Bahkan menurut penelitian, minum secangkir teh, khususnya teh hijau dan teh hitam, setiap hari memiliki manfaat yang luar biasa bagi otak.

"Teh hijau dapat mengurangi kecemasan, membantu mengaktifkan memori kerja dan meningkatkan fokus Anda," kata Julie Fratantoni seorang ahli saraf kognitif di Center for Brain Health di Universitas Texas, Amerika Serikat, dikutip dari Well and Good, Senin, 27 Juni 2022.

Hal tersebut berdasarkan pada sebuah tinjauan sistematis tentang efek teh hijau pada kognisi, suasana hati, dan fungsi otak manusia. Di samping itu, teh hijau juga mengandung kelas flavonoid yang disebut katekin (epigallocatechin-3-gallate) yang telah diyakini dapat mengurangi peradangan dan melindungi otak dari penyakit.

Katekin dalam teh hijau bertindak sebagai antioksidan yang membantu memodulasi fungsi sel dan fungsi mitokondria, ini penting dalam menyediakan energi untuk fungsi otak. Selain itu, ada pula L-theanine yang merupakan asam amino dipercaya dapat meningkatkan kognisi dan dianggap sebagai pelindung saraf.

Hal menarik lainnya yang ditemukan oleh satu studi adalah bahwa pengaruh gabungan dari kafein dan L-theanine memiliki dampak yang lebih besar ketika dikonsumsi bersamaan, seperti halnya ketika mengonsumsi teh. Hal ini lebih baik dibandingkan dengan suplemen yang mengandung bahan tersebut.

Menurut Fratantoni, penelitian juga menunjukkan bahwa minum teh hitam bermanfaat bagi aspek-aspek tertentu dari fungsi kognitif seperti fokus, perhatian, pengembaraan pikiran serta kesejahteraan mental (stres dan suasana hati).

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua penelitian mendukung gagasan bahwa minum teh dapat membantu fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

Di samping itu, meskipun tidak ada dosis khusus atau jumlah teh yang direkomendasikan, satu studi menemukan bahwa mereka yang minum antara satu hingga enam cangkir setiap hari atau setidaknya tiga cangkir dapat menuai manfaat terbaik. Mereka memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit Alzheimer dan demensia vaskular.

Jadi, meskipun tiga cangkir sehari adalah jumlah yang menjanjikan menurut penelitian terbaru, Fratantoni tidak menyarankan bahwa Anda harus memaksakan hal tersebut kepada diri sendiri untuk memenuhi persyaratan itu. Sangat penting bagi Anda untuk mendengarkan dan mencari tahu apa yang paling cocok bagi tubuh Anda.

Namun, sebelum mengonsumsi baik teh hijau maupun hitam, ada baiknya untuk memperhatikan rutinitas harian Anda untuk mempertimbangkan gambaran besarnya karena hal tersebut berkaitan dengan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Rutin Minum Teh Hijau, Berikut Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit

DIAH RETNO ANDANI | WELL  AND GOOD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."